Cristiano Ronado Gol Terbaik FIFA 2009

Selasa, 22 Desember 2009

Meski gagal mempertahankan status pemain terbaik dunia yang diraihnya tahun 2008, Cristiano Ronaldo tetap bisa pulang dengan kepala tegak karena dia mencetak gol terbaik 2009 versi FIFA. Sementara Martha kembali menjadi pemain wanita terbaik 2009.

Selain memberi penghargaan buat pemain terbaik pria dan wanita serta memilih tim 2009, FIFA juga memberikan apresiasi tinggi terhadap gol-gol yang terjadi dalam setahun ke belakang. Setelah sebelumnya dikerucutkan menjadi 10 gol, aksi Ronaldo membobol gawang FC Porto dianggap sebagai yang terbaik.

Cristiano Ronaldo yang ketika itu masih membela Manchester United yang bertandang ke Porto di leg kedua babak 16 besar Liga Champions. Setelah bermain 2-2 di Old Trafford, Manchester United perlu menang untuk bisa melangkah ke semifinal.

Pertandingan baru berjalan enam menit saat Ronaldo menggiring bola dari tengah lapangan dan melepaskan tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti. Bola yang mengarah ke sudut kanan atas gawang gagal dihalau kiper tuan rumah. Menang 1-0, MU lolos ke semifinal dengan keunggulan 3-2.

Gol tersebut mengalahkan beberapa gol yang dibuat di seluruh penjuru dunia. Salah satunya adalah tendangan salto Emmanuel Adebayor ke gawang Villarreal di perempatfinal Liga Champions, juga tendangan voli tanpa melihat Fernando Torres ke gawang Blackburn Rovers di Liga Inggris.

Berbeda dengan status pemain terbaik dunia yang dipilih oleh kapten dan pelatih timnas, penghargaan gol terbaik, atau secara resmi dikenal dengan Tropi Frenc Puskas, ditentukan berdasarkan voting yang dilakukan pengunjung situs resmi FIFA.

Jika Messi berhasil menjadi pemain terbaik 2009, maka Martha meraih sukses yang sama setelah dia terpilih sebagai pesepakbola wanita terbaik 2009. Hebatnya lagi, ini merupakan kali keempat secara beruntun untuk pesepakbola Brasil itu mendapat pengakuan tersebut.

Penghargaan lain yang diberikan FIFA adalah Fair Play Award yang jatuh pada mendiang Sir Bobby Robson. Legenda sepakbola Inggris itu tutup usia pada 79 tahun akibat kanker yang sudah menyerangnya pada 31 Juli 2009 lalu.

Berita Terkait: