AS Monaco 0-2 Juventus (4/5/2017)

Kamis, 04 Mei 2017

Pertandingan leg pertama semifinal Liga Champions mempertemukan AS Monaco melawan Juventus. Pertandingan ini dilangsungkan di Stade Louis II pada hari Kamis (04/05).

Juventus menunjukkan ketangguhan defensif dan ketajaman yang presisi dalam laga ini. Semua serangan Monaco bisa dinetralisir sementara Higuain mencetak dua gol pada masing-masing babak untuk memberikan kemenangan 2-0 kepada Juventus.

Kedua tim terlihat bermain berhati-hati pada awal laga, mencoba mengukur kekuatan lawan. Namun tempo permainan meningkat dengan sangat cepat setelah laga berlangsung sepuluh menit.

Juventus berusaha menguasai lini tengah dan mendikte permainan. Mereka mampu unggul di tengah tetapi Monaco nampak tenang dengan situasi itu, Monaco mengandalkan kecepatan mereka dalam melakukan serangan balik.

Benar saja, Juventus sempat dibuat pontang-panting mengantisipasi kecepatan Kylian Mbappe di sayap kiri. Namun Juve mampu menyerap serangan-serangan cepat Monaco itu dengan tenang. Tusukan-tusukan Monaco tak bisa menembus pertahanan Juve yang kali ini menurunkan tiga bek tengah.

Juventus justru bisa mencetak gol pada menit ke-29 melalui Gonzalo Higuain. Juve melepas serangan balik cepat di sisi kanan. Paulo Dybala melepas umpan backheel kepada Dani Alves yang menggiring hingga ke kotak penalti Monaco. Alves lalu melepas umpan tarik yang diselesaikan dengan tendangan keras oleh Higuain.

Sebenarnya Higuain bermain cukup buruk sebelum mencetak gol itu. Ia dua kali membuang peluang yang diciptakan oleh Dybala dan Alves. Namun finishingnya mampu membawa Juve unggul 1-0 hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Monaco langsung menghajar pertahanan Juve dengan serangan-serangan dari berbagai sisi lapangan. Monaco juga memberikan tekanan tinggi sehingga Juve tidak dibiarkan lama menguasai bola.

Namun tekanan keras ini juga bisa diserap Juve dengan baik. Saat tekanan Monaco menurun, Juve kembali melepas berbagai ancaman. Serangan Juve dari sayap membuat Monaco kerepotan dan kerap melakukan kesalahan defensif.

Tiemoue Bakayoko kehilangan bola di tengah dan Dybala mencurinya dan dioper kepada Alves yang berada di sayap kanan. Alves lalu melepas umpan silang yang diselesaikan oleh Higuain untuk menjadi gol keduanya pada menit ke-59.

Leonardo Jardim pun melakukan beberapa perubahan untuk mengejar ketertinggalan dua gol itu. Ia menurunkan pemain-pemain yang lebih menyerang untuk mengancam pertahanan Juve.

Massimiliano Allegri merespon dengan taktis. Monaco menumpuk pemain di depan, Allegri pun memasukkan Cuadrado yang punya kecepatan untuk mengeksploitasi ruang yang ditinggalkan di tengah.

Namun sampai laga usai, skor 0-2 tetap bertahan. Pertandingan leg kedua akan dilangsungkan tengah pekan depan di Juventus Stadium.

Susunan pemain

AS Monaco: Subasic; Fabinho, Glik, Jemerson, Sidibe; Dirar, Bernardo Silva (Toure, 81'), Bakayoko (Mourinho, 66'), Lemar (Germain, 66'); Falcao, Mbappe.

Susunan pemain Juventus: Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Dani Alves, Marchisio (Rincon, 81'), Pjanic (Lemina, 89'), Alex Sandro; Dybala, Higuain (Cuadrado, 77'), Mandzukic.

Berita Terkait: