Phil Jackson Pelatih Rekor Menang Terbanyak

Kamis, 04 Februari 2010

Kemenangan LA Lakers dalam lanjutan kompetisi NBA hari ini memberikan sebuah rekor kepada Phil Jackson. Ia menorehkan sejarah sebagai pelatih yang paling sering memberi kemenangan buat tim tersebut.

Memimpin Kobe Bryant dkk unggul 99-97 atas Charlotte Bobcatas, Kamis 04/02/2010 WIB, Jackson membukukan 534 kemenangan untuk Lakers. Ia melewati capaian pelatih besar lainnya, Pat Riley.

Tak heran jika pria 64 tahun itu langsung diberi perayaan khusus oleh anak-anak asuhannya seusai kemenangan spesial tersebut.

"Sungguh perjalanan yang luar biasa," demikian Jackson dalam pernyataannya, seperti dilansir Reuters. "Punya kesempatan melatih tim ini selalu istimewa. Fakta bahwa kami punya banyak tim hebat, pemain-pemain besar, selalu merupakan kelebihan buat mereka. Dalam benakku ini bukanlah sebuah rekor individu."

Jackson, yang juga pelatih dengan rekor kemenangan terbanyak untuk Chicago Bulls, saat ini tercantum di urutan lima dalam daftar pelatih dengan jumlah kemenangan terbanyak dalam sejarah NBA.

Ia memegang rekor kemenangan terbanyak hanya di level playoff, serta satu-satunya pelatih yang memenangi lebih dari 70 persen di pertandingan-pertandingan reguler.

Apa yang ditorehkan sosok bernama lengkap Philip Douglas Jackson itu terjadi tak lama setelah Kobe Bryant membukukan sebuah rekor, yakni top skorer Lakers sepanjang masa. Ketika melakukan itu, ia langsung diberi selamat oleh Jerry West yang rekornya dilewati Kobe Bryan.

Berita Terkait: