Arsenal 1-2 Manchester United (23/11/2014)

Minggu, 23 November 2014

Manchester United memenangi duel dengan Arsenal di Emirates Stadium. Skor akhir adalah 2-1 untuk kemenangan The Red Devils.

Pada laga pekan ke-12 Premier League, Minggu (23/11/2014) dinihari WIB, Arsenal tampil dominan dengan 17 tembakan dengan sembilan on target. Sedangkan MU hanya buat dua tembakan ke ke gawang dari total sembilan.

Tapi MU yang justru mampu mencetak dua gol dari bunuh diri Kieran Gibbs di menit ke-55 dan Wayne Rooney di menit ke-85. Gol hiburan Arsenal dibuat oleh Olivier Giroud di masa injury time.

Tambahan tiga poin ini membuat posisi 'Setan Merah' naik ke urutan keempat klasemen dengan 19 poin. Sementara Arsenal tertahan di urutan ke-8 dengan 17 poin.

Serangan pertama Arsenal nyaris menjebol gawang MU. Oxlade Chamberlain menyisir dari sisi kanan, melewati 1-2 pemain MU sebelum mengirim bola ke Danny Welbeck yang bergerak melebar.

Sudah berhadapan dengan gawang MU, Welbeck melepaskan tembakan tapi Paddy McNair masih mampu membloknya.

Welbeck punya peluang lagi di menit ke=8 ketika crossing Chamberlain disambut tandukan, tapi bola melayang d atas mistar.

Jack Wilshere menggiring bola hingga mendekati kotak penalti di menit ke-12. Lalu ia melepaskan tembakan mendatar yang masih tepat di pelukan David De Gea.

Semenit kemudian Wilshere membuang peluang emas bikin gol. Berawal dari sapuan bola yang kurang sempurna dan jatuh di kaki salah satu pemain Arsenal.
Bola kemudian dikirimkan ke Welbeck, yang meneruskannya ke daerah kosong yang langsung diisi oleh Wilshere. Tinggal berhadapan dengan De Gea, tembakan Wilshere masih bisa dihadang kiper asal Spanyol itu.

Setelah itu permainan relatif berjalan dengan tempo biasa-biasa saja dan tak ada peluang berbahaya dari kedua tim. Khusus untuk MU, belum satupun pemain mereka yang melepaskan tembakan ke gawang Arsenal.

Alexis Sanchez di menit ke-34 melepaskan tembakan keras mendatar dari luar kotak penalti, tapi De Gea mampu mengamankannya.

Peluang pertama MU lahir di menit ke-35 lewat Angel Di Maria. Dari sisi kanan, Di Maria coba melengkungkan bola ke tiang jauh gawang Arsenal tapi bola masih tipis menyasar sisi kanan.

Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua Arsenal masih mendominasi jalannya laga dan tiga menit selepas jeda, Welbeck coba menembak dari sudut sempit tapi bola masih mampu dihadang De Gea.

MU yang lebih banyak ditekan justru mampu unggul duluan ketika laga menginjak menit ke-55. Berawal dari serbuan MU di sisi kiri, bola dilambungkan ke kotak penalti dan tak sempurna dihalau oleh Wojciech Szczesny.

Bola kemudian jatuh di kaki Antonio Valencia yang lantas menembaknya dan kemudian membentur kaki Kieran Gibbs, sebelum bergulir ke gawang kosong.

Malang nian buat Arsenal karena dalam proses gol MU tersebut, Szczesny harus ditarik keluar karena mengalami cedera. Padahal beberapa saat sebelumnya Arsenal sudah harus kehilangan Wilshere karena masalah serupa.

Di menit ke-62 Chamberlain mengirim umpan silang ke depan gawang dan disambut kepala Sanchez, tapi sayang bola masih tepat di pelukan De Gea.
Santi Cazorla di menit ke-67 melepaskan tembakan setengah voli di depan kotak penalti namun tepat di tangkapan De Gea.

Keasyikan menyerang membuat pertahanan Arsenal bolong dan itu dimanfaatkan MU untuk menambah keunggulan di menit ke-85 lewat Rooney.

Serangan balik cepat dibangun MU dari daerah pertahanan sendiri. Marouane Fellaini mengirim bola kepada Di Maria yang menggiring bola mendekati pertahanan Arsenal. Di sana cuma ada Nacho Monreal yang jadi orang terakhir sebelum kiper.

Bola disodorkan kepada Rooney yang memenangi duel dengan Monreal, dan kemudian mencungkil bola melewati Damian Martinez.

Di menit ke-93 Di Maria punya peluang untuk menambah skor kemenangan timnya. Sayang ketika tinggal berhadapan dengan Martinez, bola sepakan Di Maria malah melebar dari sasaran.

Arsenal memperkecil ketertinggalan di menit ke-95 lewat sepakan voli kaki kiri Giroud yang tak mampu dihadang oleh De Gea.

Susunan Pemain

Arsenal: Szczesny (Martinez 59'); Chambers, Mertesacker, Monreal, Gibbs; Arteta, Ramsey (Giroud 76'); Sanchez, Wilshere (Cazorla 55'), Oxlade-Chamberlain; Welbeck.

Man Utd: De Gea; Smalling, McNair, Blackett; Valencia, Fellaini, Carrick, Shaw (Young 16') (Fletcher 88'); Di Maria; Rooney, Van Persie (Wilson 75').

Berita Terkait: