Tottenham Hotspur 3-0 Manchester United (10/4/2016)

Senin, 11 April 2016

Tottenhan Hotspur memetik kemenangan telak atas Manchester United di lanjutan Liga Inggris. The Lilywhites menang tiga gol tanpa balas atas The Red Devils.

Laga yang berlangsung di White Hart Lane, Minggu (10/4/2016) malam WIB, sempat tertunda dari jam yang sudah ditentukan. Penyebabnya, MU terjebak kemacetan di London.

Babak pertama berakhir sama kuat 0-0, gol-gol Spurs baru dicetak di paruh kedua laga. Dele Alli mencetak gol di menit 70, disusul Toby Alderweireld empat menit berselang, dan satu lagi dicetak Erik Lamela di menit 76.

Dengan tambahan tiga angka ini, Spurs bisa menjaga jarak poin dengan Leicester City yang ada di posisi pertama klasemen. Spurs mengumpulkan 65 poin, tujuh angka lebih sedikit dari The Foxes.

Sementara itu, MU ada di posisi lima klasemen dengan raihan 53 poin.

Di menit ketujuh, Anthony Martial dilanggar oleh pemain tengah Spurs, Mousa Dembele. Mata menjadi eksekutor sepakan bebas, umpannya gagal dimaksimalkan Martial. MU tampil amat dominan dalam penguasaan bola hingga menit ke-15. Torehannya sampai 73 persen.

Bek MU, Chris Smalling, berhasil menghalau umpan silang Danny Rose di menit 16. Harry Kane sudah menunggu di muka gawang. Semenit kemudian, David De Gea sukses memblok sepakan Kane dari jarak dekat. Tapi, Kane juga sudah berdiri offside.

Rose melakukan sepakan jarak jauh di menit 19. Sial, arahnya masih belum memberikan ancaman untuk gawang MU. Tujuh menit berselang, Christian Eriksen melakukan sepakan jarak jauh. Tapi, belum membuahkan hasil karena masih melenceng jauh.

Erik Lamela melewatkan peluang di menit 28. Sundulannya memanfaatkan umpan silang dari sisi sayap kanan masih menyamping. Spurs mengancam lagi di menit 29. Kyle Walker melakukan overlap, sepakannya dari sisi kanan kotak penalti masih bisa diblok oleh Timothy Fosu-Mensah.

Spurs mendapatkan peluang di menit 43, tapi belum bisa di maksimalkan. Sepakan bebas Eriksen mengarah ke muka gawang MU, tapi gagal disambar Kane. Di sisa babak pertama tak ada gol tercipta, skor 0-0 saat turun minum.

De Gea melakukan penyelamatan beruntun di menit 50. Dia menepis sepakan Eriksen dan Eric Dier. Empat menit berselang, kiper asal Spanyol itu bisa menangkap dengan sempurna tendangan Kane dari luar kotak penalti.

MU mencatatkan attempts di menit 59. Sialnya, sepakan Jesse Lingard masih menyamping jauh. Martial mengancam di menit 62. Dia melakukan solo run, melewati pemain belakang Spurs, tapi sepakannya pas ditangan Hugo Lloris.

De Gea melakukan penyelamatan lagi di menit 65. Sepakan Rose dari sayap kiri, sempat membentur Mata. De Gea bisa menghalaunya dengan kakinya.

Spurs mencetak gol di menit 70. Eriksen mengirimkan umpan silang terukur, yang bisa diselesaikan oleh Alli dengan dingin. Di menit 74, Alderweireld bikin gol lewat sundulan kepala. Dia meneruskan umpan tendangan bebas Lamela dari sisi kanan pertahanan MU.

Dua menit berselang, giliran Lamela yang unjuk gigi, dia mencatatkan gol memotong umpan Rose yang juga dari sisi sayap kiri.

Usai tertinggal tiga gol, emosi pemain MU mudah tersulut. Memphis Depay yang menggantikan Juan mata di menit 76, terlibat perselisihan dengan Walker tujuh menit berselang. Dia dan Walker pun akhirnya di kartu kuning. Semenit berselang, Ashley Young yang dikartu kuning. Dia melanggar Rose dengan keras.

Di sisa pertandingan tak ada gol tambahan, Spurs menang tiga gol tanpa balas.

Susunan Permain:

Spurs: Lloris, Walker, Alderweireld, Vertonghen, Rose, Dier, Dembele, Lamela (Chadli 87), Eriksen, Alli (Mason 90), Kane (Son 89)

Man Utd: De Gea, Fosu-Mensah (Darmian 67), Smalling, Blind, Rojo, Schneiderlin, Carrick, Mata, Lingard, Martial, Rashford (Young 46)

Berita Terkait: