Arsenal 1-3 AS Monaco (26/2/2015)

Kamis, 26 Februari 2015

Hasil mengejutkan didapat Arsenal saat menjamu AS Monaco di leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Setelah 90 menit laga tuntas, The Gunners dipecundangi dengan skor 1-3 di Emirates Stadium.

Pada laga yang dihelat, Kamis (26/2/2015) dinihari WIB, Arsenal memang tampil dominan dengan 57 persen ball possesion dan total 14 tembakan dengan empat on goal.

Namun Monaco yang punya 10 shots tampil efektif karena berhasil bikin tiga gol dari total tujuh tembakan tepat sasaran. Geoffrey Kondogbia bikin gol di babak pertama, lalu ditambah Dimitar Berbatov dan Yannick Ferreira-Carrasco di babak kedua. Gol hiburan Arsenal dibuat Alex-Oxlade Chamberlain.

Dengan hasil ini Arsenal punya tugas berat 18 Maret mendatang di Stade de Louis II karena harus menang dengan selisih minimal tiga gol untuk lolos ke perempatfinal.

Arsenal langsung menggebrak sejak pertandingan dimulai dan mendapatkan peluang pertama di menit ke-2 ketika bola daerah Francis Cocquelin mencapai Danny Welbeck di kotak penalti. Sayang Welbeck gagal menjaga akurasi tembakannya, karena bola melayang di atas mistar.

Monaco sementara itu sulit menembus pertahanan Arsenal dengan hanya mengandalkan Dimitar Berbatov sebagai striker tunggal di depan. Berkali-kali Berbatov tak mampu melewati hadangan Laurent Koscielny dan Per Mertesacker.

Di menit ke-23 korner Alexis Sanchez disambut tandukan Olivier Giroud tapi masih melebar dari sasaran.

Hingga memasuki menit ke-30, laga berjalan dengan tempo sedang-sedang saja. Terbukti hanya tiga tembakan yang dibuat oleh kedua tim.

Di menit ke-31 Alexis Sanchez menggiring bola melewati beberapa pemain sebelum mengumpan kepada Mesut Oezil. Bola dikembalikan lagi ke Sanchez yang melepaskan sepakan kaki kiri tapi bola masih melayang di atas mistar.

Tak banyak mengancam gawang Arsenal, Monaco justru mengejutkan dengan berhasil unggul lebih dulu di menit ke-38. Kondogbia yang punya ruang tembak di jarak 25 yard dari kotak penalti melepaskan sepakan keras, namun bola sebenarnya tak mengarah ke gawang.

Namun si kulit bundar mengenai badan Mertesacker dan berubah arah sehingga David Ospina hanya terpaku melihat gawangnya kebobolan.

Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Babak kedua dimulai Arsenal langsung ambil inisiatif serangan namun peluang di menit pertama babak ini gagal berbuah gol, setelah tembakan Olivier Giroud meneruskan crossing Sanchez masih tak menemui sasaran.

Begitu pun dengan tandukan Giroud di menit ke-48 yang juga masih melayang di atas gawang Daniele Subasic.

Monaco lewat serangan balik kembali membuat gawang Arsenal bergetar, kali ini Berbatov yang mencatatkan namanya di papan angka sekaligus membuat skor menjadi 2-0 di menit ke-53.

Berawal dari kesalahan Mertesacker dalam menguasai bola, Anthony Martial merebutnya dan berlari hingga mendekati kotak penalti. Bola kemudian disodorkan kepada Berbatov yang meski dikawal tiga pemain lawan, masih mampu melesakkan bola ke gawang Ospina.

Giroud lagi-lagi buang peluang bikin gol untuk Arsenal. Kali ini di menit ke-57 ketika tembakannya dari jarak dekat memaksimalkan rebound Sanchez, malah membuat bola melayang di atas mistar.

Di menit ke-61 gawang Arsenal nyaris bobol setelah kerjasama Nabil Dirar, Joao Moutinho, dan Martial berhasil memecah pertahanan tuan rumah. Sayang Ospina mampu menghadang tembakan Martial dari jarak dekat.

Theo Walcott yang masuk menggantikan Giroud hampir menjebol jala Monaco ketika mampu menggapai umpan terobosan Sanchez. Namun sepakan dari jarak dekat masih bisa diblok Subasic, dan bola rebound yang disambar Welbeck malah mengenai badan Walcott.

Arsenal memperkecil skor jadi 1-2 di menit ke-90 lewat tembakan melengkung Chamberlain dari luar kotak penalti yang tak bisa ditepis Subasic.

Skor akhir jadi 3-1 untuk kemenangan Monaco setelah Carrasco yang melakukan solo run ke kotak penalti berhasil melepaskan tembakan menyilang ke tiang jauh gawang Ospina.

Susunan Pemain

Arsenal: Ospina; Bellerin, Mertesacker, Koscielny, Gibbs; Coquelin (Chamberlain 64'), Cazorla (Rosicky 80'); Sanchez, Oezil, Welbeck; Giroud (Walcott 60').

AS Monaco: Subasic; Toure, Wallace, Abdennour, Elderson; Dirar (Kurzawa 81'), Kondogbia, Fabinho, Moutinho, Martial (Silva 84'); Berbatov (Carrasco 75').

Berita Terkait: