Barcelona 3-1 Xerez (25/04/2010)

Minggu, 25 April 2010

Xerez tak mampu membendung laju Barcelona. Bermain di kandang sendiri di Nou Camp, Minggu 25/04/2010 dinihari WIB, Barcelona sukses menaklukkan Xerez 3-1 dalam pertandingan Primera Liga Spanyol.

Kemenangan itu memantapkan posisi Barca di puncak klasemen. Dalam pertandingan itu, Barca sudah langsung unggul melalui Jeffren Suarez dan Thierry Henry. Xerez sempat memperkecil ketinggalannya.

Barca menambah satu gol lagi melalui Zlatan Ibrahimovic. Menjelang pertandingan berakhir, Xerez harus kehilangan dua pemainnya yang dikartu merah, Matias Alustiza dan Fabian Areil Orellana.

Menghadapi Xerez, pelatih Pep Guardiola tidak menurunkan Lionel Messi sebagai starter. Messi yang dipersiapkan menghadapi Inter Milan di semi-final kedua Liga Champions baru dimainkan di babak kedua.

Tanpa striker Argentina ini, kekuatan Barca tak menurun. Mereka tetap memperlihatkan dominasinya meski Xerez juga mampu memberi perlawanan. Bahkan Barca sudah mendapat peluang bagus melalui Henry saat pertandingan baru bergulir.

Hanya, Henry yang mendapat umpan matang dari Xavi tak mampu menyelesaikannya. Tendangan striker asal Prancis ini terlalu lemah saat berhadapan satu lawan satu dengan kiper Renan.

Setelah Henry gagal, Suarez justru sukses menyelesaikan umpan Xavi pada menit ke-14. Berawal dari umpan Xavi, ia kemudian membawa bola ke kotak penalti.

Suarez sempat menunjukkan aksinya dan melewati bek Xerez Casado. Dari sudut yang sempit, ia kemudian melepaskan tendangan ke sudut atas yang gagal diselamatkan oleh Renan.

Tertinggal 1-0 membuat Xerez terpacu untuk menyamakan kedudukan. Sayangnya, peluang bagus yang diperoleh Xerez gagal membuahkan gol.

Sebaliknya, Barca mampu memperbesar keunggulannya pada menit ke-24. Kali ini, Henry tak melakukan kesalahan lagi. Ia menyelesaikan dengan baik umpan dari Ibrahimovic.

Namun, kedudukan 2-0 tak bertahan lama. Xerez secara mengejutkan memperkecil ketinggalannya hanya dalam tempo dua menit.

Gol tim tamu berawal dari kecerobohan Chygrynskiy. Umpannya berhasil diserobot oleh Orellana yang kemudian melepaskan umpan kepada Bermejo. Tanpa kesulitan, Bermejo yang berdiri bebas melepaskan tendangan ke gawang Barca.

Xerez tampil lebih baik di babak kedua. Mereka juga sempat menambah gol saat Bermejo memanfaatkan bola muntah dari kiper Victor Valdes saat menahan tendangan Orellana. Namun gol Bermejo dianulir wasit karena dia dalam posisi offside.

Meski demikian, Barca akhirnya kembali menguasai pertandingan. Masuknya Messi pada menit ke-50 menjadikan serangan tuan rumah makin hidup.

Hasilnya, Ibrahimovic memperbesar keunggulan Barca pada menit ke-55. Gol itu tercipta melalui kerjasama Yaya Toure dan Ibrahimovic.

Toure nyaris menambah gol bagi Barca di menit ke-69. Namun, tendangannya masih melebar.

Peluang bagus dimiliki Messi saat mendapat umpan dari Ibrahimovic. Dengan aksinya brilian, ia melepaskan bola yang melewati Renan. Bola memang meluncur ke gawang. Namun gol Messi tidak disahkan karena ia dalam posisi offside.

Menjelang berakhirnya pertandingan, Xerez harus kehilangan dua pemain. Alustiza dikartu merah setelah melakukan pelanggaran terhadap Messi. Selanjutnya, Orellana diusir karena menendang Bojan Krkic.

Berita Terkait: