Manchester United 4-0 Chelsea (11/8/2019)

Selasa, 13 Agustus 2019

Manchester United tanpa ampun di partai pertama Liga Inggris musim ini. Menjamu Chelsea di Old Trafford, 'Setan Merah' menang telak 4-0.

Duel MU vs Chelsea di Old Trafford, Minggu (11/8/2019) malam WIB sudah terasa menjanjikan sejak wasit meniup peluit tanda kick-off. Kedua tim langsung memeragakan permainan tempo tinggi dan terbuka.

Chelsea langsung membuat publik tuan rumah berdebar-debar saat sepakan Tammy Abraham mengenai tiang gawang. Tapi kemudian kesalahan pertahanan tim tamu membuka jalan MU.

Tekel ceroboh Kurt Zouma terhadap Marcus Rashford berujung penalti di menit ke-17. Rashford sukses mengeksekusinya jadi gol. Chelsea sempat punya peluang lain membentur tiang dari Emerson, tapi babak pertama berakhir 1-0.

Di babak kedua, MU memanfaatkan celah besar di pertahanan Chelsea dengan serangan-serangan cepat. Anthony Martial menggandakan keunggulan di menit ke-65, disusul gol lain dua menit berselang dari Rashford.

Dalam posisi nyaman, MU masih bisa memberikan pukulan telak lain pada menit ke-81. Daniel James menjalani debut impiannya setelah menyelesaikan umpan Paul Pogba menjadi gol, kembali dari situasi serangan balik.

MU pun mengawali musim dengan kemenangan besar 4-0 atas rival Big Six. Hasil ini membawa mereka ke posisi dua klasemen Liga Inggris, hanya kalah selisih gol dari Manchester City.

Tempo pertandingan langsung tinggi selepas kick-off. Chelsea melakukan tusukan lewat Emerson Palmieri di menit kedua, tapi dihentikan oleh Aaron Wan-Bissaka.

Chelsea nyaris memimpin! Di menit keempat, Tammy Abraham menerima bola liar dalam posisi bebas dan melepaskan sepakan keras yang cuma menghantam tiang gawang MU.

Gantian MU mengancam empat menit berselang. Umpan ceroboh Kurt Zouma di pertahanan sendiri jatuh di kaki Anthony Martial. Namun sepakan Martial masih tepat ke arah Kepa Arrizabalaga.

Tusukan apik Pedro Rodriguez pada menit ke-10 diakhiri dengan umpan silang mendatar. Namun Abraham satu langkah terlambat untuk menyambut bola di tengah kotak penalti.

Penalti! MU mendapatkan penalti di menit ke-17 setelah Rashford dijatuhkan oleh Zouma. Rashford maju sebagai eksekutor dan sukses menaklukkan Kepa dengan tendangan ke pojok kiri atas.

Unggul membuat MU lebih berani menekan Chelsea. Tim tamu mencoba counter-pressing, tapi kesulitan merebut bola dari tuan rumah.

Sebuah umpan terobosan dari Paul Pogba pada menit ke-34 diterima Rashford dalam posisi bebas, lalu diselesaikan ke dalam gawang. Tapi hakim garis sudah lebih dulu mengangkat bendera tanda offside.

Chelsea mengancam semenit kemudian lewat aksi Ross Barkley. Sepakan kerasnya dari depan kotak penalti masih melesat tipis ke kanan gawang David de Gea.

Tekanan berlanjut dari tim tamu pada menit ke-39. Barkley membuka ruang tembak di sisi kiri lalu melepaskan sepakan keras yang dihalau De Gea dengan kaki.

Tak lama berselang, serangan lain dari sisi kiri nyaris berbuah gol untuk Chelsea. Emerson mendapatkan bola umpan silang dalam posisi bebas dan langsung meneruskannya ke arah gawang. Digagalkan tiang.

Sampai babak pertama berakhir, skor 1-0 tak berubah.

Chelsea langsung menebar bahaya untuk MU di awal babak kedua, tepatnya di menit ke-56. Sapuan Wan-Bissaka jatuh di kaki Emerson dan disambut dengan sepakan ke arah gawang. De Gea sigap meninju bola.

MU menggandakan keunggulan di menit ke-65! Abraham kehilangan bola di depan kotak penalti MU yang berujung serangan cepat tuan rumah.

Umpan Rashford yang terlalu deras diselamatkan Lingard di kanan, lalu dioper ke Andreas Pereira. Pereira meneruskannya dengan umpan silang yang disambar Martial di depan gawang.

Gol lain untuk MU dua menit berselang. Dari tengah lapangan, Pogba dengan jeli mengirimkan umpan terobosan lambung untuk Rashford yang lolos dari pengawalan. Dia menuntaskannya dengan dingin untuk menaklukkan Kepa dan membawa MU memimpin 3-0.

Saat Chelsea kesulitan untuk kembali menciptakan peluang, MU terus mengancam lewat serangan-serangan cepat. Tuan rumah bahkan menambah gol di menit ke-81.

Serangan balik MU dari situasi sepak pojok Chelsea berujung ke tusukan Pogba. Pogba kemudian menyodorkan bola ke Daniel James yang terbebas di sisi kanan.

James sempat batal melepaskan tembakan di kesempatan pertama, tapi tak membuang waktu lagi di kesempatan kedua. Tendangannya meluncur di antara dua kaki Emerson, berbelok arah, dan masuk ke gawang Chelsea.

Chelsea mencoba mendapatkan gol hiburan di saat-saat terakhir. Tapi percobaan Emerson pada masa injury time masih bisa digagalkan De Gea. Skor tak berubah, MU 4-0 Chelsea.

Susunan pemain:

Man United: de Gea, Wan Bissaka, Maguire, Lindelof, Shaw, McTominay, Pogba, Pereira (James 74'), Lingard (Mata 86'), Martial, Rashford (Greenwood 86')

Chelsea: Arrizabalaga, Azpilicueta, Christensen, Zouma, Emerson, Jorginho (Kante 73'), Kovacic, Pedro, Barkley (Pulisic 58'), Mount, Abraham (Giroud 66')

Berita Terkait: