Manchester United 3-0 Liverpool (14/12/2014)

Minggu, 14 Desember 2014

Manchester United meraup poin penuh ketika menjamu Liverpool. The Red Devils menang tiga gol tanpa balas, alias 3-0, atas The Reds.

Di Old Trafford, Minggu (14/12/2014) malam WIB, MU membuka kemenangan melalui Wayne Rooney di menit ke-12. Lima menit sebelum jeda Juan Mata menambah keunggulan 'Setan Merah'. Di babak kedua Robin van Persie menutup kemenangan MU lewat golnya di menit ke-71.

Keberhasilan MU mencatat clean sheet di laga ini sendiri tidak lepas dari performa apik David De Gea, yang beberapa kali mengandaskan peluang pemain Liverpool, secara khusus dari Raheem Sterling di babak pertama dan Mario Balotelli di babak kedua.

Hasil tersebut membuat MU kini mengoleksi 31 poin dari 16 pertandingan, untuk mengokohkan posisi di peringkat tiga klasemen Premier League. Kemenangan juga membuat MU kini sudah mencatatkan enam kemenangan beruntun.

Sementara Liverpool terpaku di peringkat sembilan dengan 21 poin. Kekalahan kali ini membuat 'Si Merah' sudah tanpa kemenangan di tiga pertandingan terakhirnya di seluruh kompetisi--masing-masing satu seri di Premier League dan Liga Champions, plus satu kekalahan di Premier League.

Liverpool langsung mendapatkan sepak pojok di menit-menit awal. Dari tendangan penjuru itu Liverpool mampu menghadirkan ancaman di depan gawang MU, meski bola masih bisa disapu sebelum mendekati garis gawang.

Dari sebuah serangan balik Liverpool kembali menebar ancaman di menit ke-11. Dari sebuah operan di tepi garis gawang, Raheem Sterling lolos dan tinggal berhadapan dengan David De Gea, meski bola masih bisa diblok kiper MU itu.

MU kemudian ganti merancang serangan balik di menit ke-12. Di sisi kanan Antonio Valencia berhasil melewati Joe Allen di sisi kiri sebelum mengoper bola ke tengah. Wayne Rooney, yang sebelumnya sudah berhasil lolos dari kawalan Philippe Coutinho, menyambut dengan sepakan di tepi kotak penalti untuk membuat MU unggul 1-0.

Steven Gerrard melepaskan tembakan dari luar kotak penalti MU di menit ke-17. Bola kemudian mengarah ke pojok bawah gawang, meski belum menyulitkan De Gea.
Serangan lagi dari Liverpool di menit ke-23. Sterling menerima umpan dari Adam Lallana di sisi kanan gawang, lalu melepaskan tembakan yang masih bisa diblok De Gea di tiang dekat.

Sebuah kiriman bola umpan silang mengarah ke Alberto Moreno di tepi kotak penalti MU. Tapi sentuhan pertamanya membuat si kulit bundar berjarak terlalu jauh sehingga bisa diamankan oleh Antonio Valencia di menit ke-33.

Dari tengah Rooney mengirim umpan panjang ke sektor sayap kanan di menit ke-37. Bola lalu dikejar dan dikuasai Valencia yang lantas mengirim umpan ke depan gawang, meski Brad Jones dengan sigap langsung mampu memotong bola.

Lima menit sebelum turun minum MU menambah keunggulan. Di sisi kiri Ashley Young melepaskan umpan silang ke depan gawang dan dituntaskan dengan sundulan di tiang jauh oleh Juan Mata yang sukses menyelinap dari pemain lawan. Gol tampak offside jika bola sempat diteruskan oleh Robin van Persie, yang memang terlihat melompat berusaha menjangkau bola, tapi onside jika tidak mengenai kepala penyerang Belanda itu.

Di awal-awal babak kedua Jordan Henderson menanduk bola umpan silang dari sisi kiri. Tapi ia belum bisa mengarahkannya, membuat si kulit bundar melambung jauh di atas mistar gawang MU.

Sebuah kesalahan backpass dari Evans nyaris berbuah gol untuk Liverpool di menit ke-50. Sterling berhasil menguasai bola dan tinggal berhadapan dengan De Gea yang tampaknya sudah mati langkah. Tapi bola sontekan Sterling akhirnya masih bisa diblok kaki kanan De Gea. MU lalu merancang serangan balik cepat, dengan operan Van Persie diteruskan Rooney meski sepakannya masih tepat ke Brad Jones.

Dari sebuah tendangan bebas yang diambil cepat di sisi kanan, MU mengancam lewat penetrasi Valencia di menit ke-62. Ia mengirim operan, yang pertama dikandaskan pemain Liverpool tapi yang kedua bisa disambar Van Persie di depan gawang meski arahnya masih sedikit melebar.

Liverpool mengancam di menit ke-66. Penetrasi Sterling bisa dihentikan Jones dengan tekel. Tapi bola masih bisa dikuasai si pemain tim tamu yang kemudian memberikan umpan tarik ke Mario Balotelli. Bola lalu ditembak Balotelli untuk ditepis De Gea, mengenai mistar, dan menjauhi gawang MU. Lagi-lagi sebuah penyelamatan penting dari De Gea.

MU kemudian menambah keunggulan di menit ke-71. Dari serangan balik cepat, kiriman bola dari Rooney di sisi kiri masih bisa diblok bek Liverpool. Tapi bola kemudian mengarah ke Mata, yang meneruskan ke arah Van Persie di kanan. Sontekan Van Persie pun membuat bola dengan leluasa masuk ke gawang Liverpool karena Brad Jones sudah dalam posisi yang tak pas.

De Gea kembali mengamankan gawang MU dari tembakan Balotelli di menit ke-82. Kali ini Balotelli berhasil melepaskan tembakan di bawah kawalan ketat pemain MU di depan gawang. De Gea lalu menahan bola seraya menjatuhkan diri.
Semenit berselang Balotelli coba melepaskan tembakan spekulasi dari luar kotak penalti. Arahnya masih melebar tipis dari gawang MU. Setelah itu Balotelli berhasil mengejar umpan terobosan dan menyepak bola tepat ke gawang MU, tapi lagi-lagi De Gea masih kokoh memblok.

Giliran MU mengancam di menit ke-86. Van Persie menguasai bola sekaligus mengecoh Kolo Toure lalu meneruskan dengan sontekan keras memaksa Brad Jones meregangkan tubuh untuk menepis si kulit bundar ke atas mistar gawangnya.

Susunan Pemain

MU: De Gea, Valencia, Jones (McNair 89'), Evans, Young, Carrick, Fellaini, Mata, Rooney (Falcao 76'), van Persie, Wilson (Herrera 71').

Liverpool: Brad Jones, Johnson (Toure 26'), Skrtel, Lovren, Moreno (Markovic 69'), Henderson, Gerrard, Allen, Coutinho, Sterling, Lallana (Balotelli 46').

Berita Terkait: