Tottenham Hotspurs 1-2 Liverpool (15/9/2018)

Sabtu, 15 September 2018

Tottenham Hotspurs menjamu Liverpool pada pekan ke-5 Premier League di Wembley, Sabtu (15/9/2018) malam. Spurs harus mengakui keunggulan The Reds dengan skor 1-2 dan menelan kekalahan keduanya pada musim ini.

Dua gol Liverpool dicetak oleh Georginio Wijnaldum dan Roberto Firmino. Gol Spurs dicetak oleh Erik Lamela. Dengan hasil ini, maka pasukan Jurgen Klopp tetap kokoh berada di puncak klasemen Premier League dengan raihan 15 poin dari lima laga.

Liverpool yang menjadi tamu tidak butuh waktu lama untuk segera menebar ancaman ke gawang Tottenham. Pada menit ke-3, Sadio Mane membobol gawang Spurs. Namun, gol Mane harus dianulir karena lebih dulu berada dalam posisi offside.

Pasa momen tersebut, Spurs coba menurunkan tempo permainan. Christian Eriksen beberapa kali membangun serangan Spurs. Tapi, Virgil van Dijk mampu menutup ruang gerak Harry Kane yang jadi tujuan akhir serangan Spurs.

Sebuah kesalahan terjadi di lini belakang Spurs pada menit ke-23. Bola berhasil dicuri oleh Mohamed Salah. Namun, eksekusi akhir Salah masih bisa digagalkan oleh Vorm. Kedua kubu masih belum berhasil cetak gol sejauh ini.

Setengah jam laga berjalan, Kane mendapat peluang bagus. Tapi, sepakannya masih bisa diblok pemain belakang Liverpool dan melebar dari gawang Alisson. Satu menit sebelumnya, Alisson mampu menggagalkan sepakan bebas Eriksen.

Kebuntuan akhirnya pecah pada menit ke-39. Kemelut hasil sepak pojok diselesaikan mampu diselesaikan oleh Georginio Wijnaldum jadi gol. Bola sempat ditepis oleh kiper, tapi teknologi garis gawang mengesahkan gol pemain asal Belanda.

Lima menit babak pertama tersisa, kedua kubu tidak mampu menambah gol. Liverpool menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0 atas Spurs.

Liverpool bermain bagus pada awal babak kedua. Pasukan Jurgen Klopp mampu lebih menciptakan peluang berbahaya. Pada menit 50, Mane melepaskan tendangan keras tapi masih ada Vorm yang menyelamatkan gawang Spurs.

Tapi, Vorm kemudian harus memungut bola dari gawangnya pada menit ke-54. Bermula dari umpan Mane yang gagal dihalau dengan sempurna oleh Jan Vertonghen, Roberto Firmino membawa Liverpool unggul dengan skor 2-0.

Mauricio Pochettino merespon ketinggalan tersebut dengan memasukkan dua pemain bernaluri menyerang. Erik Lamella lebih dulu dimainkan. Kemudian, Son Heung Min yang baru pulang dari Asian Games 2018 masuk pada menit ke-74.

Menit ke-84, Lamela merangsek ke sektor pertahanan Liverpool. Alih-alih memberi umpan pada Kane, pemain asal Argentina memilih mengeksekusi peluangnya sendiri. Tapi, sepakan mendatar Lamela masih tipis di sisi gawang Alisson.

Spurs terus berupaya mendapatkan gol pada sisa waktu yang tersisa. Menit 90+3, Lamela membobol gawang Alisson usai menerima umpan Eriksen. Namun, tak ada gol tambahan yang tercipta untuk Spurs. The Lily White pun harus kalah dengan skor 2-1.

Berita Terkait: