Badai Debu di Sydney

Sabtu, 26 September 2009

Sydney, badai debu terburuk dalam 70 tahun terakhir menerpa bagian timur Australia. Kota Sydney terselimuti kabut debu berwarna oranye. Dalam bencana itu mengakibatkan transportasi terganggu.

Badai pada Rabu 23/09/2009 itu terjadi akibat tiupan angin kencang yang menerbangkan berton-ton lapisan permukaan tanah di dua negara bagian, Queensland dan New South Wales, hingga sejauh ratusan kilometer.

Debu membuat gelap kota Broken Hill di pedalaman New South Wales sejak Selasa. Badai debu itu terbang melayang hingga sejauh 1.167 km ke timur Australia dan menyelubungi Sydney.

Menjelang Rabu tengah hari, badai yang membawa sekitar 5 juta ton debu itu juga menyebar ke bagian selatan Negara Bagian Queensland.

Tak ada yang cedera dalam peristiwa itu. Dinas kesehatan Sydney mengimbau para warga agar tetap di rumah untuk menghindari asma atau gangguan penyakit saluran pernafasan.

"Setiap orang yang mempunyai masalah dengan pernafasan kita minta di dalam rumah dan jendela harus ditutup," kata Menteri penanggulangan keadaan darurat New South Wales, Steve Wahn.

Berita Terkait: