Manchester United 0-1 Southampton (12/1/2015)

Selasa, 13 Januari 2015

Di Old Trafford, Senin (12/1/2015) dinihari WIB, MU tampil kurang menggigit sepanjang 90 menit. Meski dominan dalam penguasaan bola (61-39), mereka sama sekali gagal menciptakan tembakan ke arah gawang.

Southampton pun sebenarnya cuma punya satu tembakan on target. Namun itu berhasil dituntaskan menjadi gol oleh Dusan Tadic di menit 69. Gol tersebut menjadi satu-satunya yang tercipta di pertandingan ini.

Kekalahan ini menjadi yang pertama diderita MU di kandang sendiri atas Soton sejak era Premier League, hasil yang juga membuat MU turun dari posisi tiga ke urutan empat dengan poin dikumpulkan berjumlah 37. Mereka digusur Southampton, yang berhak atas posisi tiga dengan 39 poin dipunya.

Southampton punya peluang lebih dulu. Di menit pertama sepakan Clyne ke tiang jauh yang dia lepaskan dari dalam kotak penalti masih sedikit melebar.

MU baru mengreasikan kesempatan pertamanya di menit 20 saat tendangan mendatar Angel di Maria dari luar kotak penalti usai melakukan kerjasama satu-dua dengan Robin van Persie masih gagal menemui sasaran.

Di menit 37 Di Maria gantian mengreasikan peluang. Mendapat umpan panjang dari Van Persie di dalam kotak penalti, winger asal Argentina itu mencoba mengirim bola ke Juat Mata di muka gawang. Namun si kulit bundar lebih dekat ke kiper Fraser Forster.

Peluang terbaik 'Setan Merah' datang di menit 40 saat Wayne Rooney menusuk dari tengah, meliuk-liuk mencoba memperdaya tiga pemain Soton yang menjepitnya. Bola berhasil diumpan rooney pada Van persie yang berdiri bebas, namun sepakan striker Belanda itu dari dalam kotak penalti terhadang Gardos. Bola yang masih memantul liar langsung diamankan Forster.

Soton tampil lebih hidup di awal babak kedua dengan terus menekan pertahanan MU. Di 10 menit pertama tim tamu berhasil melepaskan empat tembakan. Meski tak satupun yang mengarah ke gawang, jumlah itu dua kali lipat dari jumlah shot mereka di babak pertama.
Di sisi lain MU masih gagal mengembangkan permainannya. Sampai 15 menit babak kedua berjalan The Red Devils masih melanjutkan catatan buruk mereka di paruh pertama dengan belum satupun melepaskan tembakan ke gawang.

Saat gol sepertinya tidak akan hadir, Dusan Tadic membungkam publik tuan rumah dengan golnya di menit 69.

Gol Southampton diawali dari tendangan Graziano Pelle dari muka kotak penalti yang membentur tiang gawang dan memantul kembali masuk ke lapangan. Bola pantul tersebut tepat mengarah ke Tadic yang berdiri di tengah kotak penalti, sepakan mendatar yang dia arahkan ke sisi kiri masuk ke gawang tanpa bisa dihalau David De Gea dan Tyler Blackett yang ada di bawah mistar.

Setelah tertinggal MU terus berupaya mencari gol penyama. Setidaknya tiga peluang dimiliki MU, yang semuanya datang dari mata, namun tak satupun yang jadi gol.

Di menit 77 Mata berdiri bebas di tiang jauh untuk menyambar bola yang ditepis oleh Forster, tapi tendangan gelandang asal Spanyol itu tipis melenceng dari sasaran. Dua menit berselang Mata kembali gagal menuntaskan peluang yang dia punya, di muka gawang sepakannya saat menyambar umpan Daley Blind melayang tinggi.

Kans Mata berikutnya datang di menit 81. Sepakan yang dia lepaskan dari luar kotak penalti melebar di sisi kiri gawang.

MU terus melancarkan serangan ke pertahanan tamunya di sisa menit. Namun sampai lima menit periode injury time yang diberikan wasit habis, gol yang dicari tak kunjung datang. MU pun harus menelan kekalahan di kandang.

Susunan Pemain

MU: David De Gea, Phil Jones, Chris Smalling, Daley Blind, Luke Shaw ('64 Tyler Blackett), Juan Mata, Wayne Rooney, Michael Carrick, Antonio Valencia, �ngel Di Mar�a ('72 Marouane Fellaini), Robin van Persie ('61 Ander Herrera)

Southampton: Fraser Forster, Nathaniel Clyne, Jose Fonte, Toby Alderweireld ('21 Florin Gardos), Ryan Bertrand, Morgan Schneiderlin, Steven Davis ('80 Harrison Reed), Victor Wanyama, James Ward-Prowse, Graziano Pelle;, Eljero Elia ('63 Dusan Tadic)

Berita Terkait: