Flamengo Juara Liga Brasil 2009

Senin, 07 Desember 2009

Flamengo mengukuhkan diri menjadi juara Campeonato Brasileiro Serie A 2009 di pekan terakhir kompetisi. Kemenangan 2-1 atas Gremio membuat klub tersebut mengakhiri penantian mereka selama 17 tahun untuk kembali jadi kampiun Liga Brasil.

Tambahan tiga poin dari kemenangan atas Gremio tersebut membuat Flamengo unggul dua angka atas Internacional dan juara bertahan Sao Paulo yang berada di bawahnya. Sukses besar tersebut didapat dengan dramatis karena Flamengo lebih dulu tertinggal sebelum bisa membalikkan keadaan dalam laga yang dilangsungkan di Maracana.

Bertanding di depan pendukungnya sendiri, Flamengo dikejutkan setelah Roberson membungkam sekitar 80.000 penontong yang datang di babak pertama. Namun sebelum turun minum David menyamakan kedudukan dan kemudian Angelim memastikan diraihnya kemenangan di babak kedua.

Dari 38 pertandingan yang dijalani, Flamengo mengumpulkan 67 points. Sementara Inter dan Sao Paulo, yang menundukkan tim zona degradasi, Santo Andre serta Sport Recife punya nilai 65.

Untuk Flamengo ini adalah gelar keenam yang berhasil mereka dapatkan, sejak Liga Brasil mulai dijalankan tahun 1971. Lima gelar mereka sebelumnya datang di tahun 1980, 1982, 1983, 1987 dan 1992.

Keberhasilan menjuarai Liga Brasil 2009 dilengkapi dengan kegemilangan Adriano yang berada di puncak daftar pencetak gol terbanyak dengan jumlah 19 gol. Adriano berbagi tempat sebagai top skorer bersama striker Atletico Mineiro, Diego Tardelli.

Berita Terkait: