Chelsea 1-0 Manchester United (18/4/2015)

Minggu, 19 April 2015

Chelsea keluar sebagai pemenang pada big match melawan Manchester United. Meski lebih banyak bertahan, The Blues sanggup mengalahkan The Red Devils dengan skor tipis 1-0.

Menjamu MU di Stamford Bridge, Sabtu (18/4/2015), Chelsea justru lebih banyak ditekan. Mereka kalah penguasaan bola 30-70% dari MU. Jumlah peluang yang mereka ciptakan juga lebih sedikit.

Chelsea cuma melepaskan tujuh tembakan sepanjang laga dan dua di antaranya mengarah ke gawang. Sementara itu, MU membuat 15 percobaan mencetak gol meski cuma dua yang tepat sasaran.

Satu-satunya gol pada pertandingan ini dicetak Eden Hazard di babak pertama. Gol tersebut cukup untuk memberi Chelsea tambahan tiga poin.

Kemenangan ini makin mendekatkan Chelsea ke gelar Liga Primer Inggris musim ini. Mereka kini kokoh di puncak klasemen dengan 76 poin dari 32 laga, unggul sepuluh poin atas Arsenal yang menempati posisi kedua. Adapun MU berada di posisi ketiga dengan 65 poin dari 33 partai.

MU nyaris unggul saat pertandingan baru berjalan empat menit. Umpan terobosan dari Ashley Young membuat Luke Shaw bisa menusuk lewat sisi kiri. Shaw kemudian melepas umpan tarik kepada Wayne Rooney yang berdiri bebas di kotak penalti Chelsea. Namun, penyelesaian Rooney masih melenceng.

MU yang lebih banyak menguasai bola kembali mengancam pada menit ke-13. Paddy McNair ikut naik membantu serangan dan melepaskan tembakan jarak jauh. Namun, usaha McNair masih melebar.

Chelsea, yang sebenarnya lebih banyak bertahan, justru berhasil membobol gawang MU pada menit ke-38. Hazard yang menerima umpan tumit dari Oscar melakukan penetrasi ke kotak penalti MU dan dengan tenang mengarahkan bola di antara dua kaki David de Gea. Tim tuan rumah memimpin 1-0 dan skor tak berubah hingga jeda.

Dominasi MU dalam hal penguasaan bola berlanjut pada babak kedua. Tapi, mereka jarang memasuki kotak penalti karena rapatnya benteng pertahanan tim tuan rumah.

Kesalahan Ander Herrera dalam mengoper pada menit ke-54 nyaris berakibat fatal untuk MU. Chelsea yang melancarkan serangan balik cepat lewat Didier Drogba hampir saja bikin gol lagi. Beruntung buat MU, penyelesaian Drogba tak maksimal, sedangkan sontekan Hazard mengenai mistar.

MU yang kesulitan untuk menembus pertahanan Chelsea mencoba tembakan jauh untuk mencetak gol. McNair melakukan hal tersebut pada menit ke-61, tapi tembakannya bisa dibendung kiper Chelsea, Thibaut Courtois.

Berselang enam menit, giliran Radamel Falcao yang menembak dari luar kotak penalti. Tapi, tembakan Falcao masih melebar. Rooney juga melakukannya beberapa saat kemudian, namun Courtois dengan mudah menangkap bola tembakan Rooney.

Falcao tak mampu memaksimalkan kesempatan yang diperolehnya pada menit ke-77. Dia lolos ke kotak penalti Chelsea dan melepaskan tembakan kaki kiri, namun bola tembakannya cuma menghantam tiang gawang.

Di injury time, MU mengajukan klaim penalti setelah Ander Herrera dijatuhkan Gary Cahill. Namun, wasit Mike Dean tak mengabulkan permintaan tersebut.

Susunan Pemain
Chelsea: Courtois; Ivanovic, Cahill, Terry, Azpilicueta; Zouma, Matic; Oscar (Ramires 67'), Fabregas (Mikel 90+2'), Hazard (Willian 90+3'); Drogba

Manchester United: De Gea; Valencia, Smalling, McNair, Shaw (Blackett 80'); Mata (Januzaj 70'), Herrera, Rooney, Fellaini, Young (Di Maria 70'); Falcao

Berita Terkait: