Real Sociedad 1-0 Barcelona (5/1/2015)

Senin, 05 Januari 2015

Barcelona menelan kekalahan pada pertandingan pertamanya di tahun 2015. Bertandang ke markas Real Sociedad, Blaugrana takluk dengan skor 0-1. Satu-satunya gol Sociedad berasal dari gol bunuh diri Jordi Alba.

Dijamu Sociedad di Estadio Anoeta, Senin (5/1/2015) dinihari WIB, Barca tak memasang Lionel Messi dan Neymar sebagai starter. Dua pemain itu baru masuk lapangan pada babak kedua. Pada babak pertama, mereka mengandalkan trio Luis Suarez, Munir, dan Pedro Rodriguez di lini depan.

Pada laga ini, Barca tampil amat dominan dengan penguasaan bola mencapai 73 persen. Mereka juga menciptakan 17 percobaan mencetak gol meski cuma empat yang tepat sasaran. Sementara itu, Sociedad cuma melepaskan 6 tembakan dan satu yang mengarah ke gawang.

Satu-satunya gol pada laga ini tercipta pada menit kedua. Sebuah gol bunuh diri Alba memberi tiga angka untuk Sociedad sekaligus memaksa Barca pulang dengan tangan hampa.

Dengan kekalahan ini, Barca menyia-nyiakan peluang emas untuk menggusur Real Madrid dari puncak klasemen sementara La Liga. Mereka pun terpaku di posisi kedua dengan 38 poin dari 17 partai, terpaut satu poin dari Madrid. Padahal, Madrid memainkan satu laga lebih sedikit. Sociedad di urutan ke-13 dengan 18 poin.

Sociedad langsung unggul pada menit kedua setelah Alba membuat gol bunuh diri. Bermaksud memotong umpan silang Sergio Canales, Alba malah menyundul si kulit bundar ke gawang sendiri.

Barca yang kesulitan menembus pertahanan Sociedad baru punya kans bagus pada menit ke-21. Itu pun lewat bola mati. Namun, tendangan bebas Xavi Hernandez masih sedikit melambung di atas mistar.

Empat menit kemudian, Barca kembali mendapatkan peluang, kali ini lewat serangan balik. Tapi, kerja sama Suarez dan Pedro belum menghasilkan gol karena penyelesaian Pedro melambung.

Pada menit ke-28, usaha Suarez juga tak menghasilkan gol. Dia menembak setelah mendapatkan umpan sundulan dari Jeremy Mathieu, tapi bola hanya menerpa sisi luar jala gawang.

Canales nyaris membobol gawang Barca pada menit ke-36. Usai menipu Martin Montoya, dia melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti. Namun, percobaannya dimentahkan oleh kiper Barca, Claudio Bravo.

Peluang terakhir Barca pada babak pertama didapat Pedro. Tapi, tembakan Pedro dari luar kotak penalti digagalkan oleh kiper Geronimo Rulli dengan kakinya.

Demi mencetak gol penyama, Barca menarik keluar Munir dan memasukkan Messi pada awal babak kedua. Tim tamu pun mulai menggempur Sociedad.

Tembakang melengkung Suarez pada menit ke-48 bisa diantisipasi oleh Rulli. Adapun tembakan jarak jauh Andres Iniesta 11 menit kemudian masih sedikit melambung.

Memasuki menit ke-61, Sociedad punya kans untuk menggandakan keunggulan. Namun, sundulan Xabi Prieto meneruskan umpan silang Alberto De la Bella melayang di atas mistar.

Messi memiliki peluang untuk mencetak gol lewat tendangan bebas empat menit kemudian. Akan tetapi, tembakannya masih melambung. Tak berselang lama, sepakan Xavi bisa diantisipasi oleh Rulli.

Pada menit-menit akhir, umpan terobosan Xavi membuat Suarez langsung berhadapan dengan Rulli. Tapi, Rulli menunjukkan reaksi yang baik dengan menghentikan usaha Suarez.

Di sisa waktu, Barca terus menggempur pertahanan Sociedad. Tapi, mereka tak mampu mencetak gol hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Susunan Pemain
Real Sociedad: Rulli; C. Martinez, Ansotegi, I. Martinez, De La Bella; Markel, Granero; Xabi Prieto, Canales (Yuri 90+3'), Castro (Finnbogason 66'); Vela (Pardo 90')

Barcelona: Bravo; Montoya, Mascherano, Mathieu (Alves 70'), Alba; Xavi, Busquets, Iniesta; Munir (Messi 46'), Suarez, Pedro (Neymar 58').

Berita Terkait: