Silverstone GP Inggris F1 Sampai 2026

Rabu, 09 Desember 2009

Sirkuit Silverstone dipastikan akan tetap menjadi tuan rumah GP Inggris. Sempat terancam digantikan Donington Park, sirkuit tersebut mengonfirmasi telah mencapai kesepakatan berdurasi 17 tahun dengan Bernie Ecclestone.

Bernie sebelumnya belum mau memperpanjang kontrak dengan Silverstone lantaran British Racing Drivers/BDRC (pemilik dan pengelola sirkuit) dianggap tidak mau melakukan pembaruan terhadap beberapa fasilitas lintasan. Sebagai gantinya, GP Inggris ingin dipindahkan ke Sirkuit Donnington Park.

Namun karena dianggap tak mampu mengumpulkan dana yang dibutuhkan untuk mengembangkan sarana sirkuit, Bernie akhirnya menunjuk kembali Silverstone sebagai tuan rumah balapan jet darat.

Tak tanggung-tanggung, kontrak terbaru Silverstone dengan Bernie Ecclestone untuk menjadi salah satu tuan rumah balapan F1 berdurasi 17 tahun. Dalam kontrak tersebut juga terdapat klausul yang memungkinkan break setelah 10 tahun pertama.

"Tidak mudah untuk memasuki kontrak baru dengan kondisi seperti ini dan Anda harus menanggung banyak tanggung jawab, tapi BRDC menginginkan kerjasama ini terus berjalan," ungkap Presiden BRDC, Damon Hill, seperti diberitakan Reuters.

Silverstone dulunya merupakan landasan pesawat terbang saat Perang Dunia II. Lintasan sepanjang 5,141 km itu menggelar balapan pertamanya di tahun 1950.

Untuk musim 2010, GP Inggris dijadwalkan akan digelar pada 11 Juli atau bertepatan dengan final Piala Dunia 2010.

Berita Terkait: