Juventus Juara Serie A Italia 2014/2015

Senin, 04 Mei 2015

Juventus memastikan gelar juara Liga Italia musim ini usai mengatasi Sampdoria dengan skor tipis 1-0. Arturo Vidal jadi pahlawan kemenangan Bianconeri dengan mencetak gol tunggal.

Bertandang ke Luigi Ferraris, Sabtu (2/5/2015) malam WIB, Juve cuma butuh hasil imbang untuk memastikan titel juara. Mereka memulai laga dengan beberapa kali mendapatkan ancaman, meski relatif masih unggul dalam penguasaan bola.

Hingga kemudian di menit ke-32, sebuah umpan silang dari Stephan Lichtsteiner dari sisi kanan disambut sundulan Vidal yang berdiri bebas di tiang jauh. Juve pun memimpin.

Sampdoria beberapa kali melancarkan tekanan, tapi gagal benar-benar mengancam gawang Gianluigi Buffon. Sementara Juve juga tak mampu memaksimalkan sejumlah peluang yang didapatkan. Skor 1-0 bertahan hingga laga usai.

Hasil ini memastikan 'Si Nyonya Besar' meraih Scudetto ke-31, atau yang keempat secara beruntun. Mereka saat ini mengoleksi nilai 79 dari 34 pekan, jumlah yang tak akan terkejar oleh Lazio di posisi dua yang baru mengumpulkan 62 poin dari 33 laga.

Semenit laga berjalan, Juve mendapatkan ancaman. Sepakan Roberto Soriano dari luar kotak penalti cuma sedikit di atas mistar gawang.

Sembilan menit kemudian, Pedro Obiang memberikan tekanan lain. Kali ini percobaannya melenceng tipis ke kanan gawang Gianluigi Buffon.

Sampdoria melanjutkan tekanannya. Pada menit ke-16, Samuel Eto'o dan Djamel Mesbah sama-sama mendapatkan peluang, tapi belum menemui sasaran karena melebar.

Juve merespons di menit ke-25. Tendangan kaki kiri Fernando Llorente dari dalam kotak penalti terlalu tinggi. Semenit kemudian upaya Arturo Vidal dari luar kotak penalti diamankan Emiliano Viviano.
Di menit ke-32, Juve meraih keunggulan. Stephan Lichtsteiner dari kanan melepaskan umpan silang lambung yang diteruskan dengan sundulan oleh Vidal yang tak terkawal di tiang jauh. Bola tak mampu dihentikan Viviano.

Berjarak tiga menit, Fernando Llorente menyambut sundulan Vidal di dalam kotak penalti. Tapi masih melambung.

Sampdoria sempat mencoba memberikan ancaman jelang babak pertama berakhir. Tapi sepakan Vasco Regini yang diikuti upaya dari Roberto Soriano tak menemui sasaran.

Di menit ke-52, Sampdoria menekan lewat peluang Lorenzo De Silvestri melalui sundulan yang masih melebar. Juve membalas tiga menit kemudian saat Claudio Marchisio melepaskan sepakan dari luar kotak penalti. Melenceng ke kiri gawang.

Sundulan Gonzalo Bergessio menyambut umpan silang Luis Muriel pada menit ke-65 berakhir di tangan Buffon.

Juve balas menebar bahaya lewat Carlos Tevez. Belum membuahkan gol kedua karena sepakan penyerang Argentina itu mampu diantisipasi Viviano.

Marchisio melepaskan tembakan dari luar kotak penalti di menit ke-69, yang masih bisa ditahan kiper. Dibalas oleh Sampdoria enam menit kemudian, saat Alfred Duncan melancarkan sepakan keras mendatar. Buffon sigap mengamankan di pojok kiri bawah gawang.

Sampdoria memberikan ancaman lain di menit ke-83. Namun upaya dari Soriano masih jauh dari sasaran. Semenit berselang, Leonardo Bonucci memberikan respons untuk timnya meski cuma melenceng.

Di masa injury time, Sampdoria sempat mendapatkan peluang apik lewat Luis Muriel. Tapi tendangannya dari sisi kanan di dalam kotak penalti masih tipis di samping kanan gawang. Laga usai dengan kemenangan 1-0 untuk Juve, yang sekaligus mengantarkan mereka ke gelar juara ke-31.

Susunan pemain:

Sampdoria: Viviano; De Silvestri, Silvestre, Romagnoli, Mesbah (Regini 36'); Rizzo (Bergessio 54'), Palombo, Obiang (Duncan 72'); Soriano; Eto'o, Muriel

Juventus: Buffon; Lichtsteiner, Barzagli, Bonucci, Padoin; Vidal, Marchisio, Sturaro; Pereyra (Chiellini 73'); Tevez (Morata 72'), Llorente (Coman 80')

Berita Terkait: