Arsenal 4-1 Liverpool (4/4/2015)

Senin, 06 April 2015

Arsenal menang 4-1 ketika menjamu Liverpool, dengan tiga gol tuan rumah lahir di babak pertama. Hasil itu membuat 'Gudang Peluru' untuk sementara menempati peringkat dua klasemen Premier League.

Gol pertama di Emirates, Sabtu (4/4/2015) malam WIB, baru lahir di menit ke-37 melalui Hector Bellerin untuk membuat tuan rumah memimpin 1-0.

Gol tersebut langsung disusul lagi dengan gol berikutnya dari Mesut Oezil dan kemudian Alexis Sanchez sebelum turun minum. Dalam periode delapan menit, The Gunners pun memimpin 3-0 atas The Reds.

Di babak kedua Liverpool sempat memperkecil ketinggalan melalui gol Jordan Henderson dari titik putih. Tetapi di injury time Arsenal menjaga selisih tiga gol lewat gol dari Olivier Giroud.

Dengan hasil tersebut Arsenal kini mengoleksi 63 poin dari 31 pertandingan dan berhak duduk di posisi dua menggeser Manchester City yang punya 61 poin dari 30 laga--City baru akan memainkan pertandingan pekan 32 pada hari Selasa (7/4) dinihari WIB.

Sementara itu kekalahan membuat Liverpool terpaku di peringkat lima klasemen sementara dengan 54 poin dari 31 pertandingan. Posisi itu rawan mengingat Southampton dan Tottenham Hotspur berada tepat di bawahnya dengan 53 poin dari 30 laga.

Selepas kickoff Arsenal langsung coba menekan lewat Alexis Sanchez. Ia melepaskan tembakan dari luar area penalti dan arahnya belum tepat ke bidang sasaran.

Berawal dari sebuah kesalahan oper Lucas di lini bertahan Liverpool, bola pada akhirnya dikuasai Santi Cazorla yang melepaskan tembakan keras ke arah gawang. Tetapi si kulit bundar masih bisa diredam Simon Mignolet sembari menjatuhkan diri.

Di menit ke-5 Mignolet kembali dipaksa melakukan penyelamatan dari sepakan Aaron Ramsey. Bola masih belum aman sepenuhnya, memaksa Kolo Toure kemudian untuk melakukan sapuan dari usaha Cazorla mengejar bola.
Tekanan dilancarkan Liverpool di menit ke-17, dengan bola dikuasai Raheem Sterling di sisi kanan dari arah gawang Arsenal. Namun, kiriman bolanya ke tiang jauh belum membuahkan apa-apa. Semenit kemudian sepakan Sterling masih membentur pagar barisan pemain lawan.

Setelah itu Liverpool mendapat peluang emas. Lazar Markovic menguasai bola umpan terobosan dan tak ada lagi lawan di depannya selain David Ospina. Ia lantas memutuskan untuk mengoper ke Sterling di sisi kirinya, yang lantas tak kuasa menjangkau bola.

Momentum sepertinya masih jadi milik tim tamu. Di menit ke-25 Sterling menguasai bola umpan terobosan, menjauhi bek Arsenal yang mengawalnya, lalu melepaskan tembakan walaupun arahnya masih melebar dari sasaran.

Skor akhirnya berubah di menit ke-37. Hector Bellerin menerima bola, menggiringnya ke tengah kotak penalti Liverpool, dan kemudian melepaskan tembakan akurat setelah mendapat celah dari pengawalan Alberto Moreno.

Arsenal lalu menggandakan keunggulan lewat Mesut Oezil di menit ke-40. Dari situasi bola mati, tendangan bebas Oezil ke pojok gawang tak kuasa dijangkau oleh Mignolet.

Menjelang turun minum, Alexis Sanchez yang ada di ujung permainan operan Arsenal menyelesaikan peluang dengan apik. Dari luar kotak penalti ia melepaskan tembakan keras ke dalam gawang Liverpool untuk mengubah skor jadi 3-0.

Lima menit memasuki babak kedua Olivier Giroud menyambut bola liar di kotak penalti dengan sepakan keras yang mengarah tepat ke Mignolet. Tak lama kemudian sundulan Giroud mengarah tajam ke gawang Liverpool walaupun masih bisa ditepis oleh Mignolet.

Liverpool membalas lewat sebuah tembakan Emre Can yang mengarah ke sudut sempit gawang Arsenal sebelum diblok oleh Ospina untuk menghasilkan sepak pojok saja--yang setelah itu juga tak membuahkan hasil maksimal.

Di menit ke-76 Sterling dilanggar Bellerin di kotak terlarang dan wasit pun menunjuk titik putih. Jordan Henderson maju jadi algojo dan mengirim bola ke dalam gawang Arsenal walaupun Ospina sempat menyentuh si kulit bundar.

Liverpool mesti bermain dengan 10 orang sejak menit ke-84 setelah Emre Can menerima kartu kuning kedua akibat pelanggaran terhadap Danny Welbeck.
Lewat sebuah permainan operan di depan gawang Liverpool, Cazorla menjadi penuntas serangan. Tetapi bola hasil sepakannya di menit ke-89 tersebut masih sedikit melenceng dari target.

Di injury time Giroud memantapkan kemenangan Arsenal lewat tembakan kerasnya dari luar kotak penalti yang tidak kuasa dihalau oleh Mignolet. Arsenal empat, Liverpool satu.

Susunan Pemain

Arsenal: Ospina; Bellerin, Mertesacker, Koscielny (Gabriel Paulista 49'), Monreal, Coquelin, Cazorla, Ramsey (Flamini 61'), Oezil (Welbeck 73'), Alexis, Giroud

Liverpool: Mignolet; Can, Toure, Sakho, Allen, Lucas, Moreno, Henderson, Coutinho, Markovic (Sturridge 46'), Sterling.

Berita Terkait: