Adebayor Pensiun Dari Timnas Togo

Selasa, 13 April 2010

Keputusan mengejutkan dibuat Emmanuel Adebayor sehubungan dengan statusnya sebagai anggota timnas Togo. Trauma dengan insiden penembakan beberapa bulan lalu, dia memutuskan pensiun dari timnas Togo.

"Menyusul peristiwa tragis yang terjadi di Piala Afrika, Januari lalu, di mana dua rekan saya terbunuh oleh teroris di Angola, saya telah membuat keputusan sulit untuk pensiun dari sepakbola internasional (timnas)," demikian pernyataan resmi Adebayor yang di situs resmi Manchester City.

Timnas Togo mengalami peristiwa mengerikan jelang keikutsertaan mereka di Piala Afrika di awal 2010 lalu. Dalam perjalanan dari Togo menuju Angola, tempat dihelatnya PIala Afrika 2010, bus yang mereka tumpangi ditembaki teroris menggunakan senapan mesin.

Beberapa pemain mengalami cedera akibat kejadian tersebut sementara tiga lainnya terbunuh yaitu sopir yang tewas di tempat, asisten pelatih dan media ofiser tim. Buntut dari kejadian tersebut adalah keputusan Togo untuk mundur dari gelaran Piala Afrika 2010.

"Selama sembilan tahun saya bermain untuk timnas Togo, meski ada kejadian di Angola, saya memiliki banyak kenangan indah di karir internasional saya. Saya merasa sangat bangga dipercaya menjabat posisi kapten di timnas Togo. Memimpin negara kami di kompetisi internasional adalah kehormatan luar biasa buat semua pemain," lanjut striker yang baru berusia 26 tahun itu.

"Togo punya banyak pemain bertalenta, dan saya berharap pemain yang bertahan akan mampu melupakan memori Angola dan meraih sukses bersama negara. Saya punya keyakinan besar terhadap mereka semua, pemain, pelatih, staff dan seluruh keluarganya."

"Mereka semua yang bersama sang pelatih selamanya akan disatukan oleh ikatan yang spesial - kami semua bersaudara. Tim dan rakyat Togo selalu ada dekat di hati saya dan saya berharap mereka sukses menghadap tantangan yang menunggu di masa depan," pungkas striker Manchester City itu.

Adebayor kini tercatat sudah membela Togo di 38 pertandingan dan menyumbang 16 gol. Dari jumlah tersebut, 11 gol di antaranya dia buat di kualifikasi Piala Afrika 2010, yang membuat dia jadi top skorer babak kualifikasi.

Tahun 2008 Adebayor juga terpilih sebagai pesepakbola terbaik Afrika, mengalahkan Michael Essien dan Mohamed Aboutrika. Dua tahun sebelumnya pesepakbola bernama lengkap Sheyi Emmanuel Adebayor itu juga mengantar timnya lolos ke Piala Dunia 2006. Demikian dikutip dari Soccernet.

Berita Terkait: