Bayern Munich 3-2 Barcelona (13/5/2015)

Rabu, 13 Mei 2015

Barcelona melaju ke babak final Liga Champions musim ini. Blaugrana berhak mendapatkan tempat di partai puncak meski kalah 2-3 dari Bayern Munich di leg kedua semifinal.

Pada pertandingan di Allianz Arena, Rabu (13/5/2015) dinihari WIB, Bayern unggul lebih dulu melalui gol cepat Medhi Benatia. Akan tetapi, Barca tak butuh waktu lama untuk mencetak gol balasan lewat kaki Neymar.

Neymar kemudian kembali menggetarkan gawang Bayern untuk membawa Barca berbalik unggul 2-1. Skor ini bertahan hingga selesainya babak pertama.

Pada babak kedua, Bayern yang sudah tertinggal jauh secara agregat tak menyerah begitu saja. Kerja keras mereka membuahkan dua gol lewat Robert Lewandowski dan Thomas Mueller. Tim tuan rumah pun keluar sebagai pemenang dengan skor 3-2.

Tapi, kemenangan di Allianz Arena tak cukup untuk meloloskan Bayern ke final. Barca, yang menang 3-0 di leg pertama, tetap lolos dengan skor agregat 5-3.

Barca mengancam gawang Bayern pada menit kelima. Umpan matang Dani Alves membuat Ivan Rakitic langsung berhadapan dengan Manuel Neuer di kotak penalti. Tapi, penyelesaian Rakitic bisa dimentahkan Neuer.

Seisi stadion bergemuruh ketika Bayern mencetak gol pada menit ketujuh. Tim tuan rumah memimpin 1-0 atas Barca lewat Benatia, yang menyundul bola hasil sepak pojok Xabi Alonso.

Tapi, Barca tak butuh waktu lama untuk menyamakan kedudukan. Pada menit ke-15, mereka menjebol gawang Bayern melalui sontekan Neymar. Gol Neymar ini tercipta melalui kombinasi cantik dengan Lionel Messi dan Luis Suarez.

Berawal dari umpan terobosan yang dilepaskan Messi, Suarez lolos dari jebakan offside dan langsung berhadapan dengan Neuer. Tapi, Suarez tak egois dan memilih untuk mengoper kepada Neymar yang tak terkawal. Neymar pun dengan mudah mencocor bola ke dalam gawang. Skor pun jadi 1-1.

Bayern nyaris unggul lagi saat laga memasuki menit ke-19. Sundulan Mueller meneruskan umpan silang Philipp Lahm mengarah ke pojok atas gawang, tapi kiper Marc-Andre Ter Stegen membuat penyelamatan gemilang.

Pada menit ke-27, Lewandowski punya peluang bagus. Tapi, tembakannya dari dalam kotak penalti bisa diamankan Ter Stegen.

Beberapa saat kemudian, gantian Barca yang punya kans lewat Messi. Namun, sepakan Messi bisa dihentikan oleh Neuer.

Sebuah serangan Bayern kembali menghasilkan peluang untuk Mueller. Namun, lagi-lagi Ter Stegen bisa menggagalkan usahanya.

Barca berbalik memimpin pada menit ke-29 melalui gol kedua Neymar. Dalam sebuah serangan balik cepat, Suarez menggiring bola ke kotak penalti Bayern dan kemudian mengirim umpan silang ke Neymar. Neymar sekali mengontrol bola sebelum melepaskan tembakan mematikan ke tiang dekat. Bayern 1, Barca 2.

Ter Stegen membuat penyelamatan gemilang lagi pada menit ke-38. Dia terbang untuk menepis sundulan Bastian Schweinsteiger.

Dua menit kemudian, Ter Stegen kembali diuji. Dia harus menghadapi tembakan Lewandowski dari dalam kotak penalti. Meski bola sempat terus melaju ke arah gawang, Ter Stegen bisa mengejar dan membuang si kulit bundar sebelum melewati garis gawang.

Peluang terakhir di babak pertama jadi milik Bayern. Benatia menyundul bola hasil tendangan bebas Alonso, tapi arahnya melenceng. Hingga turun minum, Barca masih unggul 2-1.

Dengan demikian, Barca masih unggul agregat 5-1 karena mereka menang 3-0 di leg pertama.

Tempo permainan jauh menurun pada awal babak kedua. Bayern masih mendominasi penguasaan bola, tapi jarang menciptakan peluang. Sementara itu, Barca tampaknya sudah cukup nyaman dengan keunggulan agregat yang mereka miliki.

Bayern bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-59 lewat gol cantik Lewandowski. Usai menerima umpan dari Schweinsteiger, penyerang asal Polandia itu melakukan gerak tipu untuk mengelabui Javier Mascherano. Lewandowski mengakhiri aksinya lewat sebuah tembakan terukur yang tak bisa diantisipasi Ter Stegen. Skor kini berubah menjadi 2-2, tapi Barca masih unggul agregat 5-2.

Beberapa saat kemudian, Mueller berpeluang membawa Bayern unggul. Tapi, sepakannya dari dalam kotak penalti masih melebar.

Mueller akhirnya benar-benar mencetak gol saat pertandingan memasuki menit ke-73. Menerima umpan pendek dari Schweisteiger, dia melepaskan tembakan keras dari depan kotak penalti yang merobek gawang Barca. Bayern unggul 3-2, tapi masih tertinggal 3-5 secara agregat.

Di sisa waktu, Bayern menggempur Barca habis-habisan. Mereka mendapatkan sejumlah peluang, tapi tak satu pun yang berujung gol tambahan.

Susunan Pemain
Bayern Munich: Neuer; Rafinha, Boateng, Benatia, Bernat; Lahm (Rode 68'), Alonso; Mueller (Goetze 87'), Schweinsteiger (Martinez 87'), Thiago; Lewandowski

Barcelona: Ter Stegen; Alves, Pique, Mascherano, Alba; Busquets, Iniesta (Xavi 75'), Rakitic (Mathieu 71'); Messi, Suarez (Pedro 46'), Neymar

Berita Terkait: