Bayern Munich 4-2 Juventus (17/3/2016)

Kamis, 17 Maret 2016

Bayern Munich harus melewati 90 menit waktu normal plus dua kali extra time untuk melangkah ke perempatfinal Liga Champions. Die Roten akhirnya menang 4-2 atas Juventus setelah sempat tertinggal dua gol di babak pertama.

Pada leg kedua babak 16 besar yang dihelat di Allianz Arena, Kamis (17/3/2016) dinihari WIB, Juve sudah unggul dua gol tanpa balas dalam tempo kurang dari 30 menit. Gol-gol dibuat Paul Pogba dan Juan Cuadrado.

Bayern menyamakan skor lewat Robert Lewandowski dan Thomas Mueller di menit ke-90. Berlanjut ke extra time, Bayern menambah dua gol lagi dari Thiago Alcantara dan Kingsley Coman.

Main imbang 2-2 di leg pertama, Bayern menyingkirkan Juve dari kompetisi ini dengan unggul agregat 6-4.

Baru enam menit laga berjalan, Juve sudah memimpin 1-0. Berawal dari kesalahan David Alaba saat mengantisipasi bola umpan Sami Khedira, Stephan Lichtsteiner merebutnya dan langsung mengoper ke tengah. Di sana ada Pogba yang menuntaskan dengan sepakan mendatar ke gawang yang sudah ditinggal Manuel Neuer.

Bayern memang mendominasi permainan tapi mereka kesulitan untuk mencari celah di pertahanan Juve yang bermain sangat rapat dan kompak. Ke manapun pemain Bayern memegang bola, ada 2-3 pemain mengawal.

Robert Lewandowski dan Thomas Mueller di lini depan terisolasi dan tidak mampu membuat satu pun peluang.

Juve sendiri mengandalkan serangan balik yang kerap merepotkan pertahanan garis tinggi Bayern dan berbuah gol kedua mereka pada menit ke-28.

Alvaro Morata merebut bola di daerah sendiri dan langsung melakukan solo run hingga ke sepertiga daerah akhir Bayern. Melihat lari Cuadrado di sisi kanan, Morata mengoper bola kepadanya.

Begitu memasuki kotak penalti, Cuadrado mampu mengecoh Philipp Lahm sebelum menendang bola ke pojok gawang Neuer. Juve memimpin 2-0.

Bayern baru mendapat peluang bersih pertamanya di menit ke-42. Arturo Vidal mengoper bola ke arah Mueller yang berada di dalam kerumunan pemain Juve di kotak penalti. Mueller menyepak bola tapi Gianluigi Buffon mampu mengadangnya.

Tak sampai semenit berselang, Juve melakukan serangan balik dan nyaris berbuah gol ketiganya. Akselerasi Paul Pogba di sisi kiri dituntaskan dengan umpan tarik ke tiang jauh yang digapai Cuadrado, tapi sepakannnya ke tiang dekat bisa ditepis Neuer.

Skor 2-0 tetap bertahan untuk keunggulan Juve di babak pertama.

Di babak kedua, Bayern melakukan perubahan formasi dengan memasukkan Juan Bernat menggantikan Mehdi Benatia yang jadi titik lemah di pertahanan tuan rumah.

Bayern masih mendominasi pertandingan namun masih sama seperti babak pertama, mereka kesulitan untuk menciptakan peluang bersih. Laga malah berjalan sengit dan panas.

Buktinya wasit Jonas Eriksson harus mengeluarkan empat kartu kuning dalam tempo kurang dari 15 menit. Juve sendiri masih mengandalkan serangan balik untuk membahayakan gawang Bayern.

Cara itu masih ampuh karena Morata dua kali punya kans untuk mencetak gol dari situasi tersebut. Pertama di menit ke-56 ketika Morata melakukan solo run ke kotak penalti namun sepakan kaki kirinya terlalu lemah dan bola tepat ke tangkapan Neuer.

Dua menit kemudan Morata lagi-lagi melakukan aksi individu membelah pertahanan Bayern. Usai melewati Alaba dan Joshua Kimmich, Morata menendang bola tepat di depan gawang. Beruntung Alaba masih mampu memblok dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Bayern akhirnya mampu memperkecil skor jadi 1-2 di menit ke-73. Crossing Douglas Costa ke tiang jauh mampu ditanduk Lewandowski dan menjebol jala Buffon.

Gol tersebut membuat Bayern kian bernafsu mencari gol penyama kedudukan dan kian intens menyerang lewat sisi sayap, terutama dari kanan yang ditempati Douglas Costa.

Mueller! Bayern akhirnya mampu membuat skor jadi 2-2 di menit ke-90. Coman melepaskan umpan silang dari sisi kanan yang disambut kepala Mueller.

Skor tersebut bertahan hingga 90 menit waktu normal tuntas dan laga berlanjut ke perpanjangan waktu 2x15 menit.

Di awal babak pertama extra time, Juve punya kans bikin gol ketika kerjasama Mario Mandzukic dan Lichtsteiner mampu membelah pertahanan Bayern. Tapi, tembakan Lichtsteiner masih ke tiang jauh bisa diamankan Neuer.

Pada menit ke-97 tembakan keras Ribery yang mengenai Andrea Barzagli masih bisa ditepis oleh Buffon.

Masuk di babak kedua extra time, tepatnya di menit ke-108, Bayern untuk pertama kalinya memimpin di pertandingan ini. Kegagalan Patrice Evra dalam menghalau crossing dari sisi kiri membuat bola jatuh di kaki Thiago Alcantara.

Memainkan umpan 1-2 dengan Mueller, Thiago menuntaskan dengan sepakan mendatar ke sisi kanan gawang Buffon.

Skor berubah jadi 4-2 dua menit kemudian usai Coman membobol jala Buffon lewat aksi individu dan sempat mengecoh Bonucci, sebelum melepaskan sepakan melengkung.

Tak ada gol lagi tercipta dan Bayern berhak lolos ke delapan besar.

Susunan Pemain

Bayern Munich: Neuer; Lahm, Kimmich, Benatia (Bernat 46'), Alaba; Alonso (Coman 60'); Douglas Costa, Mueller, Vidal, Ribery (Thiago 101'); Lewandowski

Juventus: Buffon; Lichtsteiner, Bonucci, Barzagli, Evra; Cuadrado (Pereyra 89'), Khedira (Sturaro 67'), Hernanes, Pogba, Alex Sandro; Morata (Mandzukic 71')

Berita Terkait: