Liverpool 1-1 Chelsea (12/5/2016)

Kamis, 12 Mei 2016

Liverpool menutup laga kandangnya di Premier League musim ini dengan hasil imbang 1-1 kontra Chelsea. Gol Christian Benteke di menit-menit akhir menyelamatkan The Reds dari kekalahan.

Pada laga yang dihelat di Anfield, Kamis (12/5/2016) dinihari WIB, Eden Hazard membawa Chelsea memimpin di babak pertama.

Tampil dominan sejak menit awal, Liverpool barus bisa bikin gol di menit pertama injury time babak kedua lewat gol Benteke.

Tambahan satu poin ini membuat Liverpool tetap di posisi kedelapan dengan 59 poin dari 37 laga, selisih tiga angka dari West Ham United di posisi keenam yang merupakan batas akhir zona Liga Europa. Liverpool butuh menang atas West Bromwich Albion di laga terakhir sambil berharap West Ham dan Southampton kalah.

Sementara Chelsea di posisi kesembilan dengan 49 poin.

Liverpool kembali menurunkan tim terkuatnya di partai melawan Chelsea yang merupakan laga kandang terakhirnya musim ini. Sejak menit awal, Liverpool langsung tancap gas menekan pertahanan Chelsea.

Di menit kelima sebuah serbuan dari sisi kiri yang dibangun Alberto Moreno berhasil menemui Philippe Coutinho di kotak penalti, tapi sepakannya berhasil diblok Baba Rahman.

Empat menit kemudian lini pertahanan Chelsea kembali dicecar oleh barisan depan Liverpool. Tapi Jon Obi Mikel mampu membuang bola.

Di menit ke-19 Daniel Sturridge memberikan bola terobosan kepada Roberto Firmino yang tinggal berhadapan dengan Asmir Begovic. Namun, dia gagal menjaga bola dengan baik sehingga sudut tembakannya menyempit dan hanya menyasar sisi gawang.

Peluang bersih pertama Chelsea hadir di menit ke-23 ketika Eden Hazard melepaskan sepakan dari sisi kanan, namun Simon Mignolet mampu menepisnya.

Lebih banyak ditekan oleh Liverpool sepanjang pertandingan, Chelsea justru membuka skor lebih dulu pada menit ke-32 lewat gol cantik Hazard.

Membangun serangan dari sisi kiri, Hazard berhasil menggiring bola melewati hadangan 4-5 pemain Liverpool sebelum melepaskan sepakan terukur ke tiang jauh gawang Mignolet.

Lima menit sebelum turun minum, gawang Liverpool kembali terancam. Keragu-raguan Mignolet dalam mengamankan bola yang mengarah ke Bertrand Traore membuatnya harus keluar dari sarang. Traore langsung mengarahkan bola ke pojok atas tapi tak menemui sasaran.

Skor 1-0 bertahan untuk keunggulan Chelsea di babak pertama.

Di babak kedua, Liverpool masih menekan pertahanan Chelsea dan mendominasi permainan. Meski demikian, tim tamu yang mengancam lewat sepakan Hazard yang bisa diamankan oleh Mignolet.

Liverpool lewat kombinasi Adam Lallana dan Sturridge di menit ke-61 nyaris membuahkan gol. Namun, sepakan Sturridge dari jarak dekat bisa dibendung Asmir Begovic.

Tuan rumah terus menerus menekan pertahanan Chelsea namun para pemain depan Liverpool tak mampu memanfaatkan peluang yang didapat. Tangguhnya para pemain belakang Chelsea jadi alasan kegagalan Liverpool bikin gol.

Chelsea nyaris saja bikin gol kedua ketika Pedro Rodriguez yang menerima umpan dari Hazard berada dalam posisi bebas di kotak penalti. Sambil dibayangi Moreno, Pedro melepaskan sepakan kaki kiri yang bisa ditepis Mignolet.

Liverpool akhirnya mendapat gol penyama kedudukan di menit ke-91. Crossing Sheyi Ojo yang tak sempurna dihalau Begovic jatuh di depan Benteke yang dengan mudah mendorong bola masuk ke dalam gawang.

Skor 1-1 jadi penutup laga tersebut.

Susunan Pemain

Liverpool: Mignolet; Clyne, Toure (Ojo 88'), Lovren, Moreno; Milner (Allen 75'), Can; Lallana (Benteke 75'), Firmino, Coutinho; Sturridge.

Chelsea: Begovic; Azpilicueta, Cahill, Obi Mikel, Baba; Fabregas, Matic; Pedro (Loftus-Cheek 90'), Willian (Kenedy 57'), Hazard; Traore (Abraham 74').

Berita Terkait: