Manchester City 1-3 Chelsea (3/12/2016)

Minggu, 04 Desember 2016

Chelsea mengokohkan posisi mereka di puncak klasemen. Melawat ke salah satu pesaing terberatnya, Manchester City, The Blues meraih kemenangan meyakinkan 3-1.

Di Etihad Stadium, Minggu (3/12/2016) malam WIB, City unggul lebih dulu di akhir babak pertama. Gol yang membuat The Citizens berada di depan datang dari aksi bunuh diri Gary Cahill.

Chelsea berhasil menyamakan kedudukan saat babak kedua berjalan 15 menit melalui Diego Costa. Tim tamu kemudian berada di posisi unggul setelah Willian berhasil menjebol gawang Claudio Bravo 10 menit berselang. Jelang pertandingan berakhir skuat besutan Antonio Conte memperbesar keunggulan, kali ini melalui aksi Eden Hazard.

City layak mengutuki kekalahan ini karena mereka sebenarnya punya sangat banyak peluang mencetak gol. Di antaranya sepakan jarak dekat Kevin De Bruyne dan beberapa peluang lain yang dikreasikan Sergio Aguero.

Tuan rumah harus menyudahi laga dengan sembilan orang. Di periode injury time Aguero dan Fernandinho dikartu merah wasit. Aguero diusir karena tekel keras yang dia lakukan pada David Luiz, sementara Fernandinho dikartu merah lantaran mencekik dan mendorong Cesc Fabregas. Dua kartu merah itu keluar dengan diawali keributan yang melibatkan banyak pemain kedua tim.

Kekalahan ini membuat City gagal merebut puncak klasemen. Duduk di posisi tiga dengan poin 30, City bisa turun ke posisi empat jika malam nanti Arsenal bisa menundukkan West Ham United.

Bagi Chelsea, kemenangan gemilang ini mengokohkan mereka di puncak klasemen dengan poin dikumpulkan berjumlah 34. 'Si Biru' dari London kini sudah meraih delapan kemenangan beruntun di Premier League.

Laga masuk menit ketujuh saat pendukung City berteriak mengklaim penalti. Itu terjadi saat Gary Cahill terjatuh di kotak penalti dan tangannya mengenai bola yang digiring David Silva. Tapi wasit menyatakan tidak ada pelanggaran dalam kejadian itu.

Dua menit kemudian Costa berhasil mencuri bola dari John Stones yang menahan bola terlalu lama di kotak penalti. City beruntung momen itu tak sampai membahayakan gawang mereka karena umpan tarik Costa justru jatuh ke kaki Silva yang langsung mengamankannya.

Hazard! Peluang terbaik Chelsea sejauh ini. Stones gagal membuang bola dengan sempurna menggunakan kepalanya. Bola kemudian diambil Pedro Rosrigues, yang lantas melepaskan umpan pendek pada Hazard. Tendangan Hazard dari luar kotak penalti melenceng tipis dari sasaran.

Di menit 22 Thibaut Courtois dipaksa melakukan penyelamatan pertamanya saat dia menghalau tendangan Aguero dari luar kotak penalti. Tiga menit kemudian City berhasil menjebol gawang Chelsea saat tandukan Fernandinho meneruskan umpan De Bruyne gagal dihalau Courtois. Tapi wasit membatalkannya karena tiga pemain City, termasuk Fernandinho, sudah terperangkap offside.

Setelah terhindar dari kebobolan, Chelsea nyaris mencetak gol. Tendangan Courtois melayang jauh ke jantung pertahanan City dan mampu dikejar Hazard. Hazard lantas berhasil memperdaya Bravo. Alih-alih melepaskan menembak sendiri bola ke dalam gawang, dia malah melepaskan umpan tarik ke tengah kotak penalti. Bola jatuh ke pemain belakang City, dan peluang itupun jadi sia-sia.

Berikutnya Aguero yang punya peluang emas bikin gol. Silva melepaskan umpan panjang ke kotak penalti dan berhasil menemui Sane yang masuk dari sayap. Umpan tarik Sane berhasil menemui Aguero yang berdiri di muka gawang, tapi sepakannya dari jarak dekat diblok Azpilicueta.

Untuk kali kesekian De Bruyne melepaskan umpan silang maut ke kotak penalti Chelsea. Kali ini bola yang dia kirim tepat mengarah ke Aguero. tapi tandukan striker asal Argentina itu melenceng tipis dari sasaran.

Di menit 45 City akhirnya memecah kebuntuan, meski gol lahir bukan dari pemain mereka sendiri. Adalah Cahill yang mencetak gol bunuh diri saat dia menghalau crossing Navas dan malah membuat bola berbelok masuk ke gawang.

City lebih dulu punya peluang di babak kedua melalui sebuah serangan balik cepat. Silva menggiring bola dari sepertiga wilayah permainannya sendiri hingga mendekati kotak penalti Chelsea. Di sana dia mengumpan pada De Bruyne. Tendangan gelandang Belgia itu dari sudut sempit dihalau Courtois.

Chelsea langsung membalas setelah gawang mereka nyaris kebobolan. Peluang menyamakan kedudukan didapat Costa, namun sepakannya dari dalam kotak penalti hanya menyasar sisi luar jala gawang.

Di menit 54 barisan belakang Chelsea melakukan blunder berbahaya. Cahill dan Courtois sama-sama saling tunggu saat Azpilicueta melakukan backpass. Bola kemudian dicuri Aguero. Tapi striker asal Argentina itu masih gagal bikin gol. Meski berhasil melewati kiper, sepakan mendatarnya masih bisa dihalau Cahill yang datang sambil menjatuhkan diri.

De Bruyne!! Peluang emas yang gagal dimaksimalkan jadi gol. City kembali gagal menciptakan gol dari peluang matang yang mereka punya. Silva melepaskan umpan silang dari sisi kanan ke arah De Bruyne yang berlari di tiang jauh. Sudah menghadapi gawang yang kosong dan tanpa kawalan, upaya De Bruyne membelokkan bola ke dalam gawang sambil menjatuhkan diri gagal menjadi gol. Tembakannya dari jarak dekat mengenai mistar gawang.

Di menit 60 Chelsea berhasil menyamakan kedudukan melalui Costa. Gol Costa datang setelah dia berhasil menguasai bola hasil umpan panjang yang dilepaskan Fabregas. Costa berhasil melewati pengawalan Otamendi di dalam kotak penalti untuk kemudian melepaskan tembakan yang gagal dihalau Bravo.

Sepuluh menit berselang Chelsea membungkam Etihad Stadium setelah Willian mencetak gol kedua.

Chelsea membalikkan kedudukan melalui serangan balik kilat. Setelah gawang mereka nyaris kebobolan, pemain Chelsea dengan cepat mengalirkan bola ke depan. Di tengah lapangan Costa melepaskan umpan terobosan pada Willian yang berlari di sisi kanan lapangan. Gelandang Brasil itu memenangi adu sprint dengan bek City, dan tendangan mendatar yang dia lepaskan di dalam kotak penalti hanya bisa dipandang Bravo. 2-1 untuk Chelsea.

Dalam posisi tertinggal Josep Guardiola menarik Stones dan menggantikannya dengan Kelechi Iheanacho. Tapi upaya menggedor pertahanan Chelsea tak banyak membuahkan hasil. Justru The Blues bisa menambah keunggulannya melalui Hazard di menit 90.

Sama seperti gol kedua yang dilesakkan Willian, Chelsea mencetak gol ketiga melalui serangan balik. Hazard yang menusuk dari sisi kiri berhasil memenangi adu sprint untuk kemudian melepaskan tembakan yang gagal dihalau kiper dalam posisi satu lawan satu.

Di periode injury time terjadi keributan di tengah lapangan. Keributan dipicu oleh tekel keras Aguero pada David Luiz, yang kemudian membuat beberapa pemain City dan Chelsea terlibat saling dorong. Dari kejadian itu wasit mengeluarkan dua kartu merah.

Aguero dikartu merah atas tekel kerasnya pada Luiz. Sementara Fernandinho diusir lantaran sikap kasarnya pada pemain Chelsea. Dalam beberapa aksi dorong yang terjadi di pinggir lapangan, Fernandinho mencekik mendorong Fabregas. Tayangan ulang menunjukkan kalau Fabregas lebih dulu memukul pipi Fernandinho.

Susunan Pemain

Manchester City : Bravo; Stones ('75 Kelechi Iheanacho), Otamendi, Kolarov; Fernandinho, Gundogan ('76 Yaya Toure); Navas, Silva, De Bruyne, Sane ('69 Gael Clichy); Aguero.

Chelsea XI: Courtois; Azpilicueta, Luiz, Cahill; Moses, Kante, Fabregas, Alonso; Pedro ('50 Willian), Costa ('85 Nathaniel Chalobah), Hazard ('90 Michy Batshuayi).

Berita Terkait: