Inter Milan 1-2 Juventus (16/5/2015)

Senin, 18 Mei 2015

Juventus memenangi laga Derby d'Italia melawan Inter Milan. Meski tertinggal lebih dulu, Bianconeri akhirnya mengalahkan Nerazzurri dengan skor 2-1.

Pada pertandingan di Stadion Giuseppe Meazza, Sabtu (16/5/2015), kedua tim tak tampil dengan kekuatan terbaiknya. Inter kehilangan Hernanes yang terkena skorsing serta Fredy Guarin yang cedera.

Sementara itu, Juve yang sudah mengunci gelar juara menyimpan pemain-pemain intinya seperti Carlos Tevez, Gianluigi Buffon, Arturo Vidal, Andrea Pirlo, dan Giorgio Chiellini. Selain karena baru saja bermain habis-habisan di Liga Champions, mereka juga memikirkan final Coppa Italia melawan Lazio pada tengah pekan depan.

Inter tampil dominan sepanjang laga dengan penguasaan bola mencapai 66%. Mereka melepaskan 20 tembakan dan tujuh di antaranya mengarah ke gawang. Adapun Juve membuat 14 percobaan mencetak gol dan empat yang tepat sasaran.

Inter unggul lebih dulu melalui gol Mauro Icardi pada menit-menit awal. Tapi, sebelum berakhirnya babak pertama, Juve mencetak gol penyama lewat penalti Claudio Marchisio.

Gol penentu kemenangan Juve dicetak oleh Alvaro Morata. Morata menjebol gawang Inter pada menit-menit akhir untuk memastikan timnya pulang dengan poin penuh.

Dengan hasil ini, Juve tetap di posisi teratas klasemen Serie A dengan koleksi 83 poin dari 36 laga. Inter tak beranjak dari urutan kedelapan dengan 52 poin

Icardi mengancam gawang Juve pada menit kedua. Tapi, tembakan Icardi dari luar kotak penalti bisa ditepis oleh kiper Juve, Marco Storari.

Juve meresponsnya dengan serbuan yang dimotori oleh Morata. Morata bisa menggiring bola hingga kotak penalti Inter, tapi penyelesaiannya cuma menerpa sisi luar jala gawang.

Inter memimpin 1-0 saat laga memasuki menit kesembilan lewat gol Icardi. Marcelo Brozovic yang berdiri di luar kotak penalti melepaskan tembakan keras dan Icardi membelokkan arah bola dengan dadanya. Bola masuk gawang tanpa bisa dijangkau Storari.

Setelah tertinggal, Juve mencoba untuk meningkatkan intensitas serangan mereka. Tim tamu mendapatkan kesempatan pada menit ke-22, tapi tembakan kaki kiri Morata masih bisa dimentahkan Samir Handanovic.

Lima menit kemudian, Juve mendapatkan kesempatan lainnya. Namun, tembakan Stefano Sturaro dari luar kotak penalti juga digagalkan Handanovic.

Inter nyaris menggandakan keunggulannya pada menit ke-39. Namun, sepakan keras Xherdan Shaqiri cuma membentur tiang gawang. Bola rebound disambar Brozovic dan menjebol gawang Juve, tapi Brozovic lebih dulu terjebak offside.

Juve melakukan serangan balik cepat ketika Alessandro Matri menang adu sprint melawan Nemanja Vidic. Ketika memasuki kotak penalti, Matri terjatuh setelah ditekel Vidic. Wasit pun langsung menunjuk titik putih. Penalti untuk Juve.

Penalti pada menit ke-42 itu dituntaskan dengan sempurna oleh Marchisio. Tembakan Marchisio ke arah kiri membuat Handanovic terkecoh. Skor pun berubah menjadi 1-1.

Pada menit pertama di babak kedua, Morata menyia-nyiakan dua peluang emas secara berturut-turut. Yang pertama saat tembakannya dari dalam kotak penalti melenceng, sedangkan yang kedua ketika dia tak terkawal dan sundulannya dari jarak dekat melebar.

Shaqiri menjajal peruntungannya pada menit ke-65. Dia melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, tapi arahnya masih melebar.

Berselang empat menit, usaha Icardi juga tak membuahkan hasil. Tendangan menyusur tanah yang dia lepaskan dengan mudah diamankan oleh Storari.

Danilo D'Ambrosio melakukan aksi akrobatik untuk menyambut umpan lambung dari Mateo Kovacic. Usaha D'Ambrosio nyaris berbuah gol, tapi masih sedikit melenceng.

Juve berbalik unggul 2-1 saat waktu normal tinggal tersisa tujuh menit. Tembakan Morata dari luar kotak penalti sebenarnya terlihat akan ditangkap dengan mudah oleh Handanovic. Tapi, di luar dugaan Handanovic tak bisa menghentikan laju si kulit bundar, yang memantul melewati badannya dan masuk gawang.

Storari melakukan penyelamatan ganda untuk mencegah Inter mencetak gol penyama beberapa saat kemudian. Dia mementahkan tembakan Rodrigo Palacio dengan satu tangan, kemudian terbang untuk menepis sepakan Icardi yang memanfaatkan bola rebound.

Morata punya kans bikin gol lagi pada menit ke-87. Tapi, sundulannya meneruskan tendangan bebas Marchisio masih menyamping.

Di sisa waktu, tak ada lagi gol yang tercipta. Juve menang 2-1 di markas Inter.

Susunan Pemain
Inter: Handanovic; D'Ambrosio, Ranocchia (Gnoukouri 89'), Vidic, Jesus; Brozovic (Podolski 82'), Medel, Kovacic; Shaqiri (Nagatomo 71'); Palacio, Icardi

Juventus: Storari; Lichtsteiner (Ogbonna 56'), Barzagli, Bonucci, Padoin; Romulo, Marchisio, Sturaro; Pereyra (Pogba 78'); Matri (Llorente 66'), Morata

Berita Terkait: