Rooney Belum Saatnya Jadi Kapten

Sabtu, 21 November 2009

Manajer Inggris Fabio Capello menunjuk Rooney sebagai kapten Inggris saat mereka bertemu dengan Brasil dalam pertandingan persahabatan di Qatar, beberapa hari lalu.

Pemain berusia 24 tahun itu diberi tugas menjadi kapten setelah John Terry dan Steven Gerrard, kapten pertama dan kedua, absen karena cedera.

Capello boleh saja mempercayai Rooney, tapi Sir Alex Ferguson justru belum memberi kepercayaan penuh padanya untuk menjadi kapten tim.

"Saya hampir tak pernah memberikan ban kapten pada seorang penyerang tengah, namun saya bisa memberi pengecualian untuk Wayne. Ia punya kualitas seorang kapten, selalu tampil ngotot dan bermental pemenang. Ia selalu memberikan yang terbaik bagi tim," ujar Fergie dilansir Press Association.

"Namun untuk saat ini Wayne belum ideal menjadi kapten, ia masih perlu bersabar. Ia masih terlalu muda dan saya lebih suka menunjuk pemain senior, gelandang atau pemain belakang sebagai kapten."

Fergie pernah memberikan kepercayaan kepada Eric Cantona yang notabene seorang penyerang sebagai kapten tim. Menurut Fergie, penunjukkan Cantona karena ia termasuk pemain senior dan bisa memberikan pengaruh baik pada pemain lainnya yang lebih muda.

Rooney sebenarnya sudah dua kali ditunjuk sebagai kapten Manchester United, namun itu baru terjadi di ajang Liga Champions.

Berita Terkait: