Rekor Penonton Terbanyak NBA

Senin, 15 Februari 2010

Pertandingan NBA All Star tahun ini mencatat rekor penonton terbanyak yang pernah menyaksikan secara langsung sebuah pertandingan bola basket. Rekor itu tercipta di Cowboys Stadium.

Orang yang menonton laga All Star yang berlangsung hari Minggu 14/02/2010 malam waktu setempat, atau Senin 15/02/2010 pagi WIB itu tercatat berjumlah 108.713. AP menyebutkan bahwa angka itu adalah rekor untuk sebuah pertandingan bola basket.

Pemecahan rekor itu diumumkan bersama oleh pemilik klub NBA Dallas Mavericks, Mark Cuban, dan pemilik klub NFL Dallas Cowboys, Jerry Jones, di akhir kuarter ketiga pertandingan. Rekor itu langsung diberi sertifikat Guiness Book of Records.

Penonton sebanyak itu bahkan mengalahkan jumlah penonton pertandingan NFL yang pernah digelar di stadion tersebut. Cowboys ditonton 105.121 fans di pertandingan musim reguler pertamanya melawan New York Giants pada September lalu. Kala itu angka tersebut tercatat sebagai rekor penonton terbanyak di pertandingan reguler NFL.

Untuk pertandingan playoff bulan lalu melawan Philadelphia Eagles, anak-anak Cowboys ditonton oleh 92.951 orang. Itu pun sebuah rekor di pertandingan playoff di luar Super Bowl (final).

Cowboys Stadium adalah stadion berkubah (dome) yang terletak di Arlington, sebuah kota yang berpenduduk sekitar 370 ribu jiwa, antara Dallas dan Fort Worth di negara bagian Texas. Stadion ini merupakan kandang klub Dallas Cowboys, menggantikan Texas Stadium, yang pengerjaannya rampung pada 27 Mei 2009, serta menghabiskan dana 1,2 juta miliar dolar.

Ini adalah kali kedua pertandingan NBA All Star diadakan di stadion football, sejak Alamodome (San Antonio) menggelar event di tahun 1996.

Tim Timur tampil sebagai pemenang pertandingan All-Star tahun ini setelah mengalahkan tim Barat 141-139.

Berita Terkait: