John Heitinga Gantung Sepatu

Selasa, 02 Februari 2016

Berakhir sudah karier John Heitinga sebagai pesepakbola profesional. Mantan pemain timnas Belanda yang punya darah Indonesia itu baru saja memutuskan untuk pensiun.

Klub terakhir yang dibela Heitinga adalah Ajax Amsterdam. Pemain berposisi bek tengah itu gantung sepatu meski usianya baru 32 tahun.

"Saya menyadari pada bulan Desember bahwa waktu untuk mengakhiri karier aktif saya sudah makin dekat," ucap Heitinga seperti dilansir situs resmi Ajax.

"Saya melakukan pembicaraan yang baik dengan agen saya Rob Jansen, pelatih Ajax Frank de Boer, dan Edwin van der Sar. Dan sekarang saya sudah mengumumkan bahwa saya akan segera berhenti bermain sepakbola," tambahnya.

"Perpisahan ini sedikit lebih cepat dari jadwal, tapi Ajax tetap di hati saya dan saya menantikan babak baru dalam hidup saya," kata Heitinga.

Heitinga adalah produk tim muda Ajax dan dipromosikan ke tim utama sejak 2001. Dia memperkuat Ajax hingga tahun 2008 dan kemudian hijrah ke Spanyol untuk bergabung dengan Atletico Madrid.

Heitinga cuma semusim di Atletico. Dia direkrut oleh klub Premier League, Everton, dan berkostum The Toffees selama empat setengah musim. Dari Everton, dia pindah ke Fulham meski cuma bertahan di klub tersebut selama setengah musim.

Setelahnya, Heitinga merumput di Bundesliga bersama Hertha Berlin sebelum akhirnya kembali ke Ajax pada musim panas tahun lalu. Tapi, musim ini Heitinga sangat jarang dimainkan di Ajax.

Di level internasional, Heitinga membela timnas Belanda pada 87 pertandingan dan mencetak tujuh gol. Dia tampil di Piala Eropa 2004, Piala Dunia 2006, Piala Eropa 2008, dan Piala Dunia 2010. Dia diganjar kartu merah di final Piala Dunia 2010 saat negaranya melawan Spanyol.

Berita Terkait: