Inter Milan 1-0 AC Milan (14/9/2015)

Senin, 14 September 2015

Inter Milan keluar sebagai pemenang di edisi pertama Derby Della Madonnina musim 2015/2016. Gol tunggal Fredy Guarin memberi Nerazzurri keunggulan 1-0 saat menjamu AC Milan.

Di Giuseppe Meazza, Senin (14/9/2015) dinihari WIB, pertemuan Inter dan Milan berjalan seru sejak menit-menit awal. Pertandingan berjalan dalam tempo cepat dengan kedua tim bergantian membangun serangan.

Setelah menuntaskan 45 menit pertama tanpa gol, kebuntuan akhirnya pecah di pertengahan babak kedua. Tepatnya di menit 58 Guarin menjebol gawang Milan melalui tendangan dari luar kotak penalti.

Milan terus menekan Inter di sisa menit pertandingan, termasuk memainkan Mario Balotelli untuk menambah daya gedornya. Namun hingga peluit panjang dibunyikan wasit papan skor masih menunjuk angka 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Ini menjadi kemenangan ketiga Inter dari tiga laga yang sudah dijalani. Skuat besutan Roberto Mancini untuk sementara bertenger di puncak klasemen dengan poin sempurna sembilan.

Sementara untuk Milan ini merupakan kekalahan kedua yang mereka terima. Dengan poin tiga Rossoneri ada di posisi 12 klasemen.

Jalannya Pertandingan

Peluang emas bikin gol sudah dipunya Milan di menit kedua saat Carlos Bacca mendapat bola dari salah umpan yang dilakukan pemain belakang Inter. Bacca mengirim umpan pendek pada Luiz Adriano yang masuk ke kotak penalti, tembakan mendatar striker asal Brasil itu gagal jadi gol karena dihadang kiper Samir Handanovic.

Dua menit berselang gantian Inter menciptakan peluang saat tembakan dari luar kotak penalti yang dilepaskan Stevan Jovetic tipis menyamping dari gawang Diego Lopez.

Di menit enam Luiz Adriano berhasil mengejar umpan terobosan sampai ke kotak penalti. Dari sana dia melepaskan tembakan namun bola mengarah tinggi jauh dari sasaran.

10 menit kemudian skenario yang sama terulang, di mana kali ini umpan terobosan dilepaskan Mattia De Sciglio. Dari tengah kotak penalti, sepakan Luiz Adriano diblok Juan Jesus yang datang sambil menjatuhkan diri.

Dari tendangan bebas Jovetic, bola yang dikirim ke kotak penalti Milan berhasil disudul Guarin. Tapi karena bola tak sempurna mengenai bola arahnya jadi tak mengalami perubahan dan dengan mudah ditangkap Lopez.

Inter punya peluang besar menuntaskan babak pertama dalam posisi unggul saat Icardi lolos dari jebakan offside untuk menerima umpan dari Jovetic di dalam kotak penalti. Berhadapan satu lawan satu dengan kiper, sepakan topskorer Serie A musim lalu itu masih bisa dihadang Lopez.

Sebuah kesalahan yang dilakukan Lopez nyaris membuat gawang Milan jebol di awal babak kedua. Lopez salah mengirim umpan pada Jovetic yang berdiri tak jauh dari kotak penalti. Lopez beruntung barisan belakangnya bergerak cepat menutup ruang sehinggal gol urung terjadi.

Menit 54 tandukan Guarin mengarah ke gawang setelah terlebih dulu memantul di tanah. Tapi Lopez bergerak cepat menghalaunya dengen menepis bola ke luar lapangan.

Gol Guarin! Lewat serangan balik Inter membuka keunggulan. Guarin berlari menusuk menuju jantung pertahanan Milan. Dan dari muka kotak penalti gagal diselamatkan Lopez.

Tak lama setelah kebobolan, Milan melakukan pergantian pemain. Bacca ditarik keluar dan digantikan Balotelli. Pemain berjuluk Super Mario itu dapat sorakan dari tribun penonton.

Tapi Balotelli memberi banyak pengarauh selama berada di atas lapangan. Sentuhan pertamanya nyaris menjadi assist saat tendangan bebasnya melewati muka gawang tanpa bisa disambar Luiz Adriano.

Tiang gawang! Nyaris Balotelli mencetak gol penyama untuk Milan. Meliuk melewati hadangan pemain Inter, sepakan Balotelli dari luar kotak penalti membentur tiang gawang setelah tak sampai dijangkau Handanovic.

Balotelli! Kembali peluang bikin gol dikreasikan striker pinjaman dari Liverpool itu. Kali ini dia melepaskan tendangan bebas dari luar kotak penalti yang memaksa Handanovic berjibaku mengamankan gawangnya.

Milan terus memberi tekanan hebat ke pertahanan Inter di sisa pertandingan. Namun tidak ada gol balasan berhasil diciptakan, termasuk peluang terakhir yang dikreasikan Jack Bonaventura melalui tendangan jarak jauh yang melayang tingg.

Susunan Pemain

Inter Milan: Handanovic; Santon, Medel, Murillo, Juan Jesus (Telles 67); Guarin, Melo, Kondogbia; Perisic (Ranocchia 84), Icardi, Jovetic (Palacio 72)

AC Milan: Diego Lopez; Abate, Zapata, Romagnoli, De Sciglio; Kucka (Poli 72), Montolivo, Bonaventura; Honda (Cerci 81); Luiz Adriano, Bacca (Balotelli 61)

Berita Terkait: