Manchester City 1-2 Juventus (16/9/2015)

Rabu, 16 September 2015

Juventus kebobolan lebih dulu saat dijamu Manchester City di matchday 1 Liga Champions. Namun, Bianconeri bisa membalikkan situasi dan berbalik mengalahkan The Citizens dengan skor 2-1.

Pada laga di Etihad Stadium, Rabu (16/9/2015) dinihari WIB, City menurunkan kekuatan terbaiknya. Sergio Aguero, yang awalnya diprediksi akan absen, ternyata bisa main meski cuma sebagai pemain pengganti.

Sementara itu, Juve kehilangan beberapa pemainnya seperti Claudio Marchisio dan Sami Khedira. Pelatih Massimiliano Allegri memutuskan untuk mencadangkan Paulo Dybala dan mengandalkan Mario Mandzukic, Alvaro Morata, dan Juan Cuadrado di lini serang.

Setelah babak pertama berkesudahan tanpa gol, City memimpin lebih dulu. Gol bunuh diri Giorgio Chiellini membuat tim tuan rumah unggul 1-0.

Namun, Juve menunjukkan semangat pantang menyerahnya. Mereka berhasil menyamakan skor lewat Mandzukic, kemudian berbalik unggul melalui gol Morata.

Dengan hasil ini, Juve sementara menduduki posisi kedua di klasemen sementara Grup D dengan poin tiga. Adapun City di urutan ketiga dengan poin nol.

City langsung mendapat kesempatan pada menit kedua. Raheem Sterling yang menerima operan dari Fernandinho melepaskan tembakan, tapi usaha Sterling digagalkan kiper Gianluigi Buffon.

Juve sempat membobol gawang City pada menit ke-12 melalui sundulan Paul Pogba. Namun, wasit tidak mengesahkannya karena lebih dulu terjadi offside.

Juve kemudian punya kans lewat Hernanes saat laga memasuki menit ke-14. Namun, tendangan bebas yang diambil Hernanes cuma menerpa tiang gawang.

Sepakan Fernandinho dari luar kotak penalti pada menit ke-23 masih melambung di atas gawang Juve. Sementara itu, tendangan bebas Aleksandar Kolarov juga tak menemui sasaran.

Usaha Yaya Toure lima menit kemudian juga belum berbuah gol untuk City. Sundulannya meneruskan tendangan sudut David Silva masih melenceng.

Juve mendapatkan peluang pada menit ke-31 melalui percobaan Juan Cuadrado. Akan tetapi, tembakan menyilang Cuadrado dari luar kotak penalti masih melenceng.

Sebuah kesalahan Patrice Evra beberapa saat kemudian membuat gawang Juve berada dalam bahaya. City melakukan serangan balik cepat yang dimotori Silva. Silva kemudian memberikan bola kepada Wilfried Bony. Namun, Bony menyia-nyiakan peluang karena tembakannya sama sekali tak mengarah ke sasaran.

Fernandinho! Gelandang asal Brasil itu mengancam gawang Juve pada menit ke-40 lewat tendangan volinya. Namun, arah bola masih sedikit melebar ke samping gawang Juve.

Hingga turun minum, belum ada gol yang tercipta pada laga ini. Skor masih 0-0.

Kebuntuan baru terpecahkan ketika pertandingan memasuki menit ke-57 setelah Chiellini membuat gol bunuh diri. Gol ini berawal dari sepak pojok City yang diambil oleh Silva. Chiellini yang mendapatkan tekanan dari Vincent Kompany secara tak sengaja menyundul si kulit bundar ke gawangnya sendiri. Meski pemain-pemain Juve mengajukan protes karena menganggap Kompany melakukan pelanggaran, wasit tetap mengesahkan gol tersebut.

Tak berselang lama, Juve nyaris kebobolan lagi. Sebuah serangan balik kilat City yang dipimpin Silva dituntaskan oleh Sterling. Namun, penyelesaian Sterling digagalkan oleh Buffon.

Juve nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-62. Namun, tembakan Stefano Sturaro dari dalam kotak penalti dimentahkan oleh Joe Hart.

Pogba juga menyia-nyiakan peluang yang didapatnya dua menit kemudian. Dia berdiri bebas saat menyambut bola hasil sepak pojok, tapi tembakannya masih melenceng.

Juve akhirnya benar-benar menyamakan skor pada menit ke-70. Pogba mengirimkan umpan matang dari lini tengah yang dicocor Mandzukic ke dalam gawang City. City 1, Juve 1.

Berselang 11 menit, Juve berhasil membalikkan keadaan. Mereka berbalik memimpin 2-1 melalui gol Morata. Morata mengelabui Eliaquim Mangala sebelum melepaskan tembakan terukur dari luar kotak penalti yang tak bisa dijangkau Hart.

Skor nyaris berubah menjadi 2-2 pada menit ke-88. Namun, Buffon secara luar biasa mementahkan tembakan melengkung Yaya Toure.

Hingga peluit panjang berbunyi, Juve berhasil mempertahankan keunggulannya. Mereka membawa pulang poin penuh ke Turin.

Susunan Pemain
Manchester City: Hart; Sagna, Kompany (Otamendi 75'), Mangala, Kolarov, Toure, Fernandinho, Nasri (Aguero 83'), Silva, Sterling (De Bruyne 72'), Bony

Juventus: Juventus: Buffon; Lichtsteiner, Bonucci, Chiellini, Evra; Sturaro, Hernanes, Pogba; Cuadrado, Mandzukic (Dybala 78'), Morata (Barzagli 85')

Berita Terkait: