Manchester City 2-1 Arsenal (19/12/2016)

Senin, 19 Desember 2016

Angka penuh berhasil diamankan Manchester City kala menjamu Arsenal. City bangkit dari tertinggal satu gol untuk berbalik mengalahkan Arsenal dengan skor 2-1.

Dalam pertandingan di Stadion Etihad yang berakhir Senin (19/12/2016) dinihari WIB, City mendominasi permainan sejak awal. Namun, tim tuan rumah justru dikejutkan dengan gol cepat Arsenal yang diciptakan Theo Walcott.

Keunggulan The Gunners bertahan hingga jeda meskipun mendapat serangan bertubi-tubi dari The Citizens. Namun, pada akhirnya City sukses mengubah pertandingan usai turun minum berkat gol Leroy Sane dan Raheem Sterling.

Berkat kemenangan ini, City naik ke peringkat kedua klasemen dengan perolehan 36 poin tertinggal tujuh poin dari Chelsea di urutan teratas. Arsenal melorot ke posisi keempat dengan dua poin lebih sedikit.

Belum genap laga berjalan lima menit, gawang City sudah kebobolan. Dari serangan balik, sodoran Alexis Sanchez dari luar kotak penalti diselesaikan Theo Walcott dengan sepakan kaki kanan yang tak mampu ditahan Claudio Bravo. Arsenal memimpin 1-0.

Dua menit kemudian, City nyaris menyamakan skor. Akselerasi Kevin de Bruyne di sisi kiri diakhiri dengan umpan silang ke tengah kotak. Namun, sundulan Raheem Sterling ke tiang dekat melebar tipis.

Setelah tertinggal, City lebih agresif. Namun, upaya-upayanya dipatahkan lini pertahanan Arsenal yang bermain solid.

Gabriel Paulista nyaris membuat kesalahan. Bermaksud menghalau bola, tendangannya justru mengenai rekan setimnya sendiri sehingga bola berbalik menuju gawang Arsenal. Beruntung, Petr Cech sigap menangkap bola.

Serbuan City kembali merepotkan Arsenal. Di menit 42, umpan silang De Bruyne disontek Leroy Sane di dekat tiang. Namun, Gabriel bisa menyapu bola untuk menjadikan sepak pojok.

Kurang dari dua menit usai kickoff babak kedua, City akhirnya mampu menyamakan skor menjadi 1-1. Leroy Sane meneruskan umpan David Silva dengan tembakan kaki kiri mendatar yang menaklukkan penjagaan Cech.

Setelah mencetak gol balasan, City mengurung pertahanan Arsenal sehingga mereka membuat kesalahan sendiri. Umpan terobosan De Bruyne diterima Sane, yang tinggal berhadapan dengan Cech. Tapi penyelesaiannya bisa digagalkan kiper Arsenal itu.

Di menit 70, City mengancam lagi. Dari luar kotak penalti, De Bruyne melepaskan tembakan keras yang membentur badan Gabriel sehingga bola berbelok. Cech menjatuhkan diri ke arah kanan untuk menangkap bola.

Bombardir City akhirnya membuahkan hasil. Di menit 72, Sterling membuat City membalikkan keadaan menjadi 2-1. Dari lemparan ke dalam, De Bruyne mengirim umpan silang panjang kepada Sterling di sisi kanan pertahanan Arsenal. Eks pemain Liverpool itu melewati Nacho Monreal sebelum melepaskan tembakan kaki kiri keras mendatar untuk menembus gawang lawan.

Memasuki 10 menit terakhir, Arsenal perlahan mulai keluar dari tekanan City. Crossing Hector Bellerin disambut Olivier Giroud dengan sundulan yang melebar.

Di sisa waktu pertandingan, intensitas City menurun tapi masih mencoba menciptakan gol ketiga. Sementara Arsenal kesulitan membuat peluang.

Susunan Pemain
MANCHESTER CITY: Bravo, Zabaleta (Sagna 46'), Otamendi, Kolarov, Clichy, Fernando, Sane (Navas 76'), Toure, David Silva, Sterling, De Bruyne (Iheanacho 84')

ARSENAL: Cech, Bellerin, Gabriel, Koscielny, Monreal, Coquelin (Giroud 75'), Xhaka, Walcott, Oezil, Iwobi (Oxlade-Chamberlain 65') (Elneny 78'), Sanchez

Berita Terkait: