Gelar Messi Tahun 2009

Selasa, 22 Desember 2009

Bersama Barcelona, Lionel Messi mengumpulkan enam trofi di sepanjang musim 2008/2009. Kalau dia diberi status terbaik sejagad, itu tak terbantahkan karena secara pribadi lebih dari 10 gelar lain dia dapat.

Menghitung keberhasilan Messi bersama El Barca ada enam piala berhasil dia berikan. Dari dalam negeri Spanyol, daftarnya dimulai dari juara Liga Spanyol, Copa Del Rey, Piala Super Spanyol.

Beranjak ke Eropa ada kisah sukses menjadi kampiun Liga Champions, Piala Super Eropa dan yang terakhir titel Piala Dunia Antarklub. Di ajang Liga Champions dan Piala Dunia Antarklub, Messi bahkan menjadi bintang dan penentu sukses tersebut setelah masing-masing menciptakan satu gol di laga final.

Tapi capaian hebat striker Argentina berusia 22 tahun itu tak berhenti sampai di sana. Jumlah penghargaan yang diraihnya sebagai seorang individu pesepakbola jauh lebih banyak karena jumlahnya mencapai dua digit.

Dua yang paling mentereng tentu saja menjadi pemain terbaik dunia versi France Football (Ballon d'or) dan FIFA. Penghargaan lain yang tak kalah prestisius adalah Top Skorer Liga Champions 2008/09 (9 gol), Striker Terbaik UEFA 2008/2009 serta Pesepakbola Terbaik UEFA 2008/2009.

Dari Liga Spanyol, Messi juga membawa pulang penghargaan Premio Don Balon atau pemain asing terbaik La Liga, pemain Amerika Selatan Terbaik di Liga Spanyol dan Trofeo Alfredo Di Stefano (status pemain terbaik dari media olahraga Marca).

Atas gol penentu kemenangan ke gawang Estudiantes dalam laga final Piala Dunia Antarklub, Messi juga diganjar status pemain terbaik kejuaraan tersebut. Itu semua belum termasuk pengakuan sebagai pemain sekaligus striker terbaik Liga Spanyol.

Penghargaan yang sudah diraih Messi sepanjang 2008/2009:

Bersama Barcelona
Liga Spanyol
Copa del Rey
Piala Super Spanyol
Liga Champions
Piala Super Eropa
Piala Dunia Antarklub

Penghargaan Individu
Ballon d'Or
Pemain Terbaik FIFA
Pemain Terbaik World Soccer
Premio Don Balon (Pemain Asing Terbaik La Liga)
EFE Trophy (Pemain Amerika Selatan Terbaik di La Liga 2008–2009)
Top Skorer Liga Champions
Trofeo Alfredo Di Stefano (Pemain Terbaik versi Marca)
Pemain Depan Terbaik Klub UEFA
Pesepakbola Terbaik UEFA
Pemain Terbaik LFP (Liga Sepakbola Profesional Spanyol)
Striker Terbaik LFP (Liga Sepakbola Profesional Spanyol)
Pemain Terbaik Piala Dunia Antarklub

Berita Terkait: