Jorge Lorenzo Menang GP Prancis (8/5/2016)

Senin, 09 Mei 2016

Jorge Lorenzo tampil dominan di MotoGP Prancis untuk merebut kemenangan. Hasil fantastis didapat Valentino Rossi yang finis di posisi kedua. Marc Marquez di urutan paling belakang.

Di Sirkuit Le Mans, Minggu (8/5/2016) malam WIB, Lorenzo, yang memulai balapan sebagai pemilik pole position tak tersentuh lawan-lawannya sejak start sampai menyentuh garis finis. Seperti tahun lalu, dia jadi juara di MotoGP Prancis dengan penampilan yang dominan.

Keberhasilan Lorenzo finis paling depan disempurnakan dengan sukses Rossi finis sebagai runner up. The Doctor tampil gemilang di race ini setelah dia memulai balapan dari posisi tujuh. Dalam prosesnya menuju podium kedua, Rossi berhasil menyalip Andrea Dovizioso dan Marc Marquez.

Dua nama tersebut mengalami nasib buruk pada balapan ini. Usai diasapi oleh Rossi, Dovizioso dan Marquez terjatuh dari tunggangannya di momen yang bersamaan pada sebuah tikungan ke kiri. Marquez berhasil melanjutkan balapan namun harus puas finis di posisi paling akhir (13), sementara Dovizioso gagal kembali ke trek.

Menempati podium ketiga dalam balapan ini adalah Maverick Vinales. Pebalap Suzuki itu diuntungkan oleh banyaknya pebalap posisi depan yang jatuh. Ini merupakan podium pertama Vinales di kelas MotoGP.

Hasil balapan di Prancis ini mengakibatkan perubahan di puncak klasemen. Lorenzo, dengan poin 90, kini menjadi pemuncak klasemen. Marquez mendapatkan tambahan tiga poin dari hasil finis di urutan 13 dan membuat dia kini total mengoleksi 85 dan turun ke urutan dua klasemen.

Marquez hanya unggul tujuh poin dari Rossi (78) yang menempati posisi ketiga.
.
Lorenzo memulai start dengan sempurna, dia mempertahankan posisi start terdepan yang dia punya dan langsung melesat menjauhi Marquez dan Andrea Iannone serta Andrea Dovizioso yang berada di belakangnya.

Marquez menjalani start yang kurang meyakinkan. Dia sempat terlempar ke urutan enam, meski kemudian naik ke posisi lima saat memasuki tikungan kedua.

Lorenzo langsung menciptakan gap cukup besar di awal balapan ini. Sementara beberapa pebalap yang berada di belakangnya berturut-turut adalah Dovizioso, Pol Espargaro, Iannone, dan Marquez.

Di lap kedua Marquez berhasil merebut posisi keempat dari Espargaro. Tapi dia masih tertinggal cukup jauh dari duo Ducati sebagai pebalap terdekat di depannya. Di lap yang sama Rossi berhasil memperbaiki posisinya dengan merebut posisi enam.

Memasuki lap kelima Lorenzo makin jauh meninggalkan lawan-lawannya. Di belakangnya menguntit ketat dua pebalap Ducati: Dovizioso dan Iannone. Sampai momen ini Marquez belum bisa merapatkan jarak dengan tiga posisi terdepan itu. Marquez berjarak 0,6 detik di belakang Inannone.

Dalam sebuah momen Iannone berhasil menyalip Dovizioso dan merebut posisi dua untuk bisa membayangi Lorenzo. Tapi kondisi itu tak bertahan lama.

Nasib nahas mendatangi Iannone saat race masuk lap ketujuh. Dia kehilangan kendali motornya saat menikung dan tergelinci masuk gravel. Iannone masih bisa melanjutkan balapan, tapi posisinya melorot ke urutan paling belakang.

Tak lama setelah Iannone crash, Carl Crutchlow juga harus mengalami nasih yang sama. Bedanya dia gagal melanjutkan balapan.

Perlahan Marquez bisa merapatkan jaraknya dengan Dovizioso, di mana saat balapan melewati 10 putaran jarak keduanya menjadi 0,6 detik. Pertarungan Dovizioso dengan Iannone kemudian 'dicampuri' oleh Rossi. Saat balapamn tersisa 16 lap keduanya terpaut kurang dari satu detik.

Lewat sebuah manuver, Rossi benar menyalip Marquez di lap yang sama. The Doctor kini ada di posisi tiga untuk kemudian memberi tekanan hebat pada Dovizioso.

Satu lap setelah mendahului Marquesz, Rossi sukses menyalip Dovizioso untuk merebut posisi dua. Suara riuh terdengar dari tribun penonton atas keberhasil Rossi naik ke urutan dua.

Setelah melewati Dovisizo dan Marquez, Rossi masih dapat tekanan hebat dari dua pebalap tersebut sampai beberapa lap kemudian. Tapi persaingan ketiganya tuntas dalam dengan cara mengejukan. Dovizioso dan Marquez terjatuh dari tungganganya secara bersamaan, di tikungan yang sama dan di momen yang sama.

Marquez bisa melanjutkan balapan meski dia harus terlempar ke posisi paling akhir. Sementara Dovizioso dipaksa menyerah dan kembali ke garasinya.

Jatuhnya dua pebalap ini menguntungkan Maverick Vinales. Dia kini berada di posisi tiga.

Saat Marquez terjatuh, Dani Pedrosa sudah berhasil mendekati posisi podium. Setelah sempat terlempar keluar 10 besar di awal balapan, dia saat balapan tertinggal 10 lap berada di posisi empat usai mendahului Alex Espargaro.

Namun sampai balapan tuntas tidak ada perubahan posisi di urutan empat besar. Lorenzo juara dengan keunggulan 10 detik lebih, Rossi ada di posisi kedua, dan Vinales meraih podium pertamanya.

Hasil MotoGP Prancis

1 25 99 Jorge LORENZO SPA Movistar Yamaha MotoGP Yamaha 160.3 43'51.290
2 20 46 Valentino ROSSI ITA Movistar Yamaha MotoGP Yamaha 159.6 +10.654
3 16 25 Maverick VI√ĎALES SPA Team SUZUKI ECSTAR Suzuki 159.4 +14.177
4 13 26 Dani PEDROSA SPA Repsol Honda Team Honda 159.1 +18.719
5 11 44 Pol ESPARGARO SPA Monster Yamaha Tech 3 Yamaha 158.8 +24.931
6 10 41 Aleix ESPARGARO SPA Team SUZUKI ECSTAR Suzuki 158.3 +32.921
7 9 9 Danilo PETRUCCI ITA OCTO Pramac Yakhnich Ducati 158.0 +38.251
8 8 8 Hector BARBERA SPA Avintia Racing Ducati 158.0 +38.504
9 7 19 Alvaro BAUTISTA SPA Aprilia Racing Team Gresini Aprilia 157.4 +48.536
10 6 6 Stefan BRADL GER Aprilia Racing Team Gresini Aprilia 157.0 +54.502
11 5 50 Eugene LAVERTY IRL Aspar Team MotoGP Ducati 156.5 +1'02.677
12 4 76 Loris BAZ FRA Avintia Racing Ducati 156.3 +1'07.658
13 3 93 Marc MARQUEZ SPA Repsol Honda Team Honda 152.4 1 Lap

Berita Terkait: