Volkswagen ke F1 2012

Senin, 30 November 2009

Volkswagen (VW) siap meramaikan persaingan kompetisi Formula One, sebagai supplier mesin. Namun manufaktur asal Jerman ini baru akan memulai pertualangan di ajang jet darat F1 pada 2012 mendatang.

Hengkangnya sejumlah manufaktur dari ajang Formula One pada musim ini, menjadi salah satu alasan VW siap ikut bersaing di kancah F1. Ya, dalam beberapa tahun terakhir, tercatat tiga manufaktur telah memutuskan mundur. Mereka adalah Honda, BMW dan Toyota.

Dengan diperkenalkannya regulasi terkait penggunaan power unit baru di ajang F1 mulai musim ini, VW pun siap meramaikan persaingan F1, seperti yang sempat dirumorkan beberapa waktu lalu. Ya, beberapa tahun lalu VW dikabarkan siap membeli Red Bull Racing dan menyediakan mesin buat tim tersebut. Sayang, rumor tersebut gagal terealisasi.

Namun, kini pihak VW melalui perwakilannya Hans-Joachim Stuck menyatakan pihaknya siap menjadi supplier mesin kontestan F1, mulai musim 2012. Rencana ini tak lepas guna membuat kompetisi F1 lebih atraktif.

"Jika Anda merasa sebagai salah satu manufaktur terbesar di dunia, maka, normal jika Anda mulai berpikir tentang F1. Dan rencana akan terealisasi sebelum 2012," papar Stuck sebagaimana dikutip Autosport, Sabtu (28/11/2009).

"Kami ingin mencari inovasi baru dan F1 merupakan puncaknya dunia motorsport. Dua tahun lalu, ada pembicaraan bahwa VW berencana membeli tim F1, Red Bull Racing yang sayangnya gagal kami wujudkan. Kini, kami berpikir mengapa kami terpaku pada satu tim jika kami mampu menyediakan mesin untuk beberapa tim?," tambahnya.

"Kini, kami memiliki kesempatan luar biasa. F1 telah berjalan ke arah yang tepat. Banyak manufaktur lain telah hengkang, dan kami pikir ini akan menjadi kesepakatan yang bagus," imbuhnya.

Berita Terkait: