Kroasia 1-1 Denmark (penalty 3-2) (2/7/2018)

Senin, 02 Juli 2018

Kroasia melangkah ke perempatfinal Piala Dunia 2018 setelah menang adu penalti atas Denmark. Danijel Subasic menjadi pahlawan dengan menghalau tiga penalti.

Gol cepat tersaji di Nizhny Novgorod Stadium, Senin (2/7/2018) dinihari WIB, Denmark berhasil unggul di menit pertama lewat Mathias Joergensen. Kroasia merespon cepat untuk menyamakan skor menjadi 1-1 lewat Mario Mandzukic di menit keempat.

Pertandingan sempat berjalan menarik sepanjang babak pertama dengan saling bergantian menyerang, namun selepas itu kedua tim main hati-hati. Tak ada gol tambahan dari kedua tim, laga pun harus ditentukan lewat adu penalti setelah skor 1-1 bertahan di tambahan 2x15 menit.

Dalam babak adu tos-tosan, Kroasia keluar sebagai pemenang dengan skor 3-2. Subasic mematahkan tiga eksekutor Denmark, yakni Christian Eriksen, Lasse Schoene, dan Nicolai Joergensen.

Di babak perempatfinal, Kroasia akan berhadapan dengan Rusia. Tim tuan rumah tersebut melangkah setelah mengalahkan Spanyol lewat adu penalti.

Denmark sudah mampu unggul saat laga baru berjalan 58 detik. Mathias Joergensen menyepak bola dari kemelut di kotak penalti Kroasia, bola tak sempurna ditepis Danijel Subasic dan berbelok ke dalam gawang.

Kroasia tak butuh waktu lama untuk menyamakan skor menjadi 1-1. Mario Mandzukic, yang berada di posisi tak terkawal berhasil melesakkan gol dari jarak dekat pada menit ke-4.

Denmark langsung kembali menyerang untuk mengejutkan lini pertahanan Kroasia sekali lagi. Tetapi kali ini Domagoj Vida dan Dejan Lovren lebih tenang menghadapinya.

Kroasia mendapat kesempatan di menit ke-12 lewat tendangan bebas yang persis di depan kotak penalti. Ivan Perisic menjadi eksekutor, namun bola hasil tembakannya masih mengenai kepala pagar betis.

Tempo pertandingan mulai berjalan lambat memasuki menit ke-15. Kroasia lebih banyak memainkan umpan-umpan pendek untuk memancing Denmark keluar dari pertahanan.

Kroasia mulai kesulitan menemukan ritme permainan yang pas, beberapa kali Denmark berhasil lepas dari tekanan dan memberi ancaman.

Martin Braithwaite gagal menuntaskan dengan sempurna umpan Christian Eriksen di menit ke-27. Bola hasil sepakannya berhasil dihentikan Subasic.

Kroasia gantian mengancam di menit ke-29. Ivan Rakitic melepaskan tembakan dari jarak jauh, namun bola mampu ditepis Kasper Schmeichel. Bola liar didapat Ivan Perisic, namun bola hasil tembakannya melambung tinggi di atas gawang Denmark.

Kroasia mendapat peluang lagi di menit ke-38. Luka Modric mengirim umpan ke depan gawang Denmark lewat eksekusi tendangan bebas, bola di tanduk Lovren, namun arah bola belum menemui sasaran.

Di awal-awal babak kedua, Kroasia mendapat dua peluang dari Perisic, namun percobaannya masih belum membuahkan hasil.

Denmark berusaha memperlambat tempo permainan untuk menghentikan ritme permainan Kroasia. Cara tersebut terbilang sukses sampai menit ke-60.

Poulsen berhasil menerobos kotak penalti Kroasia sebelum menyodorkan bola kepada N. Jorgensen di menit ke-72. Namun tembakan sang penyerang mengarah tepat ke pelukan Subasic.

Kesempatan didapat Perisic pada menit ke-84. Pemain asal klub Inter Milan itu menanduk bola hasil umpan silang Josip Pivaric, namun bola melambung di atas gawang.

Tak ada gol yang tercipta di babak kedua dari Kroasia dan Denmark. Laga berlanjut ke babak tambahan setelah berakhir 1-1 di waktu normal.

Denmark memegang kendali permainan di babak pertama tambahan waktu. Kemelut terjadi di kotak penalti Kroasia, namun bola berhasil dihalau Lovren ke luar lapangan.

Schone melepaskan tembakan dari luar kotak penalti di menit ke-99. Schone lebih dulu menipu Kovacic untuk menciptakan ruang tembak, namun bola hasil sepakannya masih melebar dari gawang Subasic.

Kroasia mulai mencoba balik menekan. Bola mereka alirkan ke berbagai sisi untuk menembus pertahanan Denmark, namun belum ada upaya yang betul-betul mengancam.

Denmark membuat ancaman di menit ke-108. Pione Sisto melakukan tusukan ke kotak penalti dari sisi kiri. Tembakan dilepaskan, namun bola masih melebar dari sasaran.

Kedua tim bermain sangat berhati-hati di sisa waktu. Tak banyak rekan yang membantu membuat serangan dari Kroasia dan Denmark kerap kandas.

Kroasia mendapat peluang emas di menit ke-106 setelah Rebic dilanggar di kotak penalti. Modric maju sebagai eksekutor, namun bola bisa ditangkap Schmeichel.

Tak ada gol tambahan di sisa waktu. Pertandingan pun lanjut ke babak adu penalti.

Denmark menjadi tim pertama yang mengeksekusi penalti. Tembakan Eriksen berhasil ditepis Subasic, sementara penendang Kroasia Milan Badelj ikut gagal.

Penendang kedua Denmark, Simon Kjaer, berhasil membawa timnya unggul 1-0 di babak adu penalti. Andrej Kramaric juga berhasil melesakkan gol untuk mengubah skor menjadi 1-1.

Michael Krohn-Dehli menjadi penendang ketiga Denmark dan berhasil mengeksekusi untuk mengubah skor 2-1. Modric kembali berhadapan dengan Schmeichel, tembakannya kali ini tak bisa dibendung dan skor berubah 2-2.

Lasse Schoene menjadi eksekutor keempat Denmark, namun bola tembakannya mampu ditepis Subasic. Josip Pivaric dari Kroasia turut gagal. Skor tetap 2-2.

Nicolai Joergensen jadi penembak kelima Denmark dan tembakannya dihentikan kaki Subasic. Ivan Rakitic dari Kroasia menjalankan tugas dengan baik untuk mengubah skor 3-2 dan membawa Kroasia ke perempatfinal.

Susunan Pemain:

Kroasia: Subasic; Strinic (Pivaric 81'), Vida, Lovren, Vrsaljko; Brozovic (Kovacic 71'), Rakitic; Perisic (Kramaric 97'), Rebic, Modric; Mandzukic (Badelj 108').

Denmark: Schmeichel; Knudsen, M. Joergensen, Kjaer, Dalsgaard; Eriksen, Delaney (Krohn-Dehli 98'), Christensen (Schoene 46'); Braithwaite (Sisto 106'), Poulsen, Cornelius (N. Joergensen 66').

Berita Terkait: