Trulli dan Kovalainen Resmi ke F1 Lotus

Selasa, 15 Desember 2009

Dicoretnya nama Takuma Sato mempermudah Lotus memilih pembalap mereka musim Formula One (F1) 2010. Jarno Trulli dan Heikki Kovalainen dipilih menjadi pembalap yang akan membela tim F1 Lotus.

Hal ini diungkapkan menteri olahraga Malaysia Ahmad Shabery Cheek. Menurutnya, Trulli dan Kovalainan akan membela tim asal Malaysia itu untuk balapan jet darat super cepat musim depan 2010.

Diberitakan USA Today, Senin 14/12/2009, pengumuman ini memang tidak mengejutkan. Pasalnya, Trulli dan Kovalainen merupakan kandidat terkuat untuk memperkuat salah satu tim pendatang baru di F1 itu.

Lotus merupakan salah satu dari lima tim pendatang F1 musim ini. Ahmad Shabery berharap, perekrutan Trulli dan Kovalainen bisa mengangkat prestasi mantan peserta Formula Dua itu.

Apalagi, Trulli sendiri sudah tidak memiliki tim sejak Toyota memutuskan untuk meninggalkan F1 pada musim lalu. Pabrikan asal Jepang tersebut lebih fokus ke dunia bisnis.

Begitu juga dengan Kovalainen. Pembalap asal Finlandia itu menjadi pengangguran sejak McLaren-Mercedes memutuskan tidak memperpanjang kontraknya. McLaren lebih memilih menggunakan jasa Jenson Button.

Trulli memulai balapan di Minardi. Mantan pembalap Renault itu melakukan balapan sebanyak 216 kali sejak melakukan debut bersama Minardi pada 1997. Pembalap asal Italia itu pernah meraih kemenangan di GP Canada 2004.

Balapan terakhir Lotus sendiri terjadi pada 1994. Selain Lotus, tim pendatang baru lainnya adalah USF1, Campos, Sauber dan Manor, yang berubah nama menjadi Virgin Racing.

Berita Terkait: