WBA 3-0 Chelsea (19/5/2015)

Selasa, 19 Mei 2015

Setelah memastikan gelar juara Premier League, Chelsea belum juga mendapat kemenangan. Dalam lawatannya ke markas West Bromwich, Chelsea kalah 0-3 yang turut diwarnai kartu merah Cesc Fabregas.

Pada pertandingan di The Hawthrons, Fabregas diusir dari permainan saat Chelsea sudah tertinggal 0-1 lewat gol cepat Saido Berahino. Keunggulan West Brom bertahan sampai turun minum.

The Baggies lantas menambah gol-golnya di babak kedua. Di awali dari gol penalti Berahino yang dilengkapi Chris Brunt.

Meski menang, West Brom tidak beranjak dari posisi ke-13 klasemen sementara dengan perolehan 44 poin dari 37 pertandingan. Sedangkan Chelsea mengumpulkan 84 poin.

Gawang Chelsea sudah bergetar saat pertandingan berjalan sembilan menit. Pertukaran bola Chris Brunt dan Joleon Lescott tiba di kaki Berahino yang diteruskan dengan tendangan lambung dari luar kotak penalti dan bersarang disudut kiri bawah gawang Chelsea. West Brom memimpin 1-0.

Respons Chelsea nyaris menghasilkan gol balasan di menit ke-25. Pergerakan Diego Costa ke sisi kiri kotak diakhiri dengan umpan silang mendatar yang diteruskan Eden Hazard dengan sepakan dari jarak dekat tapi diblok sehingga melambung ke atas mistar gawang.

Dalam usahanya mengejar ketinggalan, Chelsea malah kehilangan Cesc Fabregas. Fabregas diganjar kartu merah karena menendang bola dan mengenai kepala Brunt saat laga terhenti menyusul sebuah keributan yang melibatkan Diego Costa.

Bermain dengan 10 orang belum mengurangi agresivitas Chelsea. Tendangan bebas Filipe Luis menembus pagar hidup West Brom meski bisa ditepis kiper Boaz Myhill. Tidak lama kemudian, West Brom mengancam pertahanan Chelsea tapi tendangan mendatarnya dihalau Thibaut Courtois dengan kakinya.

Kurang dari setengah menit usai kickoff babak kedua, West Brom mendapat hadiah penalti setelah Berahino diganjal John Terry. Di menit ke-47, Berahino membawa tim tuan rumah unggul 2-0 setelah berhasil mengirim bola ke sudut kanan bawah gawang Chelsea.
10 menit berselang, ancaman Chelsea hadir lagi. Loic Remy melepaskan tembakan keras kaki kiri di dari luar kotak penalti dan menghantam tiang kanan gawang West Brom. Skor masih 2-0 untuk West Brom.

Buruknya pertahanan Chelsea membuahkan gol ketiga West Brom di menit ke-60. Di awali dari sepak pojok, Brunt melepaskan tendangan keras dari dalam kotak yang meluncur deras masuk ke gawang meski sempat ditepis Courtois.

Chelsea terus mencoba mencetak gol balasan. Di menit ke-73, sundulan Gary Cahill menyambut sepak pojok menemui Nemanja Matic yang berada di depan gawang. Tapi sepakan Matic dari jarak dekat bisa dihadang Myhill.


Susunan Pemain
WEST BROM: Myhill; Dawson, McAuley, Olsson, Lescott, Brunt; Fletcher, Yacob, Morrison (Baird 89'); McManaman (Gardner 54'); Berahino (Ideye 79')

CHELSEA: Courtois; Ivanovic, Cahill, Terry, Filipe Luis; Loftus-Cheek, Matic; Remy (Brown 79'), Fabregas, Hazard; Costa (Cuadrado 64')

Berita Terkait: