Southampton 4-0 Arsenal (27/12/2015)

Minggu, 27 Desember 2015

Southampton tampil gemilang saat menjamu Arsenal pada laga Boxing Day. Ketika 90 menit pertandingan tuntas, The Saints menang telak empat gol tanpa balas.

Pada laga yang dihelat di St Mary's, Minggu (27/12/2015) dinihari WIB, Soton mencetak gol-golnya lewat Cuco Martino di babak pertama, lalu tiga gol tambahan di babak kedua lewat Shane Long (dua) dan Jose Fonte.

Raihan tiga poin ini membuat Soton mengakhiri puasa kemenangan di enam laga terakhirnya di Premier League. Posisi anak asuh Ronald Koeman itu ada urutan ke-12 dengan 24 poin.

Sementara itu, The Gunners gagal menggeser Leicester City dari puncak klasemen dan masih berada di urutan kedua dengan 36 poin.

Mengawali laga dengan baik, Soton unggul lebih dulu pada menit ke-19 lewat gol indah Cuco Martina, yang memainkan laga debutnya di Premier League.

Berawal dari sapuan bola yang tak sempurna dari barisan belakang Arsenal, bola jatuh di jalur Martina yang melepaskan sepakan first time dengan bagian luar kaki kanannya dari jarak 30 meter, dan bersarang mulus di pojok kanan gawang Petr Cech.

Arsenal kesulitan mengembangkan permainan di babak pertama. FourFourTwo mencatat tim London Utara itu tak bisa memenangi bola di daerah permainan Soton sepanjang 30 menit pertama.

Alhasil, tak ada peluang berbahaya yang mampu diciptakan Olivier Giroud dkk. di lini serang. Sementara Soton secara konsisten mampu menekan saat Arsenal menguasai bola sehingga lawan kesulitan mengalirkan bola seperti biasanya.

Di menit ke-39 Mesut Oezil memberikan bola kepada Theo Walcott yang dituntaskan dengan sebuah sepakan kaki kanan. Sayangnya, bola masih melebar dari sasaran.

Dua menit sebelum turun minum, Soton nyaris menggandakan keunggulan ketika umpan terobosa Jordi Clasie menemui Shane Long di kotak penalti. Tinggal berhadapan dengan Cech, bola chip Long masih menyasar sisi atas gawang Arsenal.

Skor 1-0 untuk keunggulan Soton bertahan hingga kedua tim memasuki ruang ganti.

Di babak kedua, Arsenal masih belum dapat keluar dari tekanan Soton. Bahkan gawang mereka sempat kebobolan dari gol Virgil van Dijk pada menit ke-49. Beruntung gol tersebut dianulir karena Van Dijk sudah dalam posisi offside.

Namun, gawang Cech benar-benar bobol untuk kedua kalinya pada menit ke-54. Adalah Long yang menambah keunggulan Soton menjadi 2-0 usai menuntaskan umpan tarik Sadio Mane di tiang jauh, dengan sepakan mendatar di depang gawang.

Gol tersebut sempat diprotes pemain Arsenal karena dalam prosesnya, Long dianggap melanggar Laurent Koscnielny. Namun, wasit John Moss bergeming pada keputusannya mengesahkan gol tersebut.

Arsenal kian tertinggal setelah Jose Fonte mencetak gol ketiga Soton pada menit ke-68. Dari korner Ryan Bertrand, Fonte mendahului Koscielny untuk menyundul bola ke dalam gawang Cech.

Dusan Tadic yang baru masuk sebagai pemain pengganti menguji Cech di menit ke-74. Tembakan keras melengkung dilepaskannya namun Cech bisa menepisnya.

Long nyaris saja mencetak gol keduanya di menit ke-88 ketika melakukan solo run di sisi kanan, yang dituntaskan dengan sepakan menyilang. Namun, ujung jari Cech dan tiang gawang membuat bola gagal masuk.

Long! Penyerang asal Republik Irlandia itu akhirnya menggenapi kemenangan 4-0 Soton di menit pertama injury time babak kedua. Dari situasi serangan balik, Juanmi memberikan umpan terobosan kepada Long di sisi kanan.

Memenangi duel satu lawan satu dengan Monreal, Long menembak bola melewati sela kaki Cech untuk mencatatkan namanya lagi di papan skor.

Susunan Pemain

Southampton: Stekelenburg; Martina, Van Dijk, Fonte, Bertrand; Clasie (Romeu 67'), Wanyama; Davis, Ward-Prose (Tadic 69'), Mane (Juanmi 81'); Long.

Arsenal: Cech; Bellerin, Mertesacker, Koscielny, Monreal; Flamini (Chambers 73'), Ramsey; Campbell (Chamberlain 63'), Oezil, Walcott; Giroud.

Berita Terkait: