Juventus 3-0 Lazio (21/4/2016)

Jumat, 22 April 2016

Juventus terus mendekatkan diri ke gelar juara Liga Italia musim ini. Bianconeri menang telak 3-0 atas Lazio di pekan ke-34. Paulo Dybala menyumbangkan dua gol untuk Juve.

Menjamu Lazio di Juventus Stadium, Kamis (21/4/2016) dinihari WIB, Juve tak diperkuat sejumlah pemain utamanya. Claudio Marchisio dan Giorgio Chiellini cedera, sedangkan Alvaro Morata terkena skorsing.

Lazio juga tidak tampil full team. Mereka kehilangan Antonio Candreva, Stefano Mauri, Alessandro Matri, Stefan Radu, dan Stefan de Vrij yang mengalami cedera.

Juventus mendominasi permainan dan menciptakan banyak peluang di babak pertama. Namun, cuma satu gol yang tercipta sebelum turun minum lewat sontekan Mario Mandzukic pada menit ke-39.

Petaka mendatangi Lazio di awal babak kedua. Mereka kehilangan Patric yang diusir wasit karena menerima kartu kuning kedua.

Tak berselang lama setelah Patric keluar lapangan, Juventus menggandakan keunggulannya. Dybala mencatatkan namanya di papan skor lewat tendangan penalti pada menit ke-52.

Dybala kemudian mencetak satu gol lagi pada menit ke-64 untuk membawa Juve unggul 3-0. Keunggulan tersebut tak berubah hingga laga usai.

Dengan hasil ini, Juve masih kokoh di puncak klasemen Serie A dengan perolehan 82 poin. Mereka unggul sembilan poin atas Napoli yang berada di posisi kedua. Adapun Lazio menempati posisi kesembilan dengan 48 poin.

Juventus berpeluang memimpin pada menit kesembilan lewat Dybala. Namun, sontekan Dybala meneruskan umpan silang Stephan Lichtsteiner masih bisa digagalkan oleh penjaga gawang Lazio, Federico Marchetti.

Marchetti kembali menyelamatkan gawang Lazio lima menit kemudian. Dia mementahkan tembakan Paul Pogba yang mengarah ke pojok bawah gawang.

Juventus yang terus menggempur Lazio punya kesempatan lagi pada menit ke-19. Akan tetapi, sepakan Alex Sandro dari luar kotak penalti masih melenceng.

Pogba menyia-nyiakan kesempatan yang dia peroleh beberapa saat kemudian. Tembakannya dari dalam kotak penalti masih bisa digagalkan oleh Marchetti.

Peluang yang didapat Pogba pada menit ke-31 juga belum berbuah gol. Tendangan bebasnya masih sedikit melambung.

Marchetti lagi-lagi menunjukkan ketangguhannya di bawah mistar Lazio. Dia mampu menepis tembakan keras Dybala dari luar kotak penalti.

Tapi, gawang Lazio akhirnya bobol juga pada menit ke-39. Berawal dari sepak pojok Hernanes, Pogba yang menerima bola berusaha menembak. Mandzukic yang berada di mulut gawang mencocor si kulit bundar untuk membawa Juventus memimpin 1-0. Skor ini bertahan hingga babak pertama selesai.

Tiga menit setelah babak kedua dimulai, Lazio harus kehilangan satu pemainnya. Patric menerima kartu kuning kedua usai melanggar Dybala.

Dari pelanggaran yang dilakukan oleh Patric, Juventus mendapatkan tendangan bebas. Tendangan bebas itu dieksekusi oleh Hernanes, tapi Marchetti masih bisa menepisnya.

Memasuki menit ke-52, wasit menunjuk titik putih setelah melihat Leonardo Bonucci dijatuhkan oleh Santiago Gentiletti di kotak penalti. Dybala maju sebagai eksekutor dan sukses menaklukkan Marchetti. Juve unggul 2-0.

Dybala kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-64. Dalam sebuah serangan kilat, Sami Khedira yang lolos ke kotak penalti Lazio memberikan umpan kepada Dybala. Tinggal berhadapan dengan Marchetti, Dybala sukses menceploskan bola ke dalam gawang untuk membawa Juve memimpin 3-0.

Pada menit-menit akhir, Juve berpeluang menambah gol melalui Simone Zaza dan Hernanes. Akan tetapi, Marchetti masih sanggup menyelamatkan gawang Lazio dari kebobolan lebih banyak.

Susunan Pemain
Juventus: Buffon; Barzagli, Bonucci, Rugani; Lichtsteiner, Khedira (Sturaro 70'), Hernanes, Pogba (Asamoah 82'), Alex Sandro; Mandzukic, Dybala (Zaza 75')

Lazio: Marchetti; Patric, Gentiletti, Hoedt, Lulic; Parolo (Milinkovic-Savic 46'), Biglia (Cataldi 77'), Onazi; Felipe Anderson (Basta 53'), Djordjevic, Keita

Berita Terkait: