Prancis 2-0 Uruguay (6/7/2018)

Sabtu, 07 Juli 2018

Timnas Perancis memastikan diri melangkah ke semifinal seusai menang 2-0 atas timnas Uruguay pada babak pertama laga 8 besar atau perempat final Piala Dunia 2018 di Stadion Nizhny Novgorod, Jumat (6/7/2018).

Dua gol kemenangan Perancis dicetak oleh Raphael Varane pada menit ke-40 dan Antoine Griezmann (61'). Dengan hasil ini maka Perancis berhak atas satu tiket semifinal Piala Dunia 2018.

Perancis bermain sangat efektif pada laga ini. Tercatat Perancis hanya memiliki dua tembakan tepat sasaran tetapi keduanya berbuah gol.

Uruguay memiliki peluang lebih banyak dengan mencatatkan empat tembakan tepat sasaran. Hanya, penyelesaian akhir yang buruk membuat peluang tersebut gagal menghasilkan gol.

Di babak pertama, Perancis tampil sangat dominan dengan menguasai bola lebih banyak. Pertahanan Uruguay terlihat sangat disiplin menghadapi serangan Perancis.

Lini belakang Uruguay akhirnya bisa ditembus lewat skema bola mati Perancis pada menit ke-40. Menerima umpan lambung Antoine Griezmann, Raphael Varane menyundul bola dan masuk ke gawang Fernadno Muslera.

Ini adalah satu-satunya tembakan tepat sasaran milik Perancis sepanjang babak pertama. Skor 1-0 untuk Perancis bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Uruguay yang sedang tertinggal mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu demi gol penyeimbang.

Uruguay berhasil membuat Perancis bermain bertahan di 15 menit pertama babak kedua.

Namun, Perancis justru mampu memperlebar keunggulan pada menit ke-61. Tendangan spekulasi Antoine Griezmann dari luar kotak penalti tidak sempurna ditepis Fernando Muslera sehingga bola masuk ke gawang Uruguay.

Kehilangan sosok Edinson Cavani di lini depan memang begitu terasa bagi cara bermain Uruguay ketika menyerang. Luis Suarez terlihat seperti bermain seorang diri terutama di babak kedua.

Tidak hanya itu, trio lini tengah Perancis yang diisi N'Golo Kante, Paul Pogba, dan Corentin Tolisso juga bermain sangat solid sehingga membuat Uruguay banyak bermain melebar.

Beberapa kali Uruguay mampu melakukan umpan menyilang dari sayap, hanya umpan tersebut sia-sia karena tidak ada terget man yang biasa diisi Cavani.

Tidak ada gol tambahan yang tercipta, skor 2-0 untuk Perancis bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Uruguay 0-2 Perancis (Raphael Varane 40', Antoine Griezmann 61')

Uruguay (4-3-1-2): 1-Fernando Muslera;22-Martin Caceres, 2-Jose Gimenez, 3-Diego Godin, 17-Diego Laxalt; 14-Lucas Torreira, 8-Nahitan Nandez (20-Jonathan Urretaviscaya 73'), 15-Matias Vecino; 6-Rodrigo Bentancur (7-Cristian Rodriguez 59'); 9-Luis Suarez, 11-Cristhian Stuani (18-Maximilliano Gomez 59').

Perancis (4-2-3-1): 1-Hugo Lloris; 4-Raphael Varane, 5-Samuel Umtiti, 21-Lucas Hernandez, 2-Benjamin Pavard; 6-Paul Pogba, 13-N'Golo Kante; 12-Corentin Tolisso (15-Steven Nzonzi 80'); 7-Antoine Griezmann (18-Nabil Fekir 90'), 10-Kylian Mbappe (11-Ousmane Dembele 88'); 9-Olivier Giroud.

Berita Terkait: