Club Brugge 0-4 Manchester United (27/8/2015)

Kamis, 27 Agustus 2015

Wayne Rooney mencetak trigol untuk memuluskan jalan Manchester United ke fase grup Liga Champions, usai menundukkan Club Brugge 4-0 di partai leg kedua play-off Liga Champions. MU lolos dengan agregat telak 7-1 atas klub Belgia itu.

Dalam pertandingan di Jan Breydel Stadium, Kamis (27/8/2015) dinihari WIB, MU masih dengan formasi 4-2-3-1 yang mengusung Wayne Rooney sebagai ujung tombak kendatipun ia belum membuat satu gol pun musim ini.

Sedikit perubahan pada materi starting XI MU dilakukan Manajer Louis van Gaal dengan menurunkan Ander Herrera sedari menit awal untuk bahu-membahu dengan Michael Carrick di depan empat pemain bertahan. Keduanya menggeser Morgan Schneiderlin dan Bastian Schweinsteiger, yang jadi starter dalam pertandingan Premier League akhir pekan lalu, ke bangku cadangan.

Sementara di kubu Brugge, kapten Timmy Simons tidak bisa bermain karena cedera. Ban kapten pun berpindah ke lengan Victor Vazquez. Sedangkan Tom de Sutter, yang di leg pertama lalu cuma duduk di bangku cadangan, dimainkan sedari awal untuk menambah daya gedor tuan rumah yang memulai pertandingan leg kedua ini dengan kondisi tertinggal agregat 1-3 dari MU.

Rooney, yang sebelum ini sudah berpuasa gol untuk MU di laga kompetitif sebanyak 10 laga dengan gol terakhir ia buat 4 April lalu, kemudian jadi pahlawan kemenangan timnya berkat trigol yang ia buat. Herrera menyumbang satu gol lain untuk membantu MU kembali tampil di kompetisi antarklub Eropa setelah musim lalu absen sama sekali.

Serangan pertama datang dari tuan rumah di menit-menit awal. Di tiang jauh De Sutter menyambut bola dengan tembakan tapi MU menangkalnya lewat hadangan dari Luke Shaw dan bola pun kemudian dijauhkan dari kotak penalti.

Sebuah pelanggaran dari Ander Herrera di menit 13 bukan cuma membuatnya dapat kartu kuning. Brugge juga dapat tendangan bebas walaupun peluang untuk mengirim bola dari posisi cukup bagus itu terbuang karena si kulit bundar dilayangkan terlalu jauh dan keluar lapangan.

Gol pertama dalam laga akhirnya dibuat oleh MU ketika laga berjalan 20 menit. Berawal dari sodoran bola Daley Blind ke Memphis Depay di kiri, bola lalu digiring ke tengah sebelum Memphis melepaskan operan jitu ke arah Wayne Rooney. Dengan tenang kapten MU itu menuntaskan peluang sekaligus menyudahi puasa golnya. MU kini unggul agregat 4-1.

Penetrasi Memphis, yang dilakukan setelah memenangi duel dengan lawan, menghasilkan peluang lagi untuk MU di menit ke-36. Berhadapan dengan kiper, Memphis juga punya opsi mengoper ke Rooney yang tak terkawal di arah kanannya. Sedikit terlalu lama menguasai bola, usaha Memphis menembak langsung akhirnya dikandaskan kombinasi kiper Sinan Bolat dan bek Oscar Duarte yang sudah datang membantu.
Beberapa menit jelang turun minum Sergio Romero dipaksa melakukan penyelamatan setelah De Sutter yang lolos dari jebakan offside berhasil melepaskan tembakan ke arah gawang. Romero menepisnya ke atas dan kemudian mengamankan bola pada peluang kedua.

Brugge masih terus menekan. Di menit ke-44 sundulan Daley Blind yang bertujuan mengamankan bola di kotak penalti justru mengarah ke gawangnya sendiri. Dari tendangan penjuru yang mengikuti, bola mengarah ke area kosong di tiang jauh walaupun juga tak ada pemain Brugge yang bisa meneruskan.

Inisiatif serangan masih jadi milik tuan rumah. Kali ini Abdoulay Diaby mampu menggiring bola menuju jantung pertahanan MU setelah lolos dari jebakan offside. Romero lantas melakukan hadangan krusial seraya menjatuhkan diri dan bola akhirnya dapat disapu lini belakang MU setelah upaya rebound yang gagal dari Bolingoli Mbombo.

Empat menit memasuki babak kedua Rooney bikin gol lagi. Dari tengah Memphis mengirim bola ke Herrera di kanan yang kemudian memberikan umpan tarik ke Rooney di tengah. Rooney tak membuang peluang dalam momennya "buka puasa" gol kali ini.

Di menit ke-57 Rooney melengkapi trigolnya. Herrera, yang sejak awal paruh kedua didorong main lebih ke depan menyusul digantikannya Adnan Januzaj oleh Bastian Schweinsteiger, kembali ikut berperan setelah memberikan operan untuk Mata yang kemudian menyodorkan bola dengan jitu ke Rooney di dalam kotak penalti. MU sekaligus menambah keunggulan agregat jadi 6-1.

Tak lama berselang Rooney memiliki peluang menambah gol. Mampu mengejar bola hasil umpan terobosan, penyelesaian akhirnya kini cuma membuat si kulit bundar meluncur keluar.

Herrera kembali memperlihatkan kualitas di menit ke-63. Dari belakang Schweinsteiger memberikan umpan terobosan jitu ke depan, dengan Herrera berhasil mengejar bola untuk kemudian dengan tenang mengirim bola melewati hadangan kiper. Gol keempat MU di laga ini, membuat mereka sekarang unggul agregat 7-1.

Tuur Dierckx, yang beberapa menit sebelumnya baru masuk, menghadirkan gebrakan di menit ke-65. Usai sebuah kerja sama satu-dua ia melepaskan tendangan voli first time yang tak kuasa dihadang Romero walaupun bola akhirnya cuma menghantam mistar gawang MU.

Sepuluh menit jelang bubaran MU mendapatkan peluang emas untuk menambah gol setelah wasit menunjuk titik putih akibat adanya handball dari pemain lawan. Javier Hernandez maju jadi algojo tetapi sedikit terpeleset ketika menendang dan membuat bola meluncur keluar walaupun arahnya sudah berhasil mengelabui kiper.

Dalam keadaan tertinggal, Brugge harus kehilangan Dierckx yang dipapah keluar lapangan dan tampaknya akan sulit untuk bisa balik bermain lagi di sisa waktu sekitar tujuh menit. Brugge sendiri sudah melakukan tiga pergantian.

Hernandez memiliki peluang membayar kesalahannya dari titik penalti di menit injury time. Sebuah umpan silang jitu dari Ashley Young mengarah tepat ke depan gawang di mana Hernandez tinggal meneruskan bola dengan kiper sudah salah posisi. Tetapi sepakannya membuat si kulit bundar masih jauh melambung tinggi.

Susunan Pemain

Brugge: Bolat; De Fauw, Castelletto, Duarte, De Bock, Vormer, Claudemir, Bolingoli Mbombo (Cools 76'), Vazquez (Vanaken 62'), De Sutter, Diaby (Dierckx 62').

Man Utd: Romero; Darmian, Smalling, Blind, Shaw, Carrick, Herrera (Hernandez 64'), Mata (Young 62'), Januzaj (Schweinsteiger 46'), Memphis, Rooney.

Berita Terkait: