Stoke 2-0 Manchester United (26/12/2015)

Sabtu, 26 Desember 2015

Kekalahan masih sangat akrab dengan Manchester United. Melawat ke Stoke City dalam laga Boxing Day, The Red Devils tunduk dengan skor 0-2.

Di Britannia Stadium, Sabtu (26/12/2015) malam WIB, Stoke mencetak kedua golnya di babak pertama. Yang pertama dari kaki Bojan Krkic memanfaatkan kesalahan Memphis Depay di menit 19. Sementara yang kedua dibuat Marko Arnautovic pada menit 26.

MU tampil lebih baik di babak kedua dengan menciptakan lebih banyak peluang. Tapi penampilan gemilang Jack Butland di bawah gawang Stoke menggagalkan semua usaha Wayne Rooney cs untuk mencetak gol.

Ini menjadi kekalahan keempat beruntun MU di semua kompetisi, atau jika ditotal mereka sudah gagal menang di tujuh pertandingan terakhir. Situasi ini dipastikan membuat posisi Louis van Gaal makin terancam, di mana isu pemecatan pria asal Belanda itu sudah berembus keras di Inggris.

Dengan 29 poin dipunya MU kini ada di posisi enam klasemen dan masih mungkin turun karena klub-klub lain baru akan bertanding dalam beberapa menit ke depan. Sementara Stoke naik ke urutan delapan dengan poin 26.

Jalannya Pertandingan

Peluang pertama dalam laga ini tercipta akibat backpass yang dilakukan pada kiper Butland di menit sembilan. Tak ada gol dalam momen itu karena Butland masih bisa dengan susah payah membuang bola saat dia dapat tekanan dari Anthony Martial. Dari momen itu lahir attempt pertama saat mendatar Ander Herrera dari luar kotak penalti bisa ditangkap dengan mudah oleh Butland.

Di menit 17 tendangan bebas Memphis dari sisi kiri mengarah langsung ke gawang. Sekali lagi itu tak jadi masalah besar untuk Butland.

Gol Stoke! Bojan menjebol gawang David de Gea memanfaatkan kesalahan pemain MU.

Stoke mencetak gol pembuka saat laga berjalan 19 menit. Gol itu berawal dari kesalahan Memphis Depay yang melakukan backpass dengan kepalanya di sisi kiri kotak penalti. Bola yang disundul Memphis terlalu lemah sehingga bisa dipotong Glenn Johnson yang sejak awal membayanginya. Johnson kemudian mengirim bola ke tengah kotak penalti dan si kulit bundar lantas dilesakkan ke dalam gawang oleh Bojan.

Di menit 26 Stoke menggandakan keunggulan, yang diawali dari tendangan bebas di muka kotak penalti. Free kick yang diambil Bojan membentur pagar hidup pemain MU. Bola mental dari momen itu dikuasai Arnautovic. Dia kemudian melepaskan tendangan keras dari kotak penalti yang tidak bisa dihalau De Gea. Gawang MU bergetar, skor pun berubah jadi 2-0.

Dua menit berselang MU nyaris memperkecil kedudukan saat tendangan bebas Memphis ditepis Butland dan bola justru mengarah ke ke Marouane Fellaini. Stoke beruntung karena Fellaini terlihat tak siap dengan datangnya bola, sepakan yang dia lepaskan sangat lemah dan mudah ditangkap kiper.

Stoke nyaris mendapatkan gol ketiganya di menit 36. Lolos dari offside, Arnautovic melepaskan tendangan dari luar kotak penalti ketika tinggal berhadapan dengan De Gea. Sepakannya kali ini melebar di sisi kanan gawang.

Skor 2-0 bertahan sampai turun minum.

Di awal babak kedua MU melakukan pergantian saat Wayne Rooney masuk lapangan dan Memphis ditarik keluar. The Red Devils mendominasi penguasaan bola sampai setidaknya 15 menit pertama pertandingan, tapi sangat sedikit sekali menciptakan ancaman ke gawang Stoke.

Sementara Stoke lebih memilih menunggu di awal babak kedua ini. Sesekali mereka melancarkan serangan mengandalkan counter attack.

Peluang bersih pertama MU di babak kedua datang di menit 63, saat Rooney Rooney mengirim bola ke tengah kotak penalti dan tepat mengarah ke Fellaini di sana. Keseluruhan momen tersebut berjalan sangat baik untuk MU karena sepakan Fellaini kali ini sempurna mengenai bola dan dia berdiri tepat di muka gawang. Tapi Butland melakukan penyelamatan gemilang saat tangan kanannya menghalau tendangan mendatar Fellaini demi memastikan MU tak memperkecil ketinggalan.

Sebuah kesalahan umpan yang dibuat Blind menciptkan ancaman ke gawang De Gea pada menit 69. Bojan memotong umpan Blind dan langsung menusuk ke pertahanan MU untuk kemudian melepas umpan pada Arnautovic. Tak dapat ruang tembak yang cukup, tendangan Arnautovic gagal menemui sasaran.

Lima menit sebelum pertandingan tuntas Butland kembali melakukan penyelamatan penting. Kali ini dia menepis bola tembakan Martial yang diarahkan ke sudut bawah gawang.

Peluang terakhir yang dipunya MU dalam pertandingan ini adalah di menit 90. Lewat serangan yang terbangun rapi Rooney mengirim umpan pendek pada Juan Mata di dalam kotak penalti. Sepakan gelandang Spanyol itu masih belum mengubah skor karena Butland kembali jadi pahlawan aksi penyelamatannya.

Susunan Pemain

Stoke: Butland, Pieters, Wollscheild, Shwacross, Johnson, Arnautovic, Cameron ('75 Charlie Adam), Afellay, Whelan ('45 Marco van Ginkel), Shaqiri ('65 Mame Diouf), Bojan

MU: De Gea, Young, Smalling, Jones, Blind, Carrick, Herrera ('82 Andreas Pereira), Mata, Fellaini, Memphis ('45 Wayne Rooney), Martial

Berita Terkait: