Brasil Raih Medali Emas Sepakbola Olimpiade Rio 2016

Rabu, 24 Agustus 2016

Brasil akhirnya untuk kali pertama meraih medali emas cabang sepak bola. Prestasi tersebut ditorehkan Selecao, julukan tim nasional Brasil, di Olimpiade Rio 2016 pada Sabtu (20/8/2016) atau Minggu dini hari WIB.

Brasil meraih medali emas setelah mengalahkan Jerman, yang juga belum pernah meraih medali emas Olimpiade untuk cabang sepak bola putra, melalui adu penalti. Setelah bermain imbang 1-1 selama 120 menit, Neymar dkk menang 5-4 pada adu "tos-tosan".

Neymar menjadi sosok protagonis Brasil pada laga ini. Sang kapten adalah pencetak gol pada waktu normal sekaligus penendang kelima timnya yang menentukan kemenangan.

Neymar membuka harapan bagi Brasil untuk meraih emas berkat golnya pada menit ke-27. Namun, kapten Jerman, Max Meyer, berhasil membalas pada menit ke-59 untuk membuat skor sama kuat.

Laga pun harus ditentukan melalui perpanjangan waktu dan adu penalti. Lima penendang penalti Brasil sukses menjalankan tugasnya.

Dari kubu Jerman, empat penendang pertama juga berhasil menjebol gawang Weverton. Naas bagi Jerman, tembakan Nils Petersen berhasil digagalkan sehingga memupuskan harapan Der Panzer.

Brasil pun berhak meraih medali emas untuk kali pertama. Pada tiga kesempatan sebelumnya, termasuk pada 2012 saat sudah diperkuat Neymar, Selecao selalu kalah di final dan harus puas dengan raihan medali perak.

Adapun bagi Jerman, kegagalan ini membuat mereka gagal menyandingkan gelar juara dunia dengan Olimpiade. Sven Bender dkk juga gagal mengikuti tim sepak bola putri yang sehari sebelumnya meraih medali emas.

Sementara itu, Nigeria merebut medali perunggu. Mereka menang 3-2 atas Honduras, beberapa saat sebelum pertandingan antara Brasil dan Jerman.

Berita Terkait: