Juventus Juara Piala Super Italia 2015/2016

Minggu, 09 Agustus 2015

Juventus berhasil menjadi juara ajang Piala Super Italia. Gol dari dua striker anyar, Mario Mandzukic dan Paulo Dybala, sukses mengantarkan Bianconeri menaklukkan Lazio dengan skor akhir 2-0.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Shanghai Stadium, Shanghai, China, Sabtu (8/8/2015) malam WIB, laga antara Juve melawan Lazio berjalan alot hingga menit 21.

Lazio yang lebih banyak menguasai bola gagal menciptakan peluang karena rapatnya pertahanan Juve. Tim 'Hitam Putih' yang tak banyak menguasai bola juga gagal membuat peluang.

Di menit 43, Lazio mendapatkan kans. Felipe Anderson mendapatkan umpan terobosan di dalam kotak penalti, tapi dia gagal menguasai bola karena dihadang oleh Leonardo Bonucci.

Soccerway mencatat bahwa kedua kesebelasan tak mencatatkan sepakan tepat ke gawang hingga turun minum. Juve yang ditinggal oleh gelandang-gelandang andalannya seperti Andrea Pirlo dan Arturo Vidal kalah duel penguasaan bola dengan barisan gelandang Lazio.

Lazio mencatatkan penguasaan bola sampai 61 persen di paruh pertama laga, sementara Juve cuma 39 persen. Stephan Lichtsteiner sempat mengancam gawang Lazio pada menit 27, tapi sepakan jarak jauhnya masih jauh di atas mistar gawang yang dikawal oleh Federico Marchetti.

Kingsley Coman memaksa Marchetti berjibaku pada menit 48. Sialnya, sepakannya dari luar kotak penalti itu masih melayang tipis di atas mistar gawang Lazio.

Lazio melakukan percobaan lewat Ogenyi Onazi pada menit 57. Dia melepaskan sepakan dari luar kotak penalti yang masih bisa ditangkap Gianluigi Buffon. Semenit berselang, Miroslav Klose juga melepaskan percobaan jarak jauh, tapi masih menyamping.

Juve akhirnya bisa mencetak gol pada menit 69. Gol itu berawal dari umpan silang terukur Stefano Sturaro dari sayap kanan. Mandzukic bisa menyambutnya dengan sundulan kepala, yang masuk ke gawang Marchetti.

Juve menggandakan keunggulan empat menit berselang. Dybala yang masuk menggantikan Koman pada menit 61, menjadi pencetak golnya.
Paul Pogba bisa mengirim umpan silang mendatar dari sisi kiri kotak penalti Lazio, Dybala menyambutnya dengan sepakan keras kaki kiri. Bola sepakan Dybala menghujam deras ke gawang yang dikawal oleh Marchetti.

Lazio mendapatkan peluang emas di menit 87. Sial, sepakan Antonio Candreva dari jarak dekat masih bisa diblok oleh barisan belakang Juve.

Di sisa pertandingan tak ada lagi gol tambahan, Juve pun memenangi Piala Super Italia.

Susunan Pemain:

Juventus: Buffon; Caceres, Bonucci, Barzagli; Lichtsteiner, Sturaro (Pereyra 89), Marchisio, Pogba, Evra; Mandzukic (Llorente 79), Coman (Dybala 61)

Lazio: Marchetti; Basta, De Vrij, Gentiletti, Radu; Onazi, Biglia, Cataldi (Kishna 75); Candreva, Klose (Djordjevic 61), Felipe Anderson

Berita Terkait: