Ronald Koeman Dipecat AZ Alkmaar

Minggu, 06 Desember 2009

Masa jabatan Ronald Koeman sebagai pelatih AZ Alkmaar ternyata tidak berlangsung lama. Tak sampai satu musim berakhir, Koeman sudah dipecat lantaran dianggap tak membawa AZ Alkmaar tampil maksimal.

Koeman ditunjuk menjadi pelatih AZ usai Louis Van Gaal--yang membawa mereka menjuarai Liga Belanda musim lalu hijrah ke Jerman untuk menangani Bayern Munich. Mengingat apa yang sudah dilakukan Van Gaal, ekspektasi terhadap Koeman jelas tinggi.

Pria berusia 46 tahun itu pun mengawali langkahnya dengan bagus, yakni dengan membawa AZ menjadi juara Piala Super Belanda. Namun, ternyata itulah satu-satunya gelar yang dipersembahkan Koeman untuk AZ.

Di Liga Belanda AZ tampil buruk. Mereka kalah tujuh kali dalam 16 pertandinga, membuat mereka berada di posisi keenam klasemen sementara. Hal serupa juga terjadi di Liga Champions.

AZ saat ini harus bermain partai hidup mati di matchday terakhir untuk bisa menempati urutan tiga klasemen Grup H. Posisi tersebut akan membuat mereka berlaga di Europa League, yang artinya musim mereka di kompetisi Eropa belum berakhir.

Sederet catatan tersebut membuat menajemen AZ akhirnya memutuskan untuk mendepak Koeman. Seperti diberitakan Reuters, posisinya kemungkinan besar akan digantikan oleh Dick Advocaat yang saat ini tengah menangani timnas Belgia.

Bagi Koeman ini adalah pemecatan kedua dirinya dalam hampir dua tahun terakhir. Sebelumnya, pada April 2008, ia juga dipecat dari Valencia lantaran dianggap gagal mengangkat prestasi klub asal Spanyol itu.

Berita Terkait: