Swansea City 2-1 Manchester United (30/8/2015)

Senin, 31 Agustus 2015

Swansea City sukses menundukkan Manchester United 2-1. Bagi 'Setan Merah', yang sempat unggul 1-0 lebih dulu, ini adalah kekalahan pertama mereka musim ini.

Pada pertandingan yang berlangsung di Liberty Stadium, Minggu (30/8), United unggul dalam penguasaan bola. Tim besutan Louis van Gaal itu memenangi ball possession hingga 63%.

Tetapi, penguasaan bola tidak mencerminkan permainan sesungguhnya di babak pertama. Kendati tidak banyak menguasai bola, Swansea beberapa kali mengancam gawang United yang dikawal oleh Sergio Romero.

Setidaknya ada dua peluang Swansea yang membahayakan gawang United. Salah satunya lewat sepakan Gylfi Sigurdsson di menit ke-25. Sial bagi gelandang asal Islandia itu, sepakannya dari dalam kotak penalti masih melenceng tipis.

Tendangan Bafetimbi Gomis di menit ke-27 juga belum membuahkan hasil buat Swansea. Usai mengecoh Daley Blind dan Chris Smalling, penyerang Swansea itu melepaskan sepakan terarah, tetapi sepakannya masih membentur tiang gawang.

Bagaimana dengan United? Penyelesaian akhir yang buruk juga membuat mereka tidak bisa mencetak gol. Wayne Rooney setidaknya punya dua kesempatan untuk mendobrak pertahanan Swansea. Pada kesempatan pertama, ia terlambat bereaksi sehingga bola direbut oleh Ashley Williams. Sementara, pada kesempatan kedua, usahanya untuk me-lob kiper Swansea, Lukasz Fabianski, gagal.

Juan Mata juga memiliki dua peluang bagus, tetapi dua kali pula dia gagal memaksimalkannya. Ander Herrera punya satu tendangan menjelang babak pertama selesai, tetapi tendangannya malah melenceng.

Statistik di akhir babak pertama menunjukkan, United punya 7 attempts, tapi hanya 2 yang tepat sasaran. Swansea punya 5 attempts, tetapi hanya 1 yang tepat sasaran.

Pada awal-awal babak kedua, tepatnya pada menit ke-48, United memimpin lebih dulu lewat gol yang diciptakan oleh Mata. Luke Shaw menjadi penyumbang assist-nya.

Umpan yang dilepaskan Shaw dari sisi kiri nyaris disambar oleh Rooney, namun kapten United itu gagal menyambarnya. Bola kemudian melaju ke tiang jauh dan disambar oleh Mata.
Namun, pada menit ke-61, Swansea bisa menyamakan kedudukan. Berawal dari operan Rooney yang direbut di lini depan, Swansea melakukan serangan balik.

Bola pun diberikan kepada Sigurdsson di sisi kanan. Dengan tenang, Sigurdsson melepaskan umpan silang dan disambut dengan sundulan oleh Ayew. 1-1.

Itu bukanlah gol pertama yang masuk ke gawang Sergio Romero pada laga ini. Pada menit ke-66, penjaga gawang asal Argentina itu kembali harus memungut bola dari jalanya.

Gomis, yang mendapatkan beberapa peluang di babak pertama, menerima umpan terobosan dari Ayew yang berada di sisi kiri. Setelah melewati Smalling, dia pun langsung melepaskan sepakan datar untuk menaklukkan Romero. 2-1.

Tertinggal 1-2, United terlihat buntu kehabisan ide. Mereka memasukkan Ashley Young dan Marouane Fellaini untuk mengandalkan umpan-umpan lambung. Namun, usaha itu tidak bisa membuahkan hasil.

Skor 2-1 untuk kemenangan Swansea pun bertahan sampai pertandingan selesai. Swansea jadi satu di antara tiga tim yang belum terkalahkan di Premier League musim ini. Dua tim lainnya adalah Manchester City dan Leicester City.

United turun ke posisi kelima klasemen sementara dengan koleksi nilai 7. Sementara, Swansea naik ke posisi keempat dengan koleksi nilai 8.

Susunan Pemain

Swansea City: Fabianski, Naughton, Fernandez, Williams, Taylor, Cork, Shelvey (Bartley 89), Routledge (Ki 58), Sigurdsson, Ayew, Gomis (Eder 81).

Manchester United: Romero, Darmian, Smalling, Blind, Shaw, Schneiderlin (Carrick 70), Schweinsteiger, Herrera, Mata (Young 70), Memphis, Rooney.

Berita Terkait: