Portugal Lolos Piala Dunia Afsel 2010

Kamis, 19 November 2009

Portugal akhirnya memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia 2010. Itu setelah Portugal kembali meraih kemenangan tipis 1-0 atas Bosnia-Herzegovina di play-off leg kedua, Kamis 19/11/2009.

Portugal dan Bosnia langsung tancap gas sejak wasit membunyikan peluit tanda dimulainya laga. Portugal nyaris meraih keunggulan di menit 26 ketika kerjasama Nani dan Tiago melepaskan bola kepada Simao di depan gawang. Namun Hasagic tampil brilian dan terus menjaga peluang Bosnia melangkah ke Afrika Selatan. Skor imbang bertahan hingga akhir laga babak pertama.

Di babak kedua, Hasagic kembali memperlihatkan performa gemilang dengan mematahkan tendangan Nani di menit ke-50. Bintang Manchester United melepaskan diri dari kawalan bek Bosnia dan melepaskan tendangan menyusur di atas tanah yang langsung ditahan oleh Hasagic melalui kakinya.

Kendati begitu, keperkasaan Hasagic akhirnya kandas enam menit kemudian. Adalah gelandang Porto Raul Meireles yang berhasil menjebol gawang Hasagic setelah memaksimalkan assist dari Nani. Skor 1-0 untuk Portugal.

Upaya tuan rumah mengejar ketinggalan terbukti sulit. Apalagi, 10 menit menjelang akhir laga, Bosnia harus bermain dengan 10 pemain setelah Sejad Salihovic mendapat kartu merah. Alhasil, kedudukan 1-0 pun terus bertahan hingga akhir laga.

Keunggulan 2-0 dalam dua leg play-off memastikan Portugal berlaga di putaran final, tahun depan.

Berita Terkait: