Defoe Cetak Lima Gol

Sabtu, 28 November 2009

Tottenham Hotspur baru saja berpesta sembilan gol ke gawang Wigan Athletic, Minggu 22/11/2009 malam WIB. Lima gol Jermain Defoe menjadikannya pemain ketiga dalam sejarah Premier League yang bisa melakukannya dalam satu pertandingan.

Laga melawan Wigan di White Hart Lane mungkin akan berjalan seperti biasa-biasa saja. Meski memegang dominasi permainan, Spurs di babak pertama hanya mampu unggul 1-0 melalui gol Peter Crouch.

Namun pada babak kedua, Spurs mencetak delapan gol ke jala Chris Kirkland, di mana lima gol Defoe ditegaskan lagi oleh Aaron Lennon, bunuh diri Kirkland dan Niko Krancjar. Wigan hanya bisa mencetak gol hiburan melalui Paul Scharner. Skor 9-1 pun menjadi hasil yang mencolok.

"Ini seperti mimpi. Ini brilian. Para pemain tidak dapat mempercayainya. Jika anda melihat penyelesaiannya, semua gol tersebut tidak dapat dipercaya. Aku melihat ke arah manajer dan ia pun merasa terkejut," ungkap Defoe usai laga yang dilansir Reuters.

Tak hanya itu saja, Defoe pun menjadi pemain ketiga dalam sejarah Premier League yang bisa mencetak lima gol dalam satu pertandingan. Dua pemain sebelumnya adalah senior Defoe yaitu Andy Cole dan Alan Shearer.

Cole melakukannya saat Manchester United mengalahkan Ipswich Town 9-0, 4 Maret 1995. Rekor kedua dicetak Alan Shearer ketika membela Newcastle United kontra Sheffield Wednesday, 19 September 1999, yang berakhir 8-0.

Hebatnya Defoe melakukannya di era millenium kedua alias di tahun 2000-an ketika sepakbola Inggris berjalan lebih ketat dan bertaburan banyak pemain berkualitas di sana.

Tak hanya soal mencetak lima gol saja, tiga gol yang dicetak Defoe di laga tadi dalam kurun waktu tujuh menit menjadi trigol kedua tercepat di Liga Inggris. Rekor pertama masih dipegang oleh eks striker Liverpool, Robbie Fowler, saat menghadapi Arsenal tahun 1994. Saat itu The God melakukannya hanya dalam waktu 4 menit 33 detik.

Musim ini Defoe memang sedang tajam-tajamnya. Ia menjadi pemain pertama yang mencetak hattrick di Liga Inggris saat Spurs membantai Hull City 5-1 di pekan kedua. Usai 90 menit laga berakhir Defoe langsung berada di puncak topskorer dengan 11 gol mengungguli Fernando Torres dari Liverpool dengan 10 gol.

Tak hanya di level klub Defoe tampil tajam ketika bermain untuk timnas Inggris. Dipasang dalam tiga pertandingan tahun ini, Defoe total sudah mencetak lima gol.

Berita Terkait: