Portsmouth 1-4 Manchester United 28/11/2009

Minggu, 29 November 2009

Portsmouth dan Manchester United harus memulai pertandingan tanpa didampingi manajer masing-masing. Manajer baru Pompey, Avram Grant, masih harus menunggu izin kerja dari pihak Liga Primer sebelum dapat bertugas. Sir Alex Ferguson absen karena harus menjalani hukuman larangan mendampingi tim dalam dua pertandingan akibat kasus wasit Alan Wiley.

Dalam pertandingan ini Ryan Giggs menjadi bintang. Seperti ingin merayakan hari ulang tahunnya sehari lebih cepat, aksi Giggs berkali-kali merepotkan aksi pertahanan tuan rumah. Sebagai pelengkapnya, Giggs membukukan gol ke-100 sepanjang karirnya di Liga Primer pada pengujung pertandingan.

Menit 25, wasit Mike Dean memberikan penalti kepada United setelah menilai Wayne Rooney dilanggar Michael Brown. Tak ada masalah bagi Wazza dan kiper Asmir Begovic tak mampu menyelamatkan eksekusi penaltinya.

Enam menit kemudian, tuan rumah membalas. Juga lewat penalti. Kali ini giliran Kevin Prince Boateng yang tidak menyia-nyiakan kesempatan. Kedudukan imbang bertahan hingga peluit jeda.

Tiga menit babak kedua berjalan, United kembali unggul. Umpan manis Giggs diselesaikan dengan tenang oleh Rooney. Tendangan terukurnya mengecoh Begovic yang mati langkah.

Portsmouth tidak memperoleh kesempatan untuk bangkit. Enam menit berselang, Rooney melengkapi hattrick setelah dari titik putih kembali Rooney mencetak gol ketiganya.

Giggs tidak mau ketinggalan dengan mengukir satu gol lewat tendangan bebas ke sudut kiri gawang dari Portsmouth, tiga menit sebelum bubaran. Gol tersebut yang ke-100 bagi sayap veteran itu sepanjang karirnya bersama United di Liga Primer.

Tiga poin tambahan membuat United mendekati Chelsea di puncak klasemen liga dengan selisih dua poin. Chelsea akan menghadapi tim peringkat ketiga, Arsenal, Minggu 29/11/2010 malam.

Berita Terkait: