Arsenal Juara FA Cup 2016/2017

Minggu, 28 Mei 2017

Raksasa EPL, Arsenal berhasil mengakhiri musim mereka dengan baik. Tim asal London Utara itu sukses menahbiskan diri sebagai tim tersukses di FA Cup usai membekuk juara Premier League, Chelsea dengan skor 2-1.

Gol Arsenal pada laga ini dicetak oleh Alexis Sanchez di awal babak pertama dan Aaron Ramsey di babak kedua, sementara The Blues sempat memperkecil ketertinggalan melalui gol Diego Costa.

Pada laga yang dihelat di Wembley ini, Arsenal terlihat begitu berambisi untuk menang. Tim besutan Arsene Wenger itu langsung mengambil inisiatif serangan semenjak wasit meniupkan peluit tanda diawalinya pertandingan.

Baru 5 menit laga berjalan, Arsenal sukses membuka keunggulan. Sepakan mendatar Alexis Sanchez sukses menjebol gawang Thibaut Courtois. Gol itu sejatinya cukup kontroversial karena sebelum Alexis Sanchez mencetak gol, Aaron Ramsey sudah berada dalam posisi offside tersebut. Wasit sendiri sempat menyatakan gol itu offside, namun setelah berkonsultasi dengan hakim garis, wasit Anthony Taylor mengesahkan gol tersebut sehingga kedudukan berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Arsenal.

Unggul satu gol membuat Arsenal semakin pede dalam menyerang. Pada menit 18 The Gunners kembali mendapat peluang melalui sundulan Danny Welbeck, namun sayang peluang itu hanya membentur tiang. Bola pantulan tersebut sejatinya hampir dimaksimalkan oleh Aaron Ramsey, namun sayang bola kembali melebar dari gawang Courtois.

11 Menit berselang, Welbeck kembali menebar terror ke gawang Chelsea. Tembakannya nyaris berbuah menjadi gol namun Gary Cahill melakukan clearance di depan garis gawang Chelsea sehingga peluang tersebut tidak berbuah menjadi gol. Chelsea sendiri bukannya tanpa perlawanan. Mereka beberapa kali menciptakan peluang matang, namun sayang hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan kedudukan tetap bertahan 1-0.

Memasuki babak kedua, jual beli serangan kedua tim terus berlanjut. Baru lima menit laga berjalan, Victor Moses sudah mengancam gawang David Ospina melalui tembakan kerasnya, namun kiper Kolombia itu berhasil mematahkan peluang tersebut.

14 Menit berselang, giliran Arsenal yang membuat peluang emas. Kali ini Hector Bellerin melepaskan tembakan keras mendatar dari luar kotak penalti. Namun Thibaut Courtois berhasil mengamankan peluang tersebut.

Pada menit 68 petaka datang bagi Chelsea. Mereka harus bermain dengan 10 orang pemain setelah Victor Moses mendapat kartu kuning keduanya setelah melakukan diving di gawang Arsenal.

Meski bermain dengan 10 pemain, Chelsea tidak patah arang. 7 Menit berselang Diego Costa sukses menyamakan kedudukan setelah umpan lambung Willian ditanduk dengan sempurna ke gawang David Ospina. Skor berubah menjadi 1-1.

The Gunners sendiri tidak tinggal diam atas gol Costa tersebut. Tiga menit berselang giliran Aaron Ramsey yang mengembalikan keunggulan Arsenal usai umpan lambung Olivier Giroud ditanduk dengan sempurna ke gawang Thibaut Courtois. Skor berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan tim London Utara tersebut.

Unggul satu gol membuat Arsenal mulai bermain lebih hati-hati. Pelatih Arsene Wenger memutuskan untuk mengganti Alex Oxlade-Chamberlain untuk digantikan dengan Francis Coquelin. Pada menit 84 Hector Bellerin kembali menebar ancaman ke gawang Chelsea setelah solo run-nya tidak bisa dibendung oleh bek Chelsea. Namun sayang tembakannya masih melebar dari gawang Courtois.

Dua menit berselang, David Ospina kembali menggagalkan peluang emas Chelsea usai tembakan jarak dekat DIego Costa sukses dihentikan oleh kiper Timnas Kolombia tersebut. Arsenal nyaris menambah keunggulan satu menit berselang, setelah Mesut Ozil berhasil mengelabuhi bek Chelsea dan melepaskan tembakan mendatar ke gawang Courtois. Namun sayang tembakannya tersebut tidak terkonversi menjadi gol karena bola membentur tiang gawang.

Jual beli serangan terus terjadi di Wembley, namun hingga 4 menit tambahan waktu berakhir tidak ada gol lagi yang tercipta sehingga Arsenal sukses mengangkat trofi juara FA Cup ke 13 mereka. Dengan trofi ini mereka menjadi tim yang paling banyak mengangkat trofi juara FA Cup, unggul 1 trofi di atas Manchester United yang mengoleksi 12 Gelar juara.

Susunan Pemain
Arsenal (3-4-2-1): Ospina; Monreal, Mertesacker, Holding; Chamberlain (Coquelin 83'), Xhaka, Ramsey, Bellerin; Sanchez (Elneny 93'), Ozil; Welbeck (Giroud 78')

Chelsea (3-4-3): Courtois; Cahill, Luiz, Azpilicueta; Alonso, Kante, Matic (Fabregas 62'), Moses; Hazard, Costa (Batshuayi 88'), Pedro (Willian 72')

Berita Terkait: