Burnley 0-0 Manchester United (23/4/2017)

Senin, 24 April 2017

Angka penuh direbut Manchester United saat melawat ke kandang Burnley. Berkat gol-gol yang tercipta di babak pertama, MU memenangi pertandingan dengan skor 2-0.

Bermain di Turf Moor, Minggu (23/4/2017), MU tampil dominan di sepanjang pertandingan. Statistik ESPN FC mencatat, 'Setan Merah' memiliki 54% penguasaan bola dengan 12 percobaan (6 mengarah ke sasaran), sedangkan Burnley ttak mampu mengarahkan 8 percobaannya ke sasaran.

Gol-gol MU dibuat oleh Anthony Martial di menit 21, yang diperbesar oleh Rooney di menit 39.

Dengan kemenangan ini, MU masih di peringkat kelima klasemen sementara dengan perolehan 63 poin hasil 32 pertandingan. Pasukan Jose Mourinho itu kini hanya terpaut satu angka dari Manchester City di atasnya dan tiga poin dari Liverpool [3], yang memiliki satu laga lebih banyak.

Sedangkan Burley masih dalam ancaman degradasi. The Clarets di posisi 15 dengan perolehan 36 poin, hasil 34 pertandingan hanya berjarak lima angka dari Swansea City di zona merah.

Peluang pertama tercipta di menit kesembilan. Tusukan Anthony Martial di sisi kiri, diteruskan Wayne Rooney dengan tembakan dari jarak dekat tapi Tom Heaton bisa menyelamatkan di garis gawang.

Ancaman lain tim tamu tiga menit kemudian. Dari situasi sepak pojok, Marouane Fellaini meyambut bola dengan sundulan, tapi lagi-lagi bisa diantisipasi Heaton.

Burnley membuat MU dalam tekanan. Daley Blind mesti melakukan sapuan di kotak penalti untuk mematahkan serangan tim tuan rumah di menit 14. Empat menit berselang, tembakan voli Rooney ke tiang jauh melambung tipis dari gawang Burnley.

Gol pembuka MU akhirnya terlahir di menit 21. Dari serangan balik cepat, kerjasama Martial dengan Ander Herrera di akhiri dengan sontekan dari dalam kotak penalti yang menaklukkan penjagaan Heaton. MU memimpin 1-0.

Burnley membuat pergerakan berbahaya. Di menit 28, Matthew Lowton terbebas di sisi kanan, yang langsung mengirim umpan silang. Namun, bola terlalu dalam sehingga David de Gea bisa menangkapnya.

Dua menit kemudian, MU mengklaim penalti setelah Rooney dijatuhkan Joey Barton saat hendak menembak. Namun, wasit tidak menganggapnya sebagai pelanggaran.

MU memperbesar keunggulannya menjadi 2-0 di menit 39. Sodoran Paul Pogba diteruskan Martial dengan tembakan dari jarak dekat, namun gagal diantisipasi sempurna Heaton. Bola yang dicecar Rooney disapu Stephen Ward, tapi sudah kadung melewati garis gawang.

Menjelang turun minum, Burnley mengancam MU. Andre Grey melepaskan tembakan yang mengarah ke gawang tapi Eric Bailly membuat blok krusial untuk mementahkan serangan Burnley.

Setelah jeda, kedua tim sama-sama sulit mengembangkan permainan. Nyaris tidak ada peluang berarti yang dihasilkan sampai pertandingan beralan lebih dari waktu sejam.

Untuk menambah golnya, MU menyegarkan lini serangnya dengan memasukkan Marcus Rashford dan Henrikh Mkhitaryan. Keduanya lantas menciptakan dampak dengan membuat peluang tidak lama kemudian.

Di menit 82, umpan terobosan Mkhitaryan diterima Rashford di depan, tapi sepakannya dari dalam kotak ditip Heaton. Akan tetapi permainan tidak dilanjutkan dengan sepak pojok.

Dalam tiga menit, Rooney dan Pogba mencoba peruntungan mereka dengan melepaskan tendangan-tendangan dari luar kotak penalti. Namun, bola masih melenceng di samping gawang Burnley.



Susunan Pemain

BURNLEY: Heaton; Lowton, Keane, Mee (Tarkowski 46'), Ward; Boyd (Gudmundsson 62'), Barton, Hendrick, Brady; Barnes (Agyei 75'), Gray

MANCHESTER UNITED: De Gea; Darmian, Bailly, Blind, Young; Herrera, Fellaini, Pogba (Carrick 90'); Lingard (Rashford 70'), Rooney, Martial (Mkhitaryan 80')

Berita Terkait: